Friday, August 28, 2009

Kue Kering Istimewa untuk Lebaran

Bingung memilih kue kering untuk suguhan lebaran? Cobalah membuat sendiri kue kering yang berbeda dari biasanya. Seperti cookies krisan pandan ini. Sentuhan aroma wangi pandan membuat kue ini lebih istimewa. Selamat mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

Cookies Krisan Pandan
Bahan:
700 g tepung terigu rendah protein/cap kunci
50 g tepung maizena
300 g margarin
400 g gula pasir
4 butir kuning telur
40 g meises cokelat/chocolate chips
1 sdt pasta pandan
50 g manisan ceri, potong-potong
½ sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Kocok margarin, mentega, gula pasir, kuning telur, pasta pandan dan garam menggunakan mixer hingga lembut (selama 2 menit).
2. Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan meises/chocolate chips. Aduk menggunakan sendok kayu/spatula plastik hingga terbentuk adonan yang menyatu.
3. Satukan adonan, giling adonan di atas plastik dengan ketebalan ½ -1 cm. Cetak menggunakan cetakan bentuk bunga krisan.
4. Atur adonan yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin. Tambahkan atasnya satu potong manisan ceri dengan cara sedikit ditekan agar tidak lepas sewaktu dipanggang.
5. Panggang dalam oven bertemperatur 160oC selama 20 menit hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan. Kemas kue di dalam stoples. Sajikan.
Untuk ± 1600 g

Tip: Jika tidak tersedia pasta pandan, kue ini bisa diganti menjadi rasa stroberi atau orange dengan cara mengganti pasta pandan dengan pasta stroberi/orange.

Friday, August 21, 2009

Snack Sehat Untuk Anak

Membuat makanan kecil untuk anak memang memerlukan kecermatan khusus. Selain penampilan menarik, mengandung unsur gizi esensial, rasa juga harus enak agar meningkatkan napsu makan anak. Banana Stick Honey Star adalah salah satu snack sehat untuk sibuah hati. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

Banana Stick Honey Stars

Bahan:
40 gr nestle honey stars
200 gr pisang kepok/raja
100 gr dark cooking chocolate, potong-potong
50 gr margarin
Stick ice crem secukupnya
Cara membuat:
1.
Kupas pisang, potong membulat. Sisihkan
2. Panaskan margarin, masukkan potongan pisang. Masak sambil dibolak-balik hingga pisang matang. Angkat
3. Tusuk pisang dengan dengan ctick ice cream. Lakukan hingga habis
4. Tim potongan coklat hingga meleleh. Celupkan pisang ke dalam cokelat tim hingga permukaan pisang terselimuti cokelat. Gulingkan pisang ke atas nestle honey stars. Dinginkan 15 menit di dalam kulkas hingga cokelat mengeras. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 3 porsi
Tip: Dark cooking chocolate bisa diganti dengan white cooking chocolate.
Nutrisi per porsi:
Energi
: 461 kkal
Protein: 2,9 gr
Lemak: 16,8 gr
Karbohidrat: 53 gr

Thursday, August 20, 2009

Menu Sehat untuk Penderita Penyakit Hipertensi


Judul: Menu Sehat Penakluk Hipertensi
Penulis: Budi Sutomo, S.Pd
Editor Ahli: Dr Gatot Ibrohim
Penerbit: Demedia Pustaka
Harga: ± Rp. 57.000, an
Informasi & Pemesanan: 02178883030
Resensi:

Hipertensi, dikenal sebagai darah tinggi, merupakan salah satu penyakit yang banyak di derita masyarakat. Hingga saat ini di dunia, penderitanya hampir 1 miliar orang. Sementara pendataan hipertensi di Indonesia sangat memprihatinkan. Data nasional tidak tersedia. Hanya daerah-daerah tertentu saja yang memiliki data hipertensi sehingga sebagian besar penderita hipertensi tidak terdeteksi. Meskipun terdeteksi, mereka umumnya tidak menyadari kondisi penyakitnya.

Angka kesadaran hipertensi Indonesia hanya 50%, lebih rendah dibandingkan angka kesadaran hipertensi di Amerika yang mencapai 69%. Dari angka tersebut, hipertensi yang terkendali dengan baik masih dibawah 10% dari seluruh penderita di Indonesia. Rendahnya kesadaran masyarakat dipengaruhi oleh pemahaman yang salah tentang darah tinggi. Banyak yang mengganggap, timbulnya hipertensi hanya akibat kebanyakan mengonsumsi garam dan kegemukan.

Garam tidak bisa selalu disalahkan. Penderita hipertensi yang sensitif garam hanya 30%. Hal ini berarti ada banyak kemungkinan faktor penyebab tekanan darah tinggi. Pada hipertensi esensial (90% dari seluruh hipertensi), penyebabnya tidak diketahui pasti. Peningkatan tekanan darah bisa disebabkan oleh satu atau lebih faktor, seperti pergerakan pembuluh, sekresi hormon, keturunan atau lingkungan. Sedangkan pada hipertensi sekunder, penyebabnya lebih jelas seperti penyakit ginjal, kelainan hormonal atau pemakaian obat tertentu.

Hipertensi tidak bisa disembuhkan. Penderita tidak perlu kuatir karena mereka bisa memiliki kualitas hidup yang normal asalkan hipertensi terkendali. Caranya dengan melakukan perubahan gaya hidup dan rutin menggunakan obat-obatan. Dengan terkontrolnya hipertensi, komplikasinya berupa kerusakan organ bisa dicegah.

Perubahan gaya hidup berupa diet, olahraga teratur, dan menghindari konsumsi alkohol/rokok. Ada beberap jenis pola diet, yakni diet rendah garam, diet DASH-natrium, diet rendah kolesterol dan lemak terbatas, diet tinggi serat, dan diet kalori. Diet yang diterapkan bisa disesuaikan dengan kondisi hipertensi. Dengan pengaturan makanan yang tepat, tekanan darah bisa turun lebih cepat. Bukan tidak mungkin, penggunaan obat-obatan tidak diperlukan lagi.

Buku ini mengulas seluk-beluk hipertensi, termasuk cara mengatur menu. Ada puluhan jenis resep diet khusus hipertensi untuk mengendalikan tekanan darah, mulai dari makanan utama, lauk pauk, makanan kecil hingga minuman. Dengan buku ini, penderita hipertensi lebih mudah mengatur menu makanan sehari-hari. Mereka pun tetap bisa menyantap hidangan sehari-hari yang lezat tanpa kuatir tekanan darah melonjak.

Selain menu diet rendah garam, buku ini juga membahas scara tuntas fakta terbaru penyakit hipertensi, salah benar hipertensi, makanan pantangan dan yang dianjurkan, penyebab dan pengobatan hipertensi, tabel komposisi zat gizi bahan pangan serta ramuan herbal penumpas hipertensi. Dengan berbekal buku ini, diharapkan penderita hipertensi dapat menjalani hidup sehat dan benar sehingga terhindar dari serangan darah tinggi.

Demo Masak

LG Indonensia dan Majalah Inspired Kids akan menggelar acara LG Culinary Journey. Acara akan diadakan pada Hari Sabtu, 25 Juli 2009 di Sekolah Citra Alam - Jakarta Selatan. Selain demo masak oleh Budi Sutomo, acara ini juga dipandu oleh Shanaz Haque yang akan membawa anda dan anak-anak mengenal seni kuliner Negeri Italia lebih dekat.

Ada tiga masakan khas Italia yang dipraktekan oleh chef Budi. Diantaranya pizza, salad buah dan penne saus ayam. Peserta cukup antusias mengikuti jalannya acara. Peserta tidak hanya kaum ibu dan anak, namun para ayahpun ikut serta dengan acara yang berlangsung meriah ini.











Wednesday, August 19, 2009

Kerang Bambu Saus Tiram


Kerang bambu memiliki bentuk yang unik seperti ruas-ruas batang bambu. Tekstur dagingnya lembut dan lezat. Jangan mengolah kerang bambu terlalu lama karena daging kerang akan menjadi liat. Masak dengan api besar dan cepat sehingga daging matang namun tidak menjadi liat. Dengan bumbu sederhana, kerang ini bisa diolah menjadi hidangan yang lezat. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.


Bahan:
500 g kerang bambu, cuci bersih
4 buah cabe merah, potong serong
4 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
100 ml air
5 siung bawang putih, cincang
40 g bawang bombay, cincang
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam halus
2 sdm air jeruk nipis
5 sdm minyak goreng

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. tuang air, kecap asin, saus tiram, gula pasir, garam, dan jahe. masak hingga mendidih.
2. Masukkan cabe merah, kerang dan air jeruk nipis. Masak sambil diaduk-aduk hingga kerang matang. Angkat. Tuang ke dalam piring saji. Hidangkan hangat.
Untuk 3 Porsi


Tip: Kerang bambu bisa diganti dengan kerang hijau atau kerang bulu.

Mengenal Bumbu Dapur - Angkak


Kuliner Cina sudah menggunakan angkak sebagai bahan pewarna alami masakan dan bumbu sejak 600 ribu tahun lalu. Angkak memberikan efek rasa segar dan lezat dengan warna merah alami pada masakan. Biasanya ditambahkan pada hidangan Cina, seperti pada olahan ayam, daging dan bebek panggang atau sebagai bahan tumisan sayuran atau tahu.

Di pasaran dijual dua jenis angkak yaitu angkak kering dan basah. Angkak kering penggunananya dihaluskan terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu lain. Sedangkan angkak basah (bentuknya seperti tape ketan beras merah) bisa langsung ditumis.


Angkak dibuat dari beras ketan maupun beras biasa. Cara membuatnya adalah dengan beras dicuci bersih kemudian direndam selama dua jam. Kukus beras selama 1 jam. Angkat beras dan dinginkan. Taburi dengan ragi yang telah dilarutkan dalam air. Masukkan beras dalam tempat tertutup rapat. Fermentasikan selama 4 hari. Jika berhasil, beras akan berubah berwarna kemerahana, berair dan timbul gelembung-gelembung serta beraroma khas seperti tape beras. Keringkan beras hingga kering dan angkak siap digunakan. Ragi yang digunakan untuk membuat angkak adalah jenis Monascus angka dan Monascus purpureus. Beras ketan mengandung amilopektin yang tinggi sehingga akan membuat tekstur lebih lengket yang dapat menghambat kerja ragi. Teks & Foto: Budi Sutomo.