Thursday, June 28, 2007

Jangan salah pilih, inilah ubi jalar UNGU yang benar


Ubi Ungu
Cegah Kanker

& Kaya Vitamin A

Banyak orang bingung memilih ubi jalar ungu (Ipomea batatas poiret) untuk membuat cake, kue talam atau kue-kue yang lain. Karena ada jenis ubi yang kulitnya ungu namun dagingnya berwarna kuning.

Teks & Foto: Budi Sutomo

Banyak varietas ubi jalar, sepeti ubi jalar putih, kuning dan ungu. Komposisisi zat gizinya hampir sama namun varietas ubi jalar ungu lebih kaya akan kandungan vitamin A yang mencapai 7.700 mg per 100 g. Ratusan kalilipat dari kandungan vitamin A bit dan 3 kali lipat dari tomat.

Setiap 100 g ubi jalar ungu mengandung energi 123 kkal, protein 1.8 g, lemak 0.7 g, karbohidrat 27.9 g, kalsium 30 mg, fosfor 49 mg, besi 0.7 mg, vitamin A 7.700 SI, vitamin C 22 mg dan vitamin B1 0.09 mg.


Kandungan betakaroten, vitamin E dan vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker dan beragam penyakit kardiovaskuler. Ubi juga kaya akan karbohidrat dan energi yang mampu mengembalikan tenaga. Kandungan serat dan pektin di dalam ubi jalar sangat baik untuk mencegah ganguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon.

Wednesday, June 27, 2007

TIPS MEMBUAT KUE KERING


Mengaduk Kue Kering

Banyak orang mengeluh malas membuat kue kering karena proses pembuatanNya yang lama dan perlu ketelatenan ekstra. Apalagi saat mengaduk adonan sugar dough atau yang lebih populer disebut adonan pasir. Yang mana semua bahan dicampur menjadi satu dan diaduk-aduk menggunakan garpu atau pisau hingga berbutir-butir. “Tangan bisa gempor,” kata rekan di tim dapur uji setiap kali membuat kue kering
.

Jangan berkecil hati, gunakan mixer satu mata gigi untuk mengaduk adonan kue kering. Jangan menggunakan dua mata gigi karena mata pisau bisa tidak berjalan karena selip akibat adonan yang berat. Hasilnya, selain mempersingkat waktu pengadukan, adonan juga tercampur rata dan tekstur kuepun renyah. Caranya gampang, Anda tinggal memasukkan bahan kering terlebih dahulu, seperti tepung, susu bubuk, garam, gula dan cokelat bubu. Setelah tercampur rata baru ditambahkan kuning telur dan mentega/margarin sedikit demi sedikit. Aduk dengan kecepatanm 1 hingga adonan berbutir-butir. Padatkan adonan, giling dan cetak sesuai selera. Teks&Foto: Budi Sutomo

Sunday, June 24, 2007

Water Chestnut, seperti Apa Bentuknya dan Apa manfaatnya?

Water Chestnut

Cegah Sembelit
& Panas Dalam

Teks/Foto: Budi Sutomo

Sayuran dari umbi ini banyak diolah sebagai bahan baku masakan. Walaupun belum populer penggunaanya, kuliner Indonesia telah lama mengenal bahan ini. Beberapa resep seperti sup, salad, atau asinan bisa menggunakan bahan ini. Water Chestnut (Eleocharis dulcis) juga bisa menggantikan fungsi bengkuang atau lobak di dalam masakan.


Water chestnut merupakan umbi dari tanaman air. Mempunyai rasa kombinasi antara bengkuang dan lobak. Nutrisi terkandung di dalam bahan pangan ini adalah vitamin, mineral dan zat fitonutrien. Setiap 100 g water chestnut mengandung energi 70 kkal, karbohidrat 17 g dan protein 1 g. Manfaat dari Sayuran umbi ini adalah mampu menurunkan panas dalam, mencegah kanker, menurunkan berat badan, mengatasi demam, mengatasi diare dan memperlancar proses pencernaan. Serat yang tinggi di dalam water chestnut bermanfaat mencegah kanker kolon dan mengeluarkan zat karsinogen dari saluran pencernaan. Selain di jus, sayuran ini bisa diolah menjadi isi sup, ditumis maupun sebagai campuran salad. Di Jakarta bisa diperoleh di swalayan terkemuka seperti di Ranch Market, Kem Chick kemang, Sogo supermarket atau di Diamond supermarket-Kelapa Gading Mal. Dijual dalam kondisi segar maupun kalengan.


Friday, June 22, 2007

Variasi Olahan Ayam


Variasi olahan ayam ini bisa menjadi variasi baru menu harian keluarga Anda. Kombinasi daging ayam yang lezat terasa semakin nikmat dipadu dengan bumbu tomat dan rempah-rempah. Mirip rica-rica ayam, namun tidak terlalu pedas. Cocok disajikan untuk seluruh anggota keluarga. Selamat Mencoba

Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo

Ayam Masak Tomat
Bahan:
500 g daging ayam, potong-potong
250 g tomat, rebus, haluskan, saring
1 sdm saus tomat
40 g bawang Bombay cincang
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt saus sambal
¼ sdt lada halus
1 sdt garam halus
5 sdm minyak goreng
Cara Membuat:
1. Goreng potongan ayam hingga kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan.
2. Panaskan 5 sdm minyak goreng, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan potongan ayam, aduk rata.
3. Tuang tomat yang sudah dihaluskan, saus tomat, saus sambal, lada dan garam. Masak sambil sesekali diaduk hingga bumbu meresap. Angkat. Hidangkan hangat.
Untuk 4 Porsi

Tip:
Tomat merah bisa diganti dengan tomat hijau. Jika Anda suka bereksperimen, tomat bisa diganti dengan parutan nanas dan potongan cabe merah.

Mengenal Bumbu Dapur Eropa - Rosemary

Continental
Herbs
Rempah ini memang popular di Benua Eropa. Bumbu daun yang memiliki nama latin Rosmarinus officinalis ini mempunyai aroma wangi yang khas. Banyak digunakan sebagai bumbu hidangan bakar/panggang/BBQ.
Aroma yang tajam dari bumbu ini menjadikan rosemary hanya digunakan beberapa lembar saja di setiap masakan. Aroma prengus daging kambing panggang atau amis ikan akan berkurang jika Anda menambahkan bumbu ini. Ayam/bebek panggang dan kentang panggang juga akan lebih nikmat jika diberi taburan rosemary. Bisa digunakan dalam bentuk serbuk kering maupun segar. Tanaman ini sudah banyak dibudidayakan di dataran tinggi puncak maupun Bogor. Di Jakarta bisa diperoleh di supermarket terkemuka seperti kem chick kemang atau ranch market.
Teks & Foto: Budi Sutomo

Monday, June 18, 2007

Resep Cookies Semangka, bentuk dan rasa sama manisnya


Watermelon
Cookies


Bentuknya cantik menyerupai buah semangka. Perlu sedikit ketelatenan untuk mebuat kue ini. Namun Anda pasti akan bangga melihat hasilnya, karena kue mungil ini pasti disukai seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba.

Resep/Footo/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo

Bahan:
700 g tepung terigu rendah protein/capkunci
475 g margarin/mentega
300 g gula halus
4 butir kuning telur
1 sdm biji wijen hitam
1 sdt garam halus
1/2 sdt pasta vanilla/vanilla bubuk
pewarna merah secukupnya
pewarna kuning secukupnya
pewarna hijau secukupnya

Cara Membuat:
1. Aduk margarin dengan kuning telur, gula halus, garam dan pasta vanili, aduk rata.
2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan spatula plastik.
3. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Masing- masing tambahkan pewarna kuning, hijau dan merah, aduk rata. Tambahkan biji wijen hitam pada bagian adonan berwarna merah, aduk kembali.
4. Giling adonan hijau dan kuning setebal 1/4 cm. Tumpuk adonan kuning di atas adonan hijau, beri tengahnya dengan adonan merah. Gulung dan padatkan. Diamkan adonan di dalam kulkas selama 10 menit.
5. Keluarkan adonan, potong-potong setebal 1/2 cm dan belah menjadi dua sehingga seperti belahan semangka.
6. Atur potongan adonan di dalam loyang beroles margarin. Panggang di dalam oven bertemperatur 140 derajat celcius selama 20 menit atau hingga kue matang. Angkat, dinginkan. kemas di dalam stoples kedap udara.

Untuk 1500 g

Wednesday, June 13, 2007

Resep Kue Kering: Kastengels Rasa Ayam




Kue kering yang satu ini selalu ada di setiap hari istimewa, seperti Natal atau Lebaran. Rasanya yang asin menjadikan kastengels tidak membosankan. Untuk variasi, tambahkan bubuk kaldu ayam instan, kastengels Anda pasti akan lebih istimewa. Selamat Mencoba.

Resep/Foto/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo

Kastengels

Rasa Ayam

Bahan:
225 g tepung terigu cap kunci
25 g tepung maizena
175 g mentega/margarin
½ sdt bubuk kaldu instan rasa ayam
2 butir kuning telur
100 g keju cheddar/edam, parut
½ sdt garam halus
2 butir kuning telur untuk olesan

Cara Membuat:
1.
Campur tepung terigu, tepung maizena, bubuk kaldu instan, garam dan keju parut. Aduk rata.

2. Masukkan mentega/margarin ke dalam campuran tepung. Aduk dengan pisau atau garpu hingga tebentuk adonan yang berbutir-butir.
3. Tekan-tekan adonan dengan sendok kayu/tangan sebentar hingga terbentuk adonan yang dapat dipulung/digiling.
4. Giling adonan setebal ½ cm. Cetak adonan dengan cetakan kastengels atau di pulung dengan tangan hingga terbentuk adonan menyerupai batang pinsil. Potong-potong.
5. Olesi pemukaan adonan dengan kuning telur. Taburi keju parut di atasnya. Panggang di dalam oven bertemperatur 160 derajat celcius selama 30 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan. Simpan di dalam stoples kedap udara.
Untuk 400 g

Tip:
Jangan menguleni adonan dengan tangan terlalu lama. Panas tangan akan menyebabkan lemak mencair dan kue kering menjadi tidak renyah/bantat.

Tuesday, June 05, 2007

Resep Kue Pastel Sehat




Hampir semua orang pernah menikmati lezatnya kue pastel. Namun pastel berkulit renyah dengan isi sayuran yang menyehatkan belum pernah Anda coba bukan? Berikut resep pastel isi sayuran yang lezat, kaya serat dan vitamin. Selamat mencoba.

Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo

Pastel Isi Sayuran

Bahan Kulit:
250 gr tepung terigu
1 butir telur, kocok lepas
40 gr margarin
60 ml air
½ sdt garam halus
minyak untuk menggoreng
Bahan Isi:
200 gr daging ayam, cincang kasar
60 gr wortel, potong dadu kecil
60 g kacang polong
1 batang daun bawang, iris halus
3 sdm kecap manis
3 siung bawang putih, haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
½ sdt garam halus
½ sdt lada halus
3 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:
1. Isi: panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna. Tambahkan wortel, kacang polong, daun bawang dan bumbu lainnya. Masak sambil diaduk hingga semua bahan matang. Angkat, dinginkan.
2. Kulit: Campur tepung terigu, telur, margarin dan garam. Aduk rata. Tambahkan air, uleni sebentar hingga terbentuk adonan yang bisa digiling.
3. Giling adonan hingga ketebalan ¼ cm dengan diameter 10 cm. Ambil satu lembar kulit yang telah dibentuk. Masukkan satu sendok makan bahan isi. Lipat dan wiru pada bagian tepinya. Lakukan hingga adonan habis.
4. Panaskan minyak, goreng pastel dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, sajikan hangat.
Untuk ± 15 buah

Tip:
Air untuk adonan kulit bisa diganti dengan air es agar kulit lebih renyah. Isi bisa diganti sesuai selera.

Jangan mengaduk/menguleni adonan dengan tangan terlalu lama karena margarin akan mencair dan kulit pastel menjadi tidak renyah
.




Budi Boga di Majalah Selera




Rubrik Baru
Majalah Selera

HOBI, BISNIS & KARIR

Majalah Selera merupakan majalah kuliner pertama di Indonesia. Di dalam perkembanganya, majalah ini selalu melakukan perbaikan dan perubahan. Seperti dipertengahan tahun 2007 ini tepatnya pada edisi Juni 2007. Majalah Selera tampil cantik dan elegan dengan latar cover warna hitam dengan huruf keemasan. Terlihat elegan dan berkelas.

Selain mengangkat tema citarasa hidangan pulau dewata, banyak artikel menarik untuk menambah pengetahuan kuliner Anda. Seperti belajar membuat aneka topping donat, memasak dengan si buah hati, mencicipi hidangan Filipina, mencoba wine asli Indonesia, membuat puding bubble serta tip mencegah diabetes sejak dini.


Selain beragam artikel tersebut, Selera edisi Juni 2007 juga mengetengahkan rubrik baru, yaitu Rubrik Hobi, Bisnis & Karir. Rubrik ini memberikan sentuhan baru bagi



pembaca setia majalah Selera. Isinya seputar kisah sukses, peluang usaha serta hobi yang menghasilkan keuntungan di seputar dunia kuliner. Rubrik ini sangat bagus, bisa memberikan inspirasi bagi para pembaca untuk berwirausaha boga. Istimewa lagi, karena pada edisi perdana rubrik ini, Budi Boga dan pakar gizi, Dra. Emma S Wirakusumah, M.Sc. Diberikan kesempatan untuk tampil mengisi rubrik baru ini. Tentu sayamengucapkan terimakasih kepada Majalah Selera, Wartawan Selera, saudara Asih Ratnasih dan Fotografer selera, Dwi NH atas kepercayaannya.










Anda Berminat Berlangganan? hubungi alamat berikut:

Jakarta:
Jl. Kebayoran Lama No 12. Jakarta Selatan.
Phone: 021- 53699559.
fax: 021-5349205

Surabaya:
Jl. Ahmad Yani No 88. Surabaya
Phone: 031-8202284
Fax: 031-8284185