Wednesday, July 31, 2013

Dimasak Apa Sayuran Kecipir?

Banyak yang bingung melihat sayuran kecipir (Psophocarpus tetragonolobus L.). Sayuran buah dari tanaman merambat jenis polong-polongan ini cocok sekali diolah menjadi tumisan. Berikut resep Tumis Kecipir Pedas Saus Tiram. Teksturnya yang renyah menyerupai rasa buncis. Terasa pas dipadu dengan lezatnya tempe. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto Masakan: Budi Sutomo.


TUMIS KECIPIR PEDAS SAUS TIRAM

Bahan:
300 g kecipir muda, cuci bersih, siangi, potong-potong
150 g tempe, potong dadu
1 buah tomat merah, buang bijinya,  potong dadu
60 ml air
5 sdm minyak goreng
Bumbu:
6 siung bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
3 buah cabe rawit merah, iris halus
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdt bubuk kaldu instan rasa ayam/daging/vetsin (jika suka)
1 sdt gula pasir
2 sdm saus tiram
1 sdt garam halus
1 sdt bubuk cabe kering
Cara Membuat:
1.      Panaskan air dengan sedikit garam. Rebus kecipir selama 2 menit. Angkat. Tiriskan.
2.       Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan cabe hingga harum. Masukkan potongan tempe, masak hingga tempe berubah warna.
3.      Tuang air, saus tiram, cabe bubuk, garam, bubuk kaldu instan dan gula pasir.  Aduk rata.
4.      Masukkan kecipir dan potongan tomat, masak hingga semua bahan matang. Angkat.
5.      Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan.
Untuk 4 Porsi


Tip: Rebus kecipir sebentar dengan air mendidih yang telah ditambah dengan sedikit garam agar aroma langu kecipir berkurang.


Sunday, July 28, 2013

Oxone Cooking Demo & Kids Cake Decoration - Cooking & Kitchen Exhibition



Rangkaian acara Cooking & Kitchen Exhibition yang digelar selama 1 minggu menghadirkan pameran beragam produk alat rumah tangga. Acara dilaksanakan di Gramedia Expo - Surabaya. Ikut meramaikan acara, Oxone merek produk alat rumah tangga menggelar cooking demo dan kids cake decoration. Acara yang digelar pada hari Jumat 26 Juli 2013 berlangsung meriah. Ibu-ibu dengan seksama mengikuti jalannya demo masak membuat cup cake kurma dan mixed fruits smoothie yang didemokan oleh chef Budi Sutomo.
Membuat cup cake tidak takut gagal karena mixer Oxone menghasilkan adonan kocokan telur yang sempurna. Oven Oxone juga memiliki panas yang setabil dan merata sehingga cup cake tidak akan bantat. Juicer dan blender Oxone juga memiliki mata pisau yang tajam sehingga dapat menghasilkan tekstur jus yang lembut dan proses membuatnya lebih cepat.

Acara semakin meriah ketika anak-anak berlomba mendekorasi cup cake dengan butter cream dan fondant. Dan 3 pemenangpun terpilih. Selain mendapatkan hadiah, yang pasti anak-anak juga bisa menambah ilmu secara langsung bagaimana cara mendekorasi cup cake. Sebuah pengalaman baru bagi anak-anak tentunya...Budi Sutomo.

Saturday, July 20, 2013

Masakan Sahur, Buka Puasa, dan Hidangan Lebaran di Yahoo! Indonesia

Selama Bulan Ramadhan, Yahoo! Indonesia selalu menyuguhkan berita terbaik dan bermanfaat bagi pengunjungnya. Ikut berbangga hati karena saya dilibatkan untuk berbagi resep pilihan dalam rubrik Kuliner Ramadhan. Bagi Anda yang masih bingung membuat masakan sahur, buka puasa, hidangan lebaran, kue lebaran atau kudapan buka puasa. Klik link KULINER YAHOO ! RAMADHAN. Budi Sutomo 

Konsultasi Kuliner

Bagi Anda yang bingung akan mengolah hidangan apa untuk santap sahur praktis, hidangan buka puasa yang lezat, atau membuat kudapan manis untuk berbuka. Jangan bingung, selama bulan Ramadhan, setiap hari Kamis jam 14.00 - 15.00. Fans page Sahabat Nestle bersama Chef Budi akan mengadakan live chat. Anda bisa bertanya apa saja tentang menu Ramadhan, hidangan lebaran, atau kue-kue suguhan hari raya.  Salam.

Wednesday, July 10, 2013

Resep Puding

Saat perayaan hari lebaran, biasanya kita menyantap berbagai hidangan penuh lemak, bersantan dan pedas. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan panas dalam, dan sembelit karena mengonsumsi banyak sumber protein namun rendah serat. Kini saatnya pencernaan kita didetok dengan hidangan pencuci mulut yang sehat. Kandungan serat, vitamin dan mineal yang tinggi di dalam puding stroberi akan meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga saluran pencernaan. Selamat Mencoba.  Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.


Puding Stroberi

Bahan:
300 g buah stroberi, potong dadu kecil
1 pks (11 g) bubuk agar putih
60 g gula pasir
60 ml susu kental manis
60 ml syrup cocopandan 
250 ml susu tawar cair
250 ml air
1/4 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Larutkan bubuk agar dengan air, gula pasir, dan garam. aduk rata. Didihkan sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
2. Tambahkan susu tawar cair, susu kental manis, syrup cocopandan. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih. angkat.
3. Siapkan cetakan puding atau gelas saji. Masukkan potongan buah stroberi. Tuang adonan agar, dinginkan hingga mengeras. Sajikan dingin.
Untuk 12 Porsi

Tip: Susu tawar cair bisa diganti dengan santan. Basahi cetakan puding dengan air matang sebelum digunakan agar puding mudah dikeluarkan dari cetakan.



Rahasia Sukses Membuat Masakan Praktis dan Lezat untuk Pemula

Judul: Rahasia Sukses Membuat Masakan Praktis & Lezat untuk Pemula

Penulis: Budi Sutomo
Penerbit: nsbooks
Harga: Rp. 95.000Pemesanan: nsbooks.red@gmail.com

Isi Buku:
Mengenal fungsi dan kegunaan bumbu masakan Indonesia, Asia dan Eropa
* Pengenalan bahan masakan untuk menu sehari-hari
* Mengenal metode memasak yang benar
* Mengenal beragam potongan sayuran dalam masakan
* Panduan menyusun menu satu bulan
* Kupas tuntas beragam rahasia sukses dan tip membuat masakan, kue, dan minuman
* Tip anti gagal setiap resep masakan
* Ratusan resep masakan praktis sehari-hari. Mulai dari masakan berbahan ikan, ayam, bebek, daging, telur, tahu, tempe, sayuran, sup, soto, sate,  steak, aneka saus, aneka sambal, aneka acar, kue-kue populer, gorengan, minuman, pudng. dll.
*  Link video masak untuk belajar langsung dengan penulis

BUKU BISA DIBELI DI JARINGAN TOKO BUKU GRAMEDIA DAN GUNUNG AGUNG

Resensi:

Setelah sukses dengan buku Rahasia Sukses Membuat Cake, Roti, Kue Kering & Jajan Pasar. Praktisi kuliner Budi Sutomo kembali menerbitkan buku rasia sukses masakan praktis khusus untuk pemula. Tentu buku ini sangat bermanfaat bagi para pemula yang ingin belajar masak dengan praktis, mudah, dan menghasilkan masakan yang enak.

Bagi para pemula, memasak terkadang menjadi momok yang menakutkan. Mereka enggan turun ke dapur karena takut gagal, takut salah, dan takut makanannya kurang enak. Padahal jika mau mempelajari seluk beluk memasak, dijamin para pemula pun bisa membuat masakan tanpa kegagalan dan menghasilkan masakan yang lezat.

Melalui buku ini, penulis sengaja menguraikan panjang lebar teori memasak, yang tentunya sangat penting bagi Anda para pemula. Di bagian awal buku, Anda akan dibekali pengetahuan dasar tentang bumbu dan bahan makanan, serta fungsi dan kegunaannya. Setiap bumbu dan bahan disertai foto sehingga Anda tidak akan salah dalam berbelanja.

Selanjutnya dibahas seputar metode memasak. Ada banyak sekali metode memasak. Setiap metode memasak memerlukan perlakuan dan kecermatan tersendiri, dan akan menghasilkan rasa, tekstur, dan warna masakan yang berbeda. Mempelajari metode memasak dengan benar membuat Anda paham dan mampu mempraktekkannya dengan baik.

Tip memasak menjadi bagian penting dalam buku ini. Tip antigagal wajib Anda ketahui agar terhindar dari kegagalan, seperti rahasia membuat kaldu yang jernih dan lezat, tip membuat mayones agar tidak pecah, atau tip antigagal membuat opor ayam agar santan tidak pecah.

Buku ini juga dilengkapi dengan panduan menyusun menu untuk satu bulan. Terutama untuk Anda yang baru belajar memasak, tidak perlu bingung lagi menentukan menu harian untuk yang variatif dan disukai keluarga.

Bagian utama adalah kumpulan berbagai resep berbahan daging, ayam, ikan, seafood, pasta, olahan nasi, tahu, tempe, sup, sayuran, sambal, saus, dan aneka hidangan penutup lengkap. Ratusan resep-resep ini disusun sistematis dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Setiap resep di dalam buku ini juga disertai tip antigagal yang diurai dengan gamblang.

Percayalah, berbekal buku ini, Anda dijamin tidak canggung lagi turun ke dapur.
Have a nice cooking!
Penyusun,

Budi Sutomo, S.Pd


Sunday, July 07, 2013

Kue Tradisional

Kue tradisional banyak sekali ragamnya, salah satu jenis kue yang masih eksis hingga saat ini adalah kue semprong. Kue tradisional yang satu ini memiliki cita rasa yang manis dan renyah. Jika Anda mau sedikit berkreasi, kue semprong bisa ditambahkan aroma pasta cokelat, moka, stroberi, pandan dan esen lain sesuai selera. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo. 

Kue Semprong Vanilla

Bahan: 
200 g tepung terigu rendah protein 
100 g tepung kanji/sagu tani 
200 ml air 
300 ml santan dari ½ butir kelapa 
3 butir telur 
200 g gula pasir 
½ sdt garam halus 
1 sdt vanilla pasta 
Cara Membuat: 
1. Campur tepung terigu, tepung kanji, gula, dan garam, aduk rata. Masukkan vanili, telur, santan dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni higga tercampur rata. Saring. Sisihkan. 
2. Panaskan cetakkan kue semprong. Tuang adonan, ratakan tipis-tipis ke seluruh permukaan cetakan. Tutup cetakan dan masak selama lima menit. Buka cetakan, selagi panas, gulung atau lipat kue semprong sesuai selera. Dinginkan hingga kue mengeras. 
3. Atur kue di dalam stoples atau pinggan saji. Hidangkan. 
Untuk 600 g 

Tip: Jangan membuka cetakan sebelum kue kokoh karena kue bisa sobek atau lengket di cetakkan.

Rahasia Sukses Membuat Cake, Roti, Kue Kering & Jajan Pasar



Judul: Rahasia Sukses Membuat Cake, Roti, Kue Kering dan Jajan Pasar
Penulis: Budi Sutomo. S.Pd
Penerbit: nsbooks
Harga: Rp. 55.000
Informasi dan pemesanan: nsbooks.red@gmail.com
Buku bida didapatkan di seluruh toko buku terkemuka 
Beli Online: Gramedia Online

Bagi sebagian orang, membuat roti, kue kering, cake, dan jajan pasar sulit dilakukan. Rasa takut gagal dan kurang percaya diri membuat kita kadang enggan untuk mencoba. Padahal jika Anda tahu rahasianya, membuat roti, cake, kue kering, dan kue tradisional merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. 
Kita sering mendengar, betapa susahnya membuat kue bika ambon yang bersarang, cake bantat, kue kering keras, bolu tidak mengembang, atau kue mangkuk yang tidak merekah. Hal-hal seperti ini sebenarnya tidak perlu terjadi, asal sebelum membuat kue Anda terlebih dahulu mengenal bahan dengan baik, mengolah dengan teknik pembuatan yang benar, menimbang bahan dengan tepat, serta mengetahui tip dan trik sukses membuat kue.

Dalam buku ini, penulis mengungkap dengan tuntas dan gamblang seluk beluk rahasia membuat kue, roti, cake, kue kering, dan kue-kue tradisional. Buku ini juga dilengkapi, pengetahuan dasar membuat kue seperti mengenal bahan tambahan makanan seperti ragi, bread improver, icing sugar, baking powder dan resep standar yang telah lolos dapur uji sehingga Anda tidak perlu takut untuk mencobanya. Semua resep ditulis dengan bahasa yang jelas dan sistematis sehingga mudah dipahami oleh para pemula. Setiap resep juga dijelaskan rahasia sukses membuat beserta tip anti gagalnya. Foto dan ilustrasi pendukung juga turut memudahkan Anda untuk melihat hasil akhir kue yang baik. Tidak lupa, penulis juga menyertakan direktori alamat te,pat-tempat kursus masakan dan kue beserta alamat lengkap toko yang menjual aneka bahan kue. Jika Anda belum puas, penulis juga memberikan bonus belajar masak gratis secara online yang link-nya bisa dilihat di akhir buku ini.

Setelah membaca buku ini, penulis percaya, Anda akan semakin percaya diri turun ke dapur untuk membuat kue-kue. Jadi tunggu apalagi, baca tip-tipnya, intip rahasianya, praktekkan resepnya, dan bersiaplah menerima pujian dari orang-orang terkasih. Selamat mencoba!