Saturday, December 29, 2012

Video Chef Budi Sutomo Membuat Fruit Compote

Anak-anak seringkali susah makan buah. Siasati dengan mengkreasikan buah menjadi kudapan yang segar dan menyehatkan, seperti fruit compote. Potongan buah segar dengan siraman saus jeruk dan ice cream pasti disukai anak-anak. Selamat Mencoba. Budi Sutomo.



Minuman Punch Buah Tropis

Buah merupakan sumber vitamin, mineral dan serat. Sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi Anda yang bosan menyantap buah, variasikan menjadi minuman segar yang menyehatkan. Dijamin pasti segar dan menyehatkan. Selamat mencoba. Budi Sutomo.
 

Saturday, December 22, 2012

Kreasi Chef Budi Sutomo Membuat Roti Isi Cokelat Kacang

Roti banyak sekali ragamnya, salah satunya adalah adonan roti manis yang bisa diisi dengan aneka isi. Roti cokelat kacang merupakan roti favorit yang lezat dan disukai banyak orang. Anda ingin membuatnya sendiri?. Simak video cara pembuatannya dan praktekan di rumah. Saya percaya, keluarga Anda pasti suka roti hangat fresh  from the oven.


Video Membuat Kue Kering Natal Oleh Chef Budi Sutomo

Seperti halnya Hari Raya Idul Fitri, saat Hari Natal umat Kristen sibuk menyiapkan kue kering.  Bagi Anda yang masih bingung membuat suguhan kue di hari natal, cookies khas natal berikut bisa dijadikan pilihan.  Selamat Mencoba.

Wednesday, December 19, 2012

Diversifikasi Pangan Non Beras dan Non Terigu - Nasi Jagung




Mengonsumsi makanan yang beragam akan membuat asupan kebutuhan gizi tubuh semakin lengkap. Tidak ada salahnya Anda mecoba sumber karbohidrat lain pengganti nasi, mi dan roti. Nasi jagung misalnya, nasi ini sangat potensial sebagai pengganti nasi beras. Citarasanya gurih serta lezat, dan nutrisinyapun cukup memadai.

Sudah saatnya, kita membiasakan mengonsumsi suber karbohidrat selain nasi dan terigu. Kedua bahan pangan ini selain mahal juga sebagian besar produk impor. Jika jagung yang murah dan mudah didapat bisa dijadikan nasi yang lezat kenapa tidak. Berikut resep nasi jagung yang bisa Anda coba di rumah. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo

Nasi Jagung

Bahan:
1 ½ kg biji jagung kering
200 ml air mendidih
150 ml air
Cara Membuat:
1. Tuang jagung dan 100 ml air ke dalam lumpang. Tumbuk jagung kering menggunakan lumpang dan alu (dipelocoh),  hingga kulit air dan dedak terkelupas. (Menumbuk jangan terlalu keras, tujuannya hanya untuk mengelupas kulit ari dan melepas dedak jagung, bukan menghaluskan jagung menjadi tepung) Cuci bersih agar dedak dan kulit ari terpisah dengan biji jagung.
2. Rendam butiran biji jagung selama dua malam. Cuci bersih, tiriskan.
3. Tumbuk biji jagung atau giling hingga menjadi tepung yang halus.
4. Perciki tepung jagung dengan 150 ml air sedikit demi sedikit sambil diremas-remas dengan telapak tangan (diguyeng) dan ditampi menggunakan tampah (diinteri) agar terbentuk butiran-butiran halus.
5. Kukus sampai setengah matang (aron nasi). Angkat. Selagi panas, gangsur dan urai dengan cara ditekan-tekan dan diurai menggunakan punggung centong nasi sambil diperciki air panas hingga berbutir butir nasi jagung yang terurai. (Perhatikan tekstur nasi jika sudah lembab, hentikan penambahan air, jangan terlalu lembek)
6. Kukus aron nasi hingga nasi benar-benar matang. Angkat. Urai kembali nasi jagung dengan centong hingga terbentuk butiran nasi jagung. Atur di atas bakul nasi.
7. Sajikan hangat dengan lauk pauk seperti urap sayuran, ayam goreng, peyek kacang/teri dan sambal sehingga tercipta menu dengan giziyang sehat dan seimbang.

Untuk 8 Porsi

Tip: Semua jenis jagung bisa dijadikan nasi jagung baik varietas putih maupun kuning, jagung hibrida maupun lokal.

Friday, December 07, 2012

Lasagne Jamur

Lasagne panggang biasanya diisi dengan daging cincang, agar lebih sehat, Anda bisa mengganti daging dengan jamur. Tidak hanya lezat, lasagne jamur juga sehat dan bergizi. Selamat mencoba. Budi Sutomo.


Behind the Scene House & Living DAAI TV - Kejadian Lucu Saat Syuting

Hasil sebuah acara TV terutama acara masak sering sekali terjadi kesalahan saat syuting. Video berikut menggambarkan bagaimana serunya saat terjadi kesalahan syuting acara House & Living DAAI TV. Budi Sutomo.


Thursday, December 06, 2012

Sambal Goreng Bola Ayam

Perpaduan sosis dan bola daging ayam dengan bumbu khas sambal goreng terasa sangat lezat. Jika Anda ingin menyajikan hidangan lebaran yang berbeda dari biasanya. Lauk sambal goreng bola ayam ini layak Anda coba. Resep/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo. 

Sambal Goreng Bola Ayam

Bahan: 
300 g daging ayam cincang 
300 ml santan 
100 g sosis, potong serong 
4 sdm minyak goreng 
Bumbu
7 buah cabe merah, haluskan 
2 buah cabe hijau, potong serong 
8 butir bawang merah, iris halus 
5 siung bawang putih, haluskan 
2 lembar daun salam 
2 batang serai, memarkan 
2 cm lengkuas, memarkan 
1 sdt gula pasir 
1 sdt garam halus 
Cara Membuat: 
1. Campur daging ayam cincang dengan sedikit garam, aduk rata. Ambil sejumput adonan daging, bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. 
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, lengkuas, serai dan daun salam hingga harum. Masukkan bola-bola ayam, aduk hingga daging berubah warna. 
3. Tuang santan, masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih. 
4. Masukkan potongan sosis, cabai hijau, garam, dan gula pasir. Masak hingga santan agak mengental, bumbu meresap dan semua bahan matang. Angkat. 
5. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan hangat. 
Untuk 6 Porsi 

Tip: Bola-bola daging bisa diganti dengan tahu, tempe, atau telur puyuh.

Mencoba Lezatnya Gulai Ayam Kampung


Lauk berkuah santan memang favorit dijadikan penyerta nasi atau ketupat. Selain opor ayam, gulai ayam bisa menjadi pilihan lauk berkuah santan di lebaran tahun ini. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo

Gulai Ayam Kampung

Bahan:
1 ekor ayam kampung muda, potong 12 bagian
1 lt santan dari satu butir kelapa
1 sendok sayur minyak goreng
Bumbu:
2 lembar daun jeruk
2 buah kapulaga
3 cm kayu manis
2 buah cengih
2 batang serai, memarkan
1 sdm air asam jawa
1 sdm bawang merah goreng untuk taburan
Haluskan:
7 butir bawang merah
5 siung bawang merah
4 buah cabe merah
1 sdt lada butir, sangrai
2 sdt ketumbar, sangrai
1 sdt klabet, sangrai
1 sdt jintan, sangrai
1 sdt adas, sangrai
2 cm lengkuas
2 cm kunyit
Cara Membuat:

1. Bumbui potongan daging ayam, goreng di dalam minyak banyak hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Sisihkan. 
2.Panaskan satu sendok sayur minyak goreng, tumis semua bumbu halus hingga harum. Tambahkan serai, cengkih, kayu manis, kapulaga, daun jeruk dan serai. Masak sambil diaduk-aduk hingga beraroma harum. 
3. Tuang santan, dan air asam jawa. Masak hingga santan mendidih. Tambahkan potongan daging ayam. Masak hingga kuah agak mengental. Angkat.
4.Tuang gulai ke dalam pinggan saji, taburi bawang merah goreng. Sajikan hangat.
Untuk 7 Porsi

Tip: Klabet: bumbu dapur, berupa biji berwarna kuning. Fungsinya memberikan cita rasa gurih dan tekstur yang kental, jika tidak tersedia bisa diganti dengan kemiri.

Resep Masakan - Kari Udang

Aroma bumbu kari yang khas dan lezatnya daging udang sangat cocok dijadikan lauk nasi atau ketupat di saat perayaan hari lebaran. Selamat Mencoba. Resep/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo.

Kari Udang Pedas

Bahan
800 g udang, bersihkan
1200 ml santan dari 1 butir kelapa
1 sendok sayur minyak goreng
Bumbu:
2 batang serai, memarkan
2  cm lengkuas, memarkan
1 cm jahe, memarkan
2 lembar daun jeruk
2 butir kapulaga
3 lembar daun salam koja/daun kari
1 sdt gula pasir
2 buah cabe merah besar, potong serong
1 cm kayu manis
1 sdm air jeruk nipis
Haluskan:
2 buah cabe merah
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 sdt ketumbar, sangrai
4 butir kemiri
2 cm kunyit, bakar
1 sdt jintan, sangrai
½  sdt lada butir, sangrai
½ garam
Cara Membuat: 
1. Bumbui udang dengan garam. Goreng dengan minyak banyak hingga matang. Angkat, tiriskan. 
2. Panaskan minyak, tumis semua bumbu halus dan potongan cabe merah hingga harum. Tuang santan, masak  hingga santan mendidih dan agak mengental. 
3. Masukkan udang, aduk rata, masak kembali hingga kuah kental. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan hangat.
Untuk 5 Porsi

Tip: Udang bisa diganti dengan cumi-cumi atau kepiting.

Resep Bolu Gulung

Aroma wangi pandan terasa pas dengan paduan kismis dan lembutya tekstur bolu. Bagi Anda yang belum memiliki ide suguhan di saat  arisan atau perayaan hari lebaran, kue ini layak dicoba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Bolu Gulung Kismis

Bahan:
100 g tepung terigu rendah protein (Cap Kunci)
4 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
60 g minyak goreng
60 ml susu tawar cair
1 sdt pasta pandan
½ sdt krim of tartar
60 g gula halus
¼ sdt pasta moca/cokelat
¼ sdt garam halus
Isi:
60 g kismis
Olesan:
150 g butter cream/whipped cream
Cara Membuat:
1. Campur susu tawar cair dan minyak, aduk rata. Masukkan kuning telur dan tepung terigu ke dalam campuran susu, aduk rata. Sisihkan.
2. Di tempat terpisah, kocok putih telur dengan krim tartar, gula halus, dan garam menggunakan mixer hingga mengembang kaku.
3. Tuang campuran tepung dan susu ke dalam kocokan putih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata.
4. Ambil dua sendok sayur adonan, tambahkan ¼ sdt pasta moca/cokelat, aduk rata.
5. Tuang adonan cokelat ke dalam loyang ukuran 28 x 28 x 4 cm yang telah dialas dengan kertas roti, ratakan. Panggang selama 10 menit, angkat.
6. Campur kismis ke dalam adonan pandan. Tuang ke atas bolu cokelat, ratakan. Panggang kembali selama 25 menit di dalam suhu oven 180 derajat celcius hingga kue matang.
7. Angkat kue dari loyang. Selagi hangat, olesi permukaan bagian sisi kue cokelat dengan butter cream, gulung, dan padatkan. Bungkus dengan kertas minyak hingga kue dingin.
8.      Potong-potong bolu gulung. Atur dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 10 Potong

Tip: Gulung bolu saat masih hangat agar kue tidak pecah.