Friday, November 30, 2012

Resep Kue Semprong

Koe tradisional banyak sekali ragamnya, salah satu jenis kue yang masih eksis hingga saat ini adalah kue semprong. Kue tradisional yang satu ini memiliki cita rasa yang manis dan renyah. Jika Anda mau sedikit berkreasi, kue semprong bisa ditambahkan aroma pasta cokelat, moka, stroberi, pandan dan esen lain sesuai selera. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo. 

Kue Semprong Vanilla

Bahan: 
200 g tepung terigu rendah protein 
100 g tepung kanji/sagu tani 
200 ml air 
300 ml santan dari ½ butir kelapa 
3 butir telur 
200 g gula pasir 
½ sdt garam halus 
1 sdt vanilla pasta 
Cara Membuat: 
1. Campur tepung terigu, tepung kanji, gula, dan garam, aduk rata. Masukkan vanili, telur, santan dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni higga tercampur rata. Saring. Sisihkan. 
2. Panaskan cetakkan kue semprong. Tuang adonan, ratakan tipis-tipis ke seluruh permukaan cetakan. Tutup cetakan dan masak selama lima menit. Buka cetakan, selagi panas, gulung atau lipat kue semprong sesuai selera. Dinginkan hingga kue mengeras. 
3. Atur kue di dalam stoples atau pinggan saji. Hidangkan. 
Untuk 600 g 

Tip: Jangan membuka cetakan sebelum kue kokoh karena kue bisa sobek atau lengket di cetakkan.

Thursday, November 29, 2012

Membuat Roti Maryam atau Roti Canai

Roti Maryam, Roti Canai dan Roti Prata (pratha/paratha) sebenarnya satu jenis roti yang sama cuma beda nama. Masyarakat Malaysia lebih populer menyebut roti canai, orang Indonesia menyebutnya roti maryam, sedangkan warga Singapura, India dan sebagian Timur Tengah menyebutnya roti prata. 

Roti ini dibuat dari adonan terigu dan lemak/ghe. Biasanya dimakan dengan kari, dhal, ditabur gula, dicocol madu atau mentega. Proses membuat roti ini sangat mudah, jika Anda kesulitan menipiskan adonan dengan teknik lempar seperti abang martabak telur, Anda bisa membuat versi mudahnya seperti dalam video berikut ini. Budi Sutomo.


Resep Dim Sum Populer - Hakau Udang

Hakau merupakan salah satu jenis dim sum yang sangat populer. Bentuknya yang cantik dan rasanya yang lezat membuat hidangan asal Cina ini disukai banyak orang. Anda ingin mencoba mempraktekan sendiri di rumah? Berikut resepnya untuk Anda. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo. 

Hakau Udang ( Steamed Shrimp Dumpling)

Kulit Hakau: 
450 ml air panas 
300 g tepung Tang Mien 
100 g tepung sagu tani/kanji 
4 sdm minyak sayur 
1 sdm gula pasir 
1 sdt garam halus 
Bahan Isi: 
500 g udang, cincang kasar 
150 g bengkuang, cincang kasar 
1 batang daun bawang, iris halus 
2 sdm soy sauce 
2 sdm tepung kanji/sagu 
2 sdm minyak goreng 
1/4 sdt chicken powder/vetsin (jika suka) 
1 sdt garam halus 
½ sdt lada halus 
Cara Membuat: 
1. Kulit: Campur tepung tang mien, tepung sagu, dan garam. Aduk rata. Sisihkan.
2. Campur air mendidih dengan gula dan minyak, aduk rata. Selagi panas, tuang ke dalam adonan tepung tang mien sambil diuleni hingga kalis. Sisihkan. 
3. Giling adonan kulit hingga tipis. Cetak bentuk bulat diameter 5-6 cm. 
4. Isi: Campur daging udang, bengkuang, daun bawang, tepung kanji, soy sauce dan bumbu lainnya. Aduk rata. Sisihkan. 
5. Penyelesaian: Ambil satu lembar adonan yang telah di cetak bulat. Isikan bagian tengahnya dengan setengah sendok makan bahan isi. Lipat satu sisi kulit ke bagian dalam sehingga membentuk setengah lingkaran. Wiru tepinya sehingga bentuknya menyerupai kue pastel mini. Lakukan hingga habis.
 6. Atur adonan yang telah diisi di atas kukusan. Kukus selama 15 menit atau hingga matang. Angkat. Atur di atas pinggan saji. Hidangkan hangat. 
Untuk 40 Buah 

 Tip: Tuang air panas sedikit demi sedikit hingga terbentuk adonan yang dapat dipulung (tidak terlalu lembek). Tambahkan sedikit air panas jika adonan terlalu keras dan susah digiling. Tepung tang mien: adalah tepung dari pati tepung terigu/gandum, tepung ini akan bersifat transparan saat diolah dan dipanaskan.

Wednesday, November 28, 2012

Variasi Hidangan Ayam

Olahan ayam banyak sekali ragamnya, namun masakan ayam yang satu ini sedikit berbeda. Anda akan menikmati daging ayam yang lezat sekaligus empuk sampai bagian tulangnya. Cocok disajikan panas dengan cocolan sambal. Selamat Mencoba. Resep/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo. 

Ayam Goreng Presto

Bahan:
1 ekor ayam kampung, potong menjadi delapan bagian 
100 ml santan cair 
200 air kelapa 
300 ml air 
3 butir telur, kocok lepas 
Minyak untuk menggoreng 
Bumbu: 
150 g bawang merah, haluskan 
50 g bawang putih, haluskan 
100 g lengkuas, haluskan/parut 
6 cm kunyit, haluskan 
5 cm cahe, haluskan/parut 
1 sdm ketumbar, haluskan 
1 sdt lada halus 
3 cm kencur, halsukan 
10 lembar daun jeruk 
2 lembar daun kunyit, potong kasar 
2 lembar daun salam 
1 sdt garam halus 
Cara Membuat: 
1. Campur semua bumbu yang dihaluskan, aduk rata. Bumbui potongan ayam dengan semua bumbu halus, aduk rata. 
2. Susun potongan ayam di dalam panci presto, tambahkan bumbu-bumbul lainnya. 
3. Tuang santan, air kelapa dan air. Tutup panci pretso dan masak selama 60 menit, angkat, tiriskan. 
4. Celupkan ayam ke dalam kocokan telur. Panaskan minyak, goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat tiriskan. 
5. Atur ayam di dalam piring saji, hidangkan dengan sambal cabai merah sebagai pelengkap. 
Untuk 8 Porsi 

Tip: Jika tidak tersedia panci presto, ayam bisa di masak dengan cara diungkep/dimasak dalam panci dengan api kecil dan tertutup hingga ayam empuk. Sisa bumbu dalam panci presto bisa digoreng hingga kering sebagai taburan ayam.

Resep & Video Membuat Red Velvet Cake

Selain rainbow cake, ombre cake, saat ini red velvet cake juga sangat populer. Anda ingin mencoba membuat cake berwarna merah tua ini, video berikut memaparkan cara pembuatannya. Selamat Mencoba. Budi Sutomo.


Segarnya Es Timun Selasih

Buah timun tidak cuma dimakan sebagai lalapan atau campuran rujak. Jika Anda mau sedikit berkreasi, buah timun juga bisa diolah menjadi es buah yang segar dan nikmat. Selamat mencoba. Budi Sutomo.

Video Membuat Cake - Cake Kurma

Buah kurma memiliki tekstur yang lembut, legit dan rasa manis. Cocok dijadikan campuran kue atau cake. Video berikut adalah salah satu variasi dari olahan kurma. Budi Sutomo.
 

Video Membuat Kue Kering - Cookies Kacang Madu


Kue kering banyak sekali ragamnya. Berikut adalah salah satu jenis kue kering yang lezat dan mudah dibuat, Cookies Kacang Madu. Selamat Mencoba.
 

Membuat Kroket Jagung Manis

Jagung manis biasanya dibuat jagung bakar, bakwan jagung atau diolah menjadi jagung rebus. Video berikut mengajarkan Anda membuat variasi lain olahan jagung manis, yaitu kroket jagung manis. Selamat Mencoba. Budi Sutomo.


Video Membuat Pancake

Anda ingin membuat jajanan yang sehat dan lezat? Pancake wortel bisa dijadikan pilihan. Selain lezat dan mudah dibuat snack ini juga sehat karena menggunakan wortel sebagai bahan campuran. Cocok dijadikan kudapan sehat untuk anak. Budi Sutomo.


Resep Nugget


Nugget tidak harus dibuat dari daging sapi atau ayam, jamurpun bisa diolah menjadi nugget lezat. Selain lebih murah, nugget jamur juga lebih bergizi dan sehat. Selamat Mencoba. Budi Sutomo.



Video Memuat Kue Langka Nusantara - Kue Pitik

Kue tradisional asal Semarang ini biasanya diisi dengan daging tumisan daging ayam, untuk variasi  daging ayam bisa diganti dengan jamur. Hasilnya sama-sama nikmat dan lezat. Selamat Mencoba. Budi Sutomo.


Video Membuat Roti

Roti banyak sekali ragamnya, salah satunya adalah jenis flat bread. Roti datar ini bisa diisi dengan beragam bahan sesuai selera. Anda ingin mencobanya? Simak video pembuatan flat bread isi sayuran berikut. Budi Sutomo.


Penganekaragaman Pangan - Donat Labu Kuning

Diversifikasi pangan perlu dilakukan, terutama untuk mengurangi penggunaan tepung terigu yang 100 % merupakan produk impor. Banyak jenis kue, roti atau makanan jajanan yang bisa disubsitusi dengan bahan lain yang lebih murah dan mudah di dapat. Seperti dalam resep ini, penggunaan tepung terigu bisa diganti sebagian dengan labu kuning. Hasilnya donat yang lezat dan lebih bergizi karena kaya vitamin dan serat. Dari sisi rasa, donat labu kuning juga lebih lezat karena ada aroma labu kuning yang menggugah selera. Budi Sutomo.