Wednesday, November 29, 2006

Resep Puding Mocca

SELAIN PRAKTIS DAN MUDAH, PUDING INI BERCITARASA LEMBUT DAN SEGAR, COCOK DISAJIKAN SEBAGAI HIDANGAN PENUTUP.

Resep/Dapur Uji/ Food Stylist: Budi Sutomo

MOCCA PUDDING


Bahan:

7 gr bubuk agar-agar warna putih
500 ml susu tawar cair
20 gr tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
150 ml air
60 ml sirup moka
100 gr gula pasir
100 gr jeruk mandarin kalengan

Cara Membuat:

1. Campur bubuk agar-agar dengan susu tawar cair dan gula. Aduk hingga bubuk agar-agar dan gula larut.

3. Rebus adonan agar-agar hingga mendih. Tambahkan larutan maizena. Masak kembali hingga mendidih dan tekstur adonan agak mengental. Angkat.

4. Ambil sepertiga adonan, tambahkan dengan 2 sdm sirup moka. aduk rata. (adonan A).

5.
Tuang sisa sirup moka ke dalam sisa adonan, aduk rata. (adonan B.)


6. Tuang adona A ke dalam cetakkan pudding yang sudah dibasahi air matang dan diisi potongan jeruk mandarin. Dinginkan hingga mengeras.

7. Tuang adonan B hingga cetakkan puding penuh. dinginkan kembali hingga membeku.

8. Setelah mengeras, keluarkan dari cettakan. Hidangkan dingin.
Untuk 5 Porsi

Nutrisi/Porsi:
Protein: 3.8 gr
Karbohidrat: 31.1 gr
Lemak: 3.5 gr
Energi: 172 kkal

VARIASI RESEP JUICE

Cita rasa jus ini terasa sangat istimewa. Perpaduan wangi stroberi dan jambu biji sangat pas dan nikmat. Apalagi tambahan susu kental manis menjadikan jus lebih creamy. Sensasi asam dari air jeruk lemon dan dinginya es batu menjadikan minuman ini 'segerrr..' banget....Selamat Mencoba.
Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo



MIXED FRUITS JUICE

Bahan:
300 g jambu biji merah
150 g stoberi, cuci bersih
2 sdm susu kental manis
2 sdm air jeruk lemon/nipis
100 g es batu

Cara Membuat:
1. Kupas jambu biji dan buang bijinya. Potong-potong.
2. Masukkan potongan jambu biji, stroberi, susu kental manis, air jeruk lemon dan es batu ke dalam blender. Haluskan hingga lembut.
3. Siapkan gelas saji, tuang jus hingga gelas penuh. Hias sesuai selera, sajikan segera.
Untuk 2 Porsi



Tips:


Jika Anda menghendaki jus berwarna hijau, gunakan jambu biji Bangkok yang berwarna hijau, ganti stroberi dengan melon. Komposisi bahan lain seperti susu kental manis, air jeruk lemon dan es batu tetap dengan ukuran yang sama.

Tuesday, November 28, 2006

Manfaat Terong Belanda

TERONG BELANDA,
Segar dan Menyehatkan

Bentuk buahnya bulat telur dengan warna ungu atau kemerahan. Tekstur daging buahnya lunak dengan rasa asam manis. Segar dijadikan sirup, di jus atau campuran salad.


Terong belanda (Cyphomandra betacea) kaya akan provitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan vitamin C untuk menghobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mineral penting seperti potasium, fosfor dan magnesium mampu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Serat yang tinggi di dalam terong belanda bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit/konstipasi.


Terong belanda jarang dihidangkan sebagai buah meja karena rasanya yang cenderung asam. Buah ini lebih cocok jika di hidangkan dalam bentuk olahan, seperti di buat sirup, di jus atau menjadi bahan campuran salad. Budi Sutomo

BROKOLI, Sayuran Lezat Beribu Manfaat

Brokoli/Broccoli

Brokoli (Brassica oleracea var.italica) adalah Bunga dari sayuran tanaman sejenis kubis-kubisan. Sayuran ini merupakan kumpulan dari kuntum bunga yang membentuk gerombolan berupa kuntum.


Selain bisa dimakan mentah, sayuran ini bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat. Seperti sayuran lain, brokoli kaya akan provitamin A/karotenoid, asam folat dan vitamin C. Masak sebentar agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Agar brokoli tetapi hijau segar, rebus dengan air mendidih yang sudah ditambahkan dengan 1/2 sdt garam dapur.

Selain vitamin, brokoli juga mengandung beragam mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Zat lain yang terkandung di dalam brokoli adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene dan genestein. Flvonoid dan serat terkandung juga memperkaya kandungan nutrisi dari brokoli.

Brokoli memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah terjadinya kanker kolon, kanker prostat, kanker paru dan kanker perut. Zat terkandung di dalam brokoli juga bermanfaat sebagai antioksidan. Sedangkan seratnya bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan ganguan pencernaan lainnya. Budi Sutomo


Wednesday, November 22, 2006

RESEP KUE WIDARAN KEJU


Banyak sebutan untuk kue ini, sebagian orang mengenalnya dengan kue widaran, telur gabus atau telur belanak. Apapun namanya, yang pasti kue ini mempunyai citarasa renyah, gurih dan lezat. Bahan-bahanya mudah didapat dan teknik pembuatanya tidak terlalu sulit. Jika tau rahasia membuatnya, Anda pasti sukses membuat kue ini. Selamat Mencoba.
Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo

WIDARAN

Bahan:
350 g tepung kanji/sagu tani
3 butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu
1/4 sdt garam halus
minyak untuk menggoreng.
2 sdm keju chedar parut

Cara Membuat:
1. Campur tepung kanji, keju parut dan garam. Aduk rata.
2. Masukan telur sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung.
3. Ambil sejumput adonan, bentuk menggunakan kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di dalam wajan berisi minyak dingin.
4. Panaskan minyak berisi adonan yang sudah dibentuk. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Simpan dalam stoples/wadah kedap udara.
Untuk 300 g

Tips:
Jangan pernah menggoreng kue ini langsung ke dalam minyak panas. Kue akan meletus dan bentuknya menjadi tidak bagus. Goreng dalam minyak dingin. Untuk variasi rasa, kue widaran keju bisa di besta/dilapisi dengan gula pasir yang di panaskan hingga mengentak/semrambut. masukan air sedikit demi sedikit, hentikan jika adonan sudah dapat di bentuk/dipulung. Tambahkan tepung jika adonan susah dipulung/terlalu lembek.

Monday, November 20, 2006

Resep Cake Beraroma Rempah

Cake ini mempunyai citarasa yang berbeda dari biasanya, aroma wangi kayu manis dan lezatnya cokelat terpadu dalam kelembutan cake. Cocok sebagai penyerta minum teh atau kopi di sore hari. Selamat Mencoba.
Resep/Dapur Uji/food Stylist: Budi Sutomo

Cinnamon Cake

Bahan:
150 g tepung terigu
6 butir kuning telur
4 butir putih telur
175 g gula pasir
60 g cokelat bubuk
60 g mentega, lelehkan
1 sdt bubuk kayu manis
1/4 sdt garam halus
Taburan, aduk hingga berbutir-butir:
30 g gula halus
30 g mentega
40 g tepung terigu
30 g keju cheddar, parut kasar
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, cokelat bubuk, bubuk kayu manis dan garam. Aduk rata/ayak.
2. Di tempat terpisah, kocok menggunakan mixer, kuning telur, putih telur dan gula halus hingga mengembang kaku.
3. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur. Aduk secara melipat dengan spatula plastik.
4. Tuang mentega, aduk rata. Masukkan adonan ke dalam loyang cake beroles margarin. Ratakan.
5. Taburi atasnya dengan bahan taburan. Panggang dalam oven bertemperatur 180 derajat celcius selama 25-30 menit atau hingga kue matang. Angkat, dinginkan.
6. Keluarkan cake dari loyang, potong-potong. Hias sesuai selera. Sajikan.
Untuk 12 Potong

Tip:
Cake berwarna coklat sukar untuk mengetahui sudah matang atau belum. Cek kematangan dengan cara memasukan lidi atau kawat ke dalam cake, jika masih ada adonan yang menempel berarti cake belum matang. Sebaliknya, jika lidi/kawat licin berarti cake sudah matang.

Tuesday, November 14, 2006

CEGAH KEMANDULAN DENGAN DAUN KEMANGI

MANFAAT KEMANGI

Jika Pare dan biji kapas bisa menurunkan kesuburan pria. daun kemangi (Ocimum basilicum) justru berperan menyuburkan seperma dan meningkatkan kualitas sperma.

Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika orangpun mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau terancam. Selain melezatkan hidangan, daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.

Manfaat kemangi tidak berhenti sampai disini, zat flavonoid seperti orientin dan vicenin di dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh. Sedangkan flavonoid seperti cineole, myrcene dan eugenol mempunyai manfaat sebagai antibiotik alami dan anti peradangan.

Kemangi juga kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Budi Sutomo

Monday, November 13, 2006

PARE SEBABKAN MANDUL PADA PRIA

KONTRASEPSI ALAMI

Anda ingin menunda punya momongan? atau sengaja ingin menjarangkan kehamilan secara alami? Pare dan biji kapas bisa menjadi pilihan kontrasepsi alami. Kedua bahan ini terbukti mampu menghalangi seperma dan menurunkan kesuburan pria.

Bagi Anda pria yang belum punya anak hati-hati dengan mengkonsumsi sayuran buah Pare (Momordica charantia). Sayuran ini ternyata mengandung zat antifertilitas yang dapat menurunkan kesuburan. Zat yang berpengaruh sama juga terdapat dalam Biji kapas (Gossypium hirtusum).

Dalam sebuah acara Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Andrologi dan Perhimpunan Dokter Sepesialis Andrologi, Dr. Azwar Agoes mengungkapkan potensi tanaman obat Indonesia yang bisa dijadikan alat kontrasepsi pria. Hasil penelitian menunjukan kedua tanaman ini mampu menurunkan kesuburan pria. Menghambat pertumbuhan
spermatozoa, menghambat transportasi sperma dan menghalangi penyimpanan sperma.
Ekstrak tanaman pare juga mengandung senyawa sitotoksik seperti saponin titerpen dan cucurbitacin yang terbukti mampu menurunkan kualitas seperma. Sedangkan senyawa gasipol dalam biji kapas terbukti mampu menurunkan libido sekaligus menurunkan kesuburan sperma. Tentu biji kapas harus diolah menjadi miyak dulu agar hasilnya lebih efektif.

Fakta Baru Buah Pare
Sebuah penelitian di Chinese University of Hongkong berhasil mengisolasi dua jenis protein dari dalam buah pare. Protein yang diberi nama Alpha dan Beta ini dipercaya mampu menghambat laju kerja virus HIV penyebab AIDS. Sementara hasil uji lab New York Universitiy School of Medicine menemukan protein jenis ketiga yang diberi nama MAP 30, yang lagi-lagi konon bermanfaat untuk mencegah laju HIV. Namun jika Anda akan mencoba terapi pare, buah yang pahit ini memiliki toksisitas yang tinggi penyebab keguguran. Sebaiknya tidak diterapkan pada wanita hamil. Budi Sutomo

Friday, November 10, 2006

MANFAAT DAUN KOLESOM JAWA (Daun Ginseng)

LEBIH DEKAT DENGAN DAUN GINSENG

Kolesom Jawa (Talinum crassifolium) atau yang lebih populer dengan sebutan daun ginseng sebenarnya sudah lama kita kenal. Bahkan Anda mungkin sudah sering mengkonsumsinya dalam menu sehari-hari kita.

Tanaman herba menahun bukan genus Panax seperti ginseng yang digunakan untuk obat-obatan. Daun ginseng ini adalah tanaman perdu yang tumbunya semi menjalar dan bisa mencapai tinggi 60 cm. Daunya oval berwarna hijau mengkilat. Berbunga majemuk dengan kelopak berwarna pink. Tanaman sangat mudah dikembang biakan, baik dengan biji maupun setek batang. Asal medianya gembur, cukup humus dan tidak tergenang air, tanaman ini bisa tumbuh subur. Kolesom jawa juga cantik di tanam dalam pot sebagai tanaman hias karena bentuk daun dan bunganya menarik.

Semua bagian tanaman ini bisa di makan, mulai dari akar hingga daunnya. Biasanya akarnya tanaman ini bisa mengembung jika dibiaknan melalui biji. Banyak yang menfaatkan umbi tanaman ini untuk dikeringkan sebagai ramuan obat. Daunnya biasa dijual sebagai sayuran. Daun kolesom/ginseng sangat cocok ditumis, dibuat cah (dimasak dengan sedikit air) atau sebagai campuran sayur bening/sup. Rasanya lezat dengan tekstur lembut dan sedikit berlendir. Mengolah sayuran ini harus menggunakan api besar dan cepat karena waranya akan berubah menjadi kehitaman jika terlalu lama di masak.

Belum ada penelitian tentang manfaat kolesom, namun secara turun temurun akar dan daunya dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Sejauh ini baru diketahui bahwa di dalam akar kolesom mengandung zat aktif seperti saponin, flavonoid dan tanin. Yang pasti bagian daun mengandung vitamin A yang cukup tinggi, serat dan beragam mineral penting lainnya.
Budi Sutomo

Wednesday, November 08, 2006

BUKU PANDUAN LENGKAP MEMBUAT CAKE, TART DAN KUE POTONG ISTIMEWA


Satu lagi persembahan buku terbaru dari budi boga, sebuah buku yang mengulas seluk-beluk cake dan tart serta resep akurat hasil uji coba.

CAKE & TART

Judul: Cake & Tart
Penulis: Budi Sutomo
Harga: Rp.30.000

Foto: Herman Laksono
Penerbit: PT. Primamedia Pustaka (Gramedia Group)
Alamat: Jl. Panjang No 8 A. Kebon Jeruk. Jakarta. 11530
Pemesanan: Unit Layanan Jual. Gedung Gramedia MajalahLt 2
Jl. Panjang No 8A. Kebon Jeruk. Jakarta Barat-Phone: 021-5306263
E-Mail:
ulj@gramedia-majalah.com

Resensi:
Acara istimewa seperti ulang tahun, lebaran, natal atau sekedar arisan akan lebih meriah jika hadir aneka cake, tart atau kue potong sebagai suguhan. Citarasanya yang lembut sangat cocok sebagai penyerta minum teh atau kopi.

Sesekali tidak ada salahnya Anda membuat sendiri, pilihan resepnya bisa diambil dari buku ini. Lebih dari 45 resep tersaji lengkap, mulai dari cake sederhana untuk pemula hingga kue tart untuk berbagai kesempatan bagi Anda yang mahir.

Hanya resep lolos dapur uji yang kami sajikan dalam buku ini, sehingga teruji keakuratannya. Bahasa ditulis dengan jelas dan sederhana sehingga mudah dipahami, setiap resep juga disertai tip anti gagal bagi Anda para pemula. Beberapa resep sengaja dipilih yang sederhana, paraktis dan ekonomis sehingga cocok untuk Anda yang ingin berwirausaha boga.

Selain resep, buku ini juga mengulas pengetahuan dasar tentang cake, mulai dari memilih bahan, teknik pengolahan hingga pengetahuan alat dan cetakan. Foto yang menawan di setiap lembarnya pasti membuat Anda tak sabar untuk segera mencobanya.

Resep Chicken Wing

Sayap ayam mempunyai daging yang gurih dan lemaknya sedikit. Bagian ayam ini sangat lezat diolah menjadi sayap ayam goreng. Untuk variasi, Anda bisa mencoba chicken wing. Selain lebih lezat, tampilan sayap ayam juga lebih trendi. Selamat mencoba.

Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo

CHICKEN WING

Bahan:
10 buah sayap ayam
1/4 sdt lada halus
1 sdt garam halus
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdm air jeruk nipis/lemon
Minyak untuk menggoreng

Lapisan:
100 gr tepung panir
100 g tepung terigu
2 butir telur, kocok sebentar

Saus Pelengkap:
2 sdm saus sambal
4 sdm saus tomat
2 siung bawang putih, haluskan
2 sdm bawang bombay cincang
2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
60 ml air
1/4 sdt lada halus
1/4 sdt garam halus
1 sdm minyak goreng

Cara Membuat:
1. Potong sayap pada bagian ruasnya, keruk/kumpulkan daging sayap menggunakan pisau tajam sehingga daging mengumpul di salah satu ujung tulang.
2. Bumbui sayap dengan bawang putih, lada, garam dan air jeruk nipis. Diamkan 20 menit agar bumbu meresap.
3. Gulingkan sayap ke dalam tepung terigu. Celupkan ke dalam kocokan telur dan terakhir taburi tepung panir hingga seluruh permukaan terselimuti tepung.
4. Panaskan minyak, goreng sayap hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Hidangkan panas dengan saus pelengkap.
5. Saus Pelengkap: Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tuang saus tomat, saus sambal dan air. Kentalkan dengan larutan maizena. Masak sambil diaduk hingga mendidih dan tekstur agak mengental. Sajikan sebagai pelengkap.
Untuk 4 Porsi

Tip:
Jika Anda menghendaki lapisan kulit tipis, ayam bisa langsung dicelupkan ke telur kemudian ke tepung panir tanpa harus menggulingkan ke tepung terigu.

RESEP KUE KERING PASTI JADI

CHOCOLATE CHIPS COOKIES
Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi SUtomo

Membuat kue kering memang gampang-gampang susah, adakalanya ukuran sudah tepat namun jika teknik pembuatannya salah juga hasil kue kurang maksimal. Berikut adalah salah satu resep yang beberapa kali saya coba dan hasilnya selalu maksimal. Siapa tau bisa jadi inspirasi Anda untuk berwira usaha boga. Selamat Mencoba.

Bahan:
250 g tepung terigu protein rendah/soft wheat/cap kunci
2 sdm tepung maizena
100 g gula halus
150 g margarin
2 kuning telur
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam halus
1 sdm susu bubuk
Taburan:
60 g chocolate chips

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, susu bubuk, baking powder, garam halus dan tepung maizena. Aduk rata/ayak.
2. Kocok dengan mixer; kuning telur, margarin dan gula halus hingga lembut (2 menit).
3. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan margarin, aduk dengan sendok kayu atau spatula plastrik hingga tercampur rata.
4. Ambil satu sendok makan adonan, bentuk bulat. Letakan adonan dalam loyang beroles margarin, bentuk dengan sendok hingga menbentuk adonan bulat pipih. Beri beberapa butir cocolate chips di atasnya.
5. Panggang dalam oven bertemperatur 160 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan.
6. Angkat, dinginkan. Simpan dalam stoples kedap udara.


Untuk 525 g



Tip:
Jangan mengaduk adonan dengan tangan, panas tangan akan menyebabkan lemak meleleh dan mengakibatkan kue tidak renyah.

Agar hasil kue bagus, pilih cokelat chips yang tidak meleleh ketika dipanggang.

Tuesday, November 07, 2006

NIKMATNYA HIDUP DI THAILAND

INDAHNYA THAILAND

Belum lama berselang sempat mengunjungi Thailand, tepatnya di Bangkok. Ngga lama sih, cuma seminggu cuma pengalaman ini benar-benar memberi banyak pembelajaran terhadap saya pribadi.

Berawal dari bandara Soekarno-Hata, kegondokan di awali, saat boarding banyak loket berjejer, orangpun ngantri dengan rapi. Eh tau-tau yang buka cuma dua loket, betapa gondoknya orang yang ngantri di line yang tidak dibuka. Kasih tau dong atau pasang tanda closed biar orang ngga keburu bikin antrian.

Duit Fiskal Buat Apaan Ya?
Belum lagi rasa ngga iklas ketika harus merogoh kocek satu juta rupiah dibuang percuma untuk bayar fiskal, kenapa ya pemerintah indonesia pakai aturan bayar fiskal
kalau mau ke luar negeri? Negara lain ko kaga ada yang bayar? duitnya buat apa ya? Singapura, Malaysia, Thailand tidak ada kebijakan fiskal, toh bandaranya lebih

bersih, lebih wangi, lebih rapi dan lebih nyaman. Tidak seperti bandara kita yang toiletnya saja airnya pada mampet. Negara model gini mah kaga bakalan industriwisatanya maju. Mau Visit Indonesian Year seribu kali juga orang udah tau kalau Indonesia belum layak dikunjungi.

Sesampainya di Bangkok, rasa kagum saya kian bertambah, bandara barunya ma....keren banget, konon sih bandara internasional terbesar di Asia Tenggara. Keluar dari bandara juga kita nyaman, semua tertata rapi, mau naik taksi atau bis sudah ada jalurnya dengan jelas, tanpa harus dikejar-kejar atau diewer-ewer sama calo bis.

Makanan Serba Murah
Cerita makanan lebih seru lagi di negara gajah putih ini, makanan memang serba murah, jus jeruk asli hasil perasan buah segar yang di kemas dalam botol 600 ml dijual hanya dengan harga 10 bhat atau setara Rp. 2.500, coba di Indonesia es jeruk udah di campur air, dan es batu segelasnya dijual Rp. 6000 ribuan. Durian apa lagi, durian segede gajah dijual cuma sekitar 40-60 ribu per buahnya, walah.. kalau Indonesia bisa 120 ribuan nih. Udang, kepiting siap santap hanya berkisar antara 60 ribuan. Coba di sini kayanya mikir dulu makan menu ginian soalnya bisa habis 250 ribuan. Jangan lupa juga cobain sup tom yam gung, beda banget rasanya dengan tom yam di sini, lebih kentel kuahnya, lebih pedes, lebih asem, lebih segar dan tentu saja jauh lebih murah. Pakaian, tas dan hasil kerajinan tangan juga dijual jauh lebih murah dibandingkan Indonesia.

Wisatanya Ok Banget
Kesiapan Thailand dalam menerima wisatawan memang layak diacungin jempol. Penduduknya ramah, negaranya aman. Mau pergi jam 2 malam juga perasaan tenang karena angka kriminalnya rendah. Coba di Indonesia? ditemanin satpam juga kalau keluar malam masih was-was. Jalanan memang rada macet, namun ngga separah Jakarta, tetapi yang saya lihat tidak ada orang membunyikan klakson seperti pemandangan di Jakarta. semua menanti dengan sabar. Jalanan juga tidak penuh asap knalpot (karena bahan bakarnya pakai gas?) sehingga nafas kita tidak sesak dan muka tidak cemong karena jelaga asap knalpot...Sungai-sungai di Thailand juga bening dan bersih walaupun sungai membelah kota Bangkok. Ini karena kesadaran masrakat yang tinggi akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Coba Ciliwung, kayanya sudah menjadi tempat sampah terpanjang se Asia Tenggara.

Setiap pojok jalanan selalu ada kantor informasi buat wisatawan, jadi ngga perlu takut nyasar. Apalagi di sini walaupun sekedar supir taksi bahasa Inggrisnya sudah

cas-cis cus, jadi kita tetap bisa berkomunikasi walaupun pendatang, secarrra kalau di Indonesia? Lokasi wisata juga layak jual, dalam arti kita ngga merasa sia-sia mengeluarkan duit untuk mengunjungi sebuah obyek wisata karena mereka memang menyuguhkan sesuatu yang siap tonton. Tidak seperti Jakarta, Program Enjoy Jakarta yang sedang digembar-gemborkan sekarang saya yakin ga bakal sukses, siapa yang mau datang kalau lokasi wisatanya tidak dikelola dengan baik, apalagi rasa aman, jauh bo....


Bangga Jadi WNI?
Pemerintah kayanya perlu belajar deh dari negeri gajah putih ini dalam mengelola pariwisatanya. Kebayang ngga sih, negeri yang habis kudeta menggulingkan perdana mentri namun tetap aman dan nyaman di kunjungi? coba Indonesia, pasti lagi bakar-bakaran, hujan batu dan macet karena demo dimana-mana. Kalau begini gemana mau ngebanggain ke orang luar? Kayanya kita semua ngga bangga jadi warganegara Indonesia. Bener ngga...?!



Monday, November 06, 2006

LOMBA MENULIS ARTIKEL ATAU PENGALAMAN BERHADIAH BESAR

LOMBA MENULIS ARTIKEL

Dalam rangka ulang tahun majalah kesehatan Dokter Kita yang pertama. Diselenggarakan lomba menulis artikel atau pengalaman. Lomba digolongkan menjadi penulisan ARTIKEL (artikel apa saja sesuai denga isi majalah dokter kita) dan PENGALAMAN (seperti pengalaman seseorang menderita penyakit, kisah sejati, perjuangan hidup dll) adapun ketetuan lomba adalah sebagai berikut;

1. Lomba terbuka untuk umum, mahasiswa, dokter

2. Naskah ditulis dengan bahasa indonesia, huruf time new roman 12, spasi 2. Panjang 2-7 halaman kuarto.

3. Naskah asli bukan terjemahan. Naskah yg dikirim dibuat rangkap 3.

4. Naskah dikirim ke Panitia Lomba Penulisan Artikel. Majalah Dokter Kita. Gedung JMC lantai II. Jl. Mampang Prapatan Raya Nop 75. Jakarta 12790.

5. Naskah diterima paling lambat tanggal 5 Januari 2007

6. Pengumuman pemenang di majalah dokter kita edisi akhir Januari 2007.

7. Jika Anda tidak menang, naskah masih bisa dimuat dimajalah dokter kita, jika isi dan materinya menarik.

Informasi lebih lengkap bisa di baca di majalah dokter kita edisi 10, terbit November 2006



Hadiah

Kategori Artikel

Juara 1
Rp. 5.000.000 + bingkisan
Juara 2
Rp. 2.500.000 + bingkisan
Juara 3
Rp. 1.500.000 + bingkisan
Harapan 1
Rp. 1.000.000
Harapan 2
Rp.500.000
Harapan 3

Kategori Pengalaman
Juara 1
Rp. 5.000.000 + bingkisan menarik
Juara 2
Rp. 2.500.000 + bingkisan menarik
Kuara 3
Rp. 1.500.000 + bingkisan menarik
Harapan 1
Rp. 500.000
Harapan 2
Rp. 250.000
Harapan 3
Rp.150.000

Wednesday, November 01, 2006

ANEKA RESEP CAKE, TART DAN KUE POTONG







CAKE & TART

Judul: Cake & Tart
Penulis: Budi Sutomo
Harga: Rp.30.000

Foto: Herman Laksono
Penerbit: PT. Primamedia Pustaka (Gramedia Group)
Alamat: Jl. Panjang No 8 A. Kebon Jeruk. Jakarta. 11530
Pemesanan: Unit Layanan Jual. Gedung Gramedia MajalahLt 2
Jl. Panjang No 8A. Kebon Jeruk. Jakarta Barat-Phone: 021-5306263
E-Mail:
ulj@gramedia-majalah.com

Resensi:
Acara istimewa seperti ulang tahun, lebaran, natal atau sekedar arisan akan lebih meriah jika hadir aneka cake, tart atau kue potong sebagai suguhan. Citarasanya yang lembut sangat cocok sebagai penyerta minum teh atau kopi.

Sesekali tidak ada salahnya Anda membuat sendiri, pilihan resepnya bisa diambil dari buku ini. Lebih dari 45 resep tersaji lengkap, mulai dari cake sederhana untuk pemula hingga kue tart untuk berbagai kesempatan bagi Anda yang mahir.

Hanya resep lolos dapur uji yang kami sajikan dalam buku ini, sehingga teruji keakuratannya. Bahasa ditulis dengan jelas dan sederhana sehingga mudah dipahami, setiap resep juga disertai tip anti gagal bagi Anda para pemula. Beberapa resep sengaja dipilih yang sederhana, paraktis dan ekonomis sehingga cocok untuk Anda yang ingin berwirausaha boga.

Selain resep, buku ini juga mengulas pengetahuan dasar tentang cake, mulai dari memilih bahan, teknik pengolahan hingga pengetahuan alat dan cetakan. Foto yang menawan di setiap lembarnya pasti membuat Anda tak sabar untuk segera mencobanya.

RESEP PRAKTIS UNTUK SARAPAN


Hidangan ini sudah mengandung zat gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan beragam mineral penting. Cocok sebagai menu sarapan pagi, karena paraktis dan cepat membuatnya. Dari sisi rasa juga jauh lebih lezat dibandingkan sekedar menyantap telur dadar. Selamat Mencoba

Resep/Uji Coba/Food Stylist: Budi Sutomo

FRITATTA KENTANG

Bahan:
100 g kentang, potong balok panjang, kukus/goreng
4-5 butir telur
60 g tomat, potong-potong
1 sdm keju cheddar/mozzarella, parut
2 sdm susu tawar cair (jika suka)
1 1/2 sdm margarin
1 batang daun bawang, iris halus
1/4 sdt pala halus
1/4 sdt lada halus
1/4 sdt garam halus

Cara Membuat:
1. Kocok telur dengan lada, pala dan garam. Masukkan potongan tomat, kentang, parutan keju, irisan daun bawang dan susu tawar cair. Aduk rata.
2. Panaskan margarin dalam wajan datar anti lengket. Tuang adonan telur, masak di atas api sedang hingga matang. Angkat, potong-potong. Sajian hangat dengan saus tomat/saus sambal sebagai pelengkap.
Untuk 2 Porsi

Tip:
Susu tawar cair menjadikan tekstur fritatta lebih lembab dan lembut. Saat memasak sebaiknya ditutup bagian atasnya agar fritatta matangnya merata.