Tuesday, May 15, 2012

Resep Step by Step Martabak Asin ( Martabak Telur)

Martabak asin atau martabak telur memang kudapan yang sangat populer. Citarasanya gurih dan lezat,apalagi disajikan hangat dengan acar dan saus kecap asin sebagai pelengkap. Anda ingin membuatnyasendiridi rumah? Berikut resepnya untuk Anda. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.


Martabak Telor 

Bahan Kulit : 
350 g tepung terigu tinggi protein (cap cakra kembar) 
250 g air 
50 g minyak goreng 
½ sdt garam halus 
400 ml minyak untuk menggoreng 
Bahan Isi: 
600 g daging sapi cincang 
14 butir telur bebek 
100 g bawang bombay, cincang
100 g daun bawang, iris halus 
7 siung bawang putih, cincang 
1 sdm bubuk kari instan 
1 sdt lada halus 
2 sdt garam halus 
1 sdt gula pasir 
2 sendok sayur minyak goreng


Cara Membuat: 
1. Campur tepung terigu dan garam halus. Aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata. Tambahkan minyak, uleni kembali hingga adonan benar-benar kalis.

2. Bagi adonan menjadi 7 bagian. Bulatkan. Rendam di dalam minyak goreng selama 2 jam.

3. Tipiskan kulit martabak dengan gilingan atau dengan cara dilebarkan dengan melempar-lempar menggunakan kedua belah tangan. Lakukan hingga terbentuk adonan yang tipis dan trasparan.

4. Penyelesaian: Panaskan dua sendok sayur minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum.Masukkan daging cincang, aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan lada, garam, bumbu kari, dan gula pasir. Masak hingga matang. Angkat, dinginkan. Campur daging dengan telur, daun bawang dan bawang bombay. Aduk rata. Sisihkan.

 5. Panaskan 2 sendok sayur minyak goreng di dalam wajan martabak atau wajan datar. Letakan kulit martabak, masukkan tiga sendok sayur bahan isi, ratakan.


6. Lipat kulit martabak seperti melipat amplop atau hingga semua bagian isi tertutupi. Goreng sambil dibolak-balik higga isi matang dan kulit berwarna kuning kecoklatan. Angkat. 
 
7. Atur di datas piring saji. Hidangkan dengan acar campur dan saus pelengkap. 

Untuk 7 Buah

Tip: Telur bebek bisa diganti dengan telur ayam. Untuk isi, daging sapi cincang bisa diganti dengan daging ayam atau daging udang cincang.

Isi daging harus ditumis terlebih dahulu untuk menghindari isi daging masih mentah.

Adonan martabak asin harus diistirahatkan terlebih dahulu agar adonan lentur dan mudah ditipiskan.

Wednesday, May 02, 2012

Aneka Resep Rendang Populer



Penulis: Budi Sutomo
Ukuran: 23.5 cm
Tebal: 64 hlm
Penerbit: KawanPustaka
ISBN: 979-757-516-0
Harga: Rp24.500,-
Informassi & Pemesanan: 021-78883030 ext 136
e mail: Redaksi@kawanpustaka.com
Rendang memang memiliki cita rasa yang khas. Santannya yang gurih serta bumbunya yang legit dan pedal sangat memanjakan lidah para penikmatnya. Tak heran jika masakan asal Padang - Sumatera Barat ini dinobatkan menjadi masakan terenak sedunia oleh CNN Go. Lebih dari 35.000 orang dari seluruh dunia menyatakan rendang adalah makanan terlezat sejagad raya. Wah, bangga bukan?!

Buku ini menyajikan langkah-langkah pembuatan rendang secara jelas, mulai dari alat, bahan, sampai tips sukses membuat rendang. Dilengkapi dengan analisa wirausaha rendang dan resep-resep rendang yang paling diminati untuk Anda yang ingin membuka usaha di bidang kuliner. 


Mengenal Rendang Lebih Dekat

Rendang, masakan asal Padang ini namanya memang sudah mendunia. Bahkan, UNESCO (United Nations Education Social and Cultural Organization)—lembaga dunia di bidang pendidikan dan budaya menyatakan bahwa rendang merupakan salah satu makanan terlezat di dunia sekaligus mematenkan rendang sebagai salah satu makanan warisan dunia.

Rendang memiliki tekstur yang lembut dengan citarasa lezat, gurih, pedas, dan beraroma harum karena banyaknya bumbu serta rempah yang digunakan. Tidak hanya itu, proses pembuatan rendang juga terbilang sangat mudah dan sederhana.

Nah, jika Anda tertarik membuat rendang namun takut gagal, berikut adalah beberapa tip sukses yang bisa Anda ikuti.
1.    Pilih bahan berkualitas baik agar dihasilkan rendang berkualitas prima.
2.    Gunakan jenis daging yang cocok untuk membuat rendang, seperti bagian tunjang dan lemusir. Jangan menggunakan daging yang terlalu berlemak dan banyak urat karena akan menghasilkan rendang yang liat dan volume daging menjadi kecil.
3.    Potong daging dengan melawan serat agar tekstur daging rendang tidak liat.
4.    Jangan gunakan santan kemasan, lebih baik gunakan santan hasil perasan parutan kelapa segar. Santan kemasan tidak dapat menghasilkan dedak rendang yang baik.
5.    Sangrai bumbu seperti jintan dan ketumbar agar aroma rendang lebih harum.
6.    Bumbu seperti jahe dan kunyit sebaiknya dibakar terlebih dahulu agar bumbu rendang tidak beraroma mentah.
7.    Jika tekstur daging sudah terlalu lunak namun kuah rendang belum kering, lebih baik daging segera diangkat sambil menunggu kuah mengering. Hal ini dilakukan agar tekstur daging tidak hancur.
8.    Simpan rendang ditempat yang sejuk dan kering, agar rendang tahan lama. Rendang tanpa pengawet bisa bertahan 2 bulan jika disimpan di dalam kulkas dan dikemas dalam wadah tertutup rapat.
9.    Untuk jenis rendang yang terbuat dari daging cepat matang seperti udang, ayam, atau telur, masukkan bahan ini ketika rendang sudah hampir matang agar tekstur dagingnya tidak remuk atau terlalu matang.

Tip sukses membuat rendang ini selengkapnya bisa Anda temukan dalam buku Rendang yang ditulis oleh Budi Sutomo. Buku terbitan KawanPustaka ini menyajikan langkah-langkah pembuatan rendang secara jelas, mulai dari alat, bahan, sampai kalkulasi harga dan analisis usahanya.

Selain itu, dapatkan juga aneka resep rendang, seperti rendang daging, rendang paru, rendang kambing basah, rendang bebek, rendang tongkol, rendang cumi, rendang udang, rendang telur basah, rendang runtiah, rendang tumbuk, hingga rendang ikan badar.
Selamat mencoba!

Video Membuat Cireng - Makanan Khas Kota Jawa Barat

Cireng atau aci digoreng ini memang lezat. Agar tidak membosankan dan tetap menggugah selera, perlu divariasikan bahan isinya. Seperti dalam video berikut, cireng diisi dengan jamur yang bergizi dan sehat. Selamat Mencoba.

Video Membuat Puding

Selain untuk lauk, tahu juga bisa diolah menjadi hidangan penutup yang lezat, seperti dibuat menjadi puding tofu. Selain lezat, puding tofu juga sehat karena kaya akan serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.