Friday, June 08, 2012

Resep Tiramisu

Tiramisu adalah hidangan penutup atau dessert dari Italia  yang sangat populer. Teksturnya lembut,  gurihnya keju mascarpone serta aroma kahlua yang khas membuat kudapan ini disukai tua dan muda. Konon tiramisu berasal dari bahasa Italia yang berarti “ambil saya” mungkin ini karena begitu favoritnya kudapan ini sehingga semua orang akan menyantapnya sebagai penyempurna jamuan makan. Resep/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo.

Tiramisu

Bahan:
400 ml susu tawar cair
200 g keju mascarpone
2 sdm gelatin, tim dengan 3 sdm air panas, aduk rata
60 ml double cream/krim kental
100 g white cooking chocolate, potong-potong
2 sdm tepung maizena
60 g gula pasir
2 butir kuning telur, kocok lepas
250 g sponge cake cokelat
Perendam, aduk rata:
5 sdm kahlua
1 sdm rum
100 ml larutan kopi instan
Taburan:
100 g whipped cream siap pakai
Stroberi secukupnya untuk hiasan
1 sdm cokelat bubuk
Cara Membuat:
1. Larutkan tepung maizena dengan  susu tawar cair dan gula pasir. Aduk rata. Rebus sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih.
2. Tambahkan potongan cokelat dan double cream ke dalam rebusan maizena, aduk hingga cokelat meleleh. Angkat.
3. Ambil satu sendok sayur adonan bubur maizena panas, tuang ke dalam kocokan kuning telur, masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Tuang campuran kuning telur-bubur maizena, dan larutan gelatin ke dalam bubur maizena,  aduk rata.
4. Kocok keju mascarpone menggunakan mixer hingga lembut. Tuang ke dalam bubur maizena, mixer selama 2 menit atau hingga tercampur rata.
 5. Perciki sponge cake cokelat dengan bahan perendam, (campuran kahlua, rum dan larutan kopi instan) hingga cake lembab. Potong cake sesuai dengan cetakan atau alat saji.
6. Masukkan potongan cake di dasar gelas saji. Tuang campuran adonan keju mascarpone, lakukan proses melapisi cake dan adonan keju hingga terbentuk beberapa lapisan. Dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam.
7. Sesaat sebelum disajikan, semprotkan whipped cream  di atas tiramisu. Taburi cokelat bubuk dan hias dengan potongan buah stroberi. Hidangkan.
Untuk 4 Porsi

Tip:
* Selain di dalam gelas,  tiramisu juga bisa di cetak di dalam loyang cake atau plastik mika transparan.
* Jika tidak tersedia gelatin bisa di ganti dengan menambahkan 1/2 sdt bubuk agar putih saat merebus susu tawar cair.
* Di pasaran dijual gelatin dalam bentuk lembaran tipis transparan dan bubuk. Dapat dibeli di toko yang khusus menjual bahan roti.
* Kahlua dan rum mengandung alkohol, bagi umat mulim, bahan ini bisa dihilangkan. Perciki cake cokelat dengan larutan kopi bubuk.
* Sponge cokelat cake bisa diganti dengan brownies, atau biscuit ladyfinger.

Wednesday, June 06, 2012

Masakan Korea - Kimchi

Masakan populer Korea banyak ragamnya, seperti Bulgogi, Sup Ayam Ginseng (Samgyetang), Iga Panggang ( Kalbi) dan Bubur Labu Kuning ( Hobakjuk). Namun tidak afdol rasanya jika menyantap hidangan korea tanpa dilengkapi dengan kimchi, acar sawi putih yang bercita rasa, asin, asam dan pedas. Anda ingin membuat kimchi di rumah? Berikut resepnya untuk Anda. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

Kimchi

Bahan:
500 g sawi putih (chinese cabbage)
600 ml air
100 g lobak daikon, potong dadu kecil
Bumbu:
1 batang daun bawang cina/chinese chives, iris halus
3 sdm bawang bombay cincang
3 cm jahe, haluskan
40 g acar udang (saujeot/ saeujeot)
5 siung bawang putih, haluskan
3 sendok makan korean chili powder (gochugaru)
100 ml fish sauce
100 g garam
Cara Membuat:
1. Pisahkan sawi lembar demi lembar, cuci bersih. Campur air dengan garam, aduk rata. Masukkan sawi di dalam air garam, diamkan selama 8 jam atau hingga daun sawi layu. Cuci, tiriskan.
2. Campur semua bumbu-bumbu dengan 150 ml air, 2 sendok makan garam, aduk rata. Tambahkan irisan daun bawang dan potongan lobak.
3. Siapkan daun sawi, isi dengan campuran bumbu dan lobak, lakukan hingga beberapa lapis, gulung.
4. Susun sawi ke dalam tempat yang bersih. Siram dengan sisa bumbu, tutup rapat. Simpan di dalam kulkas selama 2-3 hari.
5. Atur kimchi di ata piring saji. Hidangkan.
Untuk 7 Porsi
Tip: Jika tidak tersedia lobak daikon bisa diganti dengan lobak biasa.  Acar udang bisa diganti dengan 1 sdm ebi sangrai, tumbuk halus.