Wednesday, April 27, 2011

Andaliman - Bumbu Masakan Batak


Masakan Indonesia sangat kaya akan penggunaan bumbu dan rempah.  Seperti Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC). Salah satu bumbu khas masakan  Sumatra Utara khususnya masakan Batak. Cita rasa pedas dan aroma yang harum membuat hidangan terasa semakin lezat dan menggugah selera jika masakan ditambahkan bumbu andaliman.
Andaliman termasuk dalam anggota marga Zanthoxylum    (suku jeruk-jerukan, Rutaceae), karenanya aroma andaliman hampir menyerupai jeruk limau. Cita rasa andaliman perpaduan antara pedasnya lada, wangi jeruk dan ada rasa “umami” atau lezat seperti bumbu penyedap vetsin, kemungkinan di dalam bumbu ini mengandung senyawa glutamat alami yang memberikan rasa sedap jika di gunakan sebagai bumbu masak. Cita rasa menyerupai vetsin ini terasa sangat kuat, pedasnya juga lumayan menggigit dan menimbulkan aftertaste lezat yang lama dan rasa kelu di lidah.
Di Indonesia, andaliman biasanya digunakan oleh masyarakat batak sebagai bumbu, seperti dalam masakan ikan arsik (ikan mas bumbu kuning) atau sangsang (saksang)/gulai babi.   Begitu specialnya bumbu ini dalam kedua masakan tersebut sehingga seperti hambar jika memasak ikan arsik dan saksang daging (babi/ayam) tanpa menambahkan bumbu andaliman atau lada batak. 
Selain untuk membumbui arsik dan saksang, andaliman juga bisa ditambahkan sebagai bumbu masakan seafood bakar, bahan campuran sambal tinombur, bumbu ayam goreng atau ungkep daging. Prinsipnya bumbu andaliman bisa ditambahkan dalam masakan apa saja jika anda menginginkan cita rasa pedas.
Penggunaan andaliman bisa dihaluskan atau ditumbuk kasar, di pasaran dijual dalam keadaan kering, segar atau serbuk. Gunakan sekitar 15-40 butir untuk membumbui 1 kg daging atau 1 liter kuah masakan. Andaliman segar memiliki aroma dan rasa yang lebih tajam dibandingkan yang kering. Selain sebagai bumbu masakan daerah Batak, andaliman juga populer dan banyak digunakan sebagai bumbu di dapur Asia, seperti masakan Thailand, Cina, Jepang dan India.
Lada Szechuan  
Lada Szechuan atau yang sering disebut Sichuan pepper/ Szechuan pepper) memiliki nama latin Zanthoxylum piperitum. Lada szechuan adalah bumbu masakan Cina, khususnya dari daerah Szechuan, namun bumbu ini juga banyak digunakan di negara asia lain seperti Korea, Jepang, India, Sir Lanka, dan Thailand.
Aroma dan cita rasa lada Szechuan sangat mirip dengan andaliman, karena memang masih satu famili. Jika anda susah menemukan andaliman, lada szehuan bisa digunakan sebagai pengganti. Andaliman dan lada szehuan, meskipun bentuk dan rasanya mirip lada, namun tanaman ini bukan dari keluarga lada yang tumbuh merambat. Kedua bumbu ini merupakan tanaman keluarga jeruk-jerukan yang pohonnya tumbuh tegak dan berkayu. Teks: Budi Sutomo. Foto: Budi Sutomo & dotnet.

Tuesday, April 12, 2011

Roti Empuk ala Roti Boy

Demam Roti Boy sedang melanda, roti dengan topping “buluk” dipermukaannya ini sangat digemari karena tampilannya yang unik dan rasanya yang lezat. Membeli terus, tentu pemborosan. Jangan berkecil hati, karena Anda bisa membuat sendiri, roti lezat ala roti boy yang fresh from the oven dari dapur Anda. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

INFORMASI BUKU ROTI ALA BAKERY BISA DI KLIK DI SINI

Roti Polo

Bahan:
500  g tepung terigu protein tinggi/hard wheat/cap cakra kembar
100 g gula pasir
10 g ragi instan
4 butir  kuning telur
100 g mentega
150 ml air
2 sdm susu bubuk
1 sdm bread improver/baker bonus/unipan
1 sdt garam halus
Isi, uleni hingga tercampur rata:
50 g tepung custard
2 sdm creamer
60 g gula halus
50 g mentega
3 sdt bubuk kopi instan
1 sdm pasta moka
Topping:
150 g mentega
1 butir telur
100 g gula halus
100 g tepung terigu rendah protein/cap kunci
½ sdt garam halus
1 sdt vanila pasta
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu dengan gula pasir, ragi instan, susu bubuk, bread imrpover dan garam. Aduk rata.
2. Masukkan kuning telur, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan mentega, uleni kembali hingga adonan benar-benar kalis.
3. Bulatkan adonan, tutup dengan serbet bersih. Diamkan selama 1 jam agar adonan mengembang dua kali lipat dari besar semula.
4. Kempeskan adonan, potong menjadi 60 g. Isi dengan 1 sendok makan bahan isi, bulatkan kembali. Atur adonan yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin.
5. Topping: Campur semua bahan topping, mixer selama 4 menit.
6. Masukkan topping ke dalam piping bag/kantung plastik segi tiga. Lubangi bagian ujungnya. Semprotkan secara memutar sehingga seluruh permukaan adonan tertutupi dengan bahan topping. Diamkan kembali selama 15 menit.
7. Panggang di dalam oven bertemperatur 200 derajat celcius semala 25 menit atau hingga roti matang. Angkat. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk  20 buah.

Tip: Isi bisa diganti dengan rogout ayam, kumbu kacang hijau, selai sarikaya, cokelat atau keju

Monday, April 04, 2011

Panduan Sukses Wirausaha Rumah Makan Padang


Hampir semua orang mengenal masakan padang. Cita rasa  yang lezat, pedas, bersantan dan sarat bumbu menjadikan masakan padang disukai siapa saja yang pernah mencobanya. Masakan padang seperti rendang, balado, dan kalio juga tahan lama sehingga cocok sebagai makanan bekal piknik atau perjalanan jarak jauh.

Masakan padang memang sangat populer, tidak hanya di Indonesia, di luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Arab Saudi, masakan padang juga mudah dijumpai. Banyaknya penikmat masakan padang menjadikan bisnis masakan padang mudah tumbuh subur. Baik yang bersekala besar seperti restoran maupun yang berupa warung kecil. Di Jakarta saja, Ikatan Warung Padang Indonesia (IWAPIN) mencatat lebih dari 20.000 rumah makan padang. Kondisi ini akan terus berkembang mengingat makanan padang tidak hanya digemari oleh masyarakat Padang, namun hampir semua orang Indonesia karena kelezatannya.

Menjamurnya restoran padang tidak lepas dari kebiasaan masyarakat padang yang suka merantau dan berdagang di berbagai kota. Jika Anda jeli membaca  peluang usaha, bisnis makanan padang seperti warung, restoran maupun katering sangat menjanjikan laba yang melimpah. Mengingat peluang pasar dan konsumen masakan padang sangat besar. Apalagi usaha makanan adalah kebutuhan primer manusia sehingga tidak ada matinya.
Banyak hal yang harus diperhaikan untuk jika Anda ingin berwirausaha membuka rumah makan padang. Seperti menentukan lokasi, perizinan hingga cara mengolah makanan padang yang baik dan benar.  Berbekal buku ini Anda akan dipandu bagaimana mengelola wirausaha rumah makan padang, mulai dari pemilihan lokasi, perizinan, pengelolaan karyawan, promosi, penentuan harga jual, pengenalan bahan, hingga kiat sukses wirausaha masakan padang.

Buku dilengkapi dengan resep masakan padang terlengkap, puluhan resep yang sudah lolos dapur uji beserta foto memandu anda memilih menu padang yang akan dijadikan menu restoran. Setiap resep disertai tip kuliner dan tip anti gagal. Tidak ketinggalan, pengenalan bahan dan bumbu masakan padang membuat anda lebih siap turun dapur. Semoga buku ini bermanfaat dan menjadi inspirasi Anda untuk berwirausaha.

Isi Resep:
Ayam Panggang Padang, Ayam Pop, Balado Teri Petai, Balado Terung, Ayam Cabai Hijau, Telur Gembung, Dendeng Balado, Dendeng Batokok, Gado-Gado Padang, Selada Padang, Gulai Cumi, Gulai Rebung, Gulai Kepala Ikan, Gulai Tunjang, Ikan Cuka, Ikan Asam Padeh, Ayam Goreng Presto, Pangek Masin Ikan, Kalio Kambing, Rendang Daging, Rendang Kentang, Rendang Paru, Sayur Daun Singkong, Soto Padang, Perkedel Kentang, Sambal Lado Hijau, Kalio Ayam, Kalio Hati, Kalio Jariang, Kane-Kane, Lauk Gadang, Ikan Kembung Panggang, Sate Padang, Sayur Kapau, Balado Udang, Sambal Goreng Merah, Sambal Lado Teri Nasi, Sambal Teri Medan, Rendang Tumbuk, Gulai Tamb usu,Ketupat Ketan, Singgang Ayam, Singgang Ayam Sumpu, Ayam Goreng Sambal Uo’, Pangek Sumpu, Gulai Lado Padi, Sala Badar, Sala Lauak, Gulai Paku, Sayur Jantung Pisang, Katupe Pical, Ikan Bawal Bakar, Lemang, Nasi Lemak, Gulai Kepiting, Gulai Ayam, Gulai Banak, Gulai Telur, Balado Telur, Keripik Sanjay, Palai Bada, Palai Telur Ikan, Gulai Gajeboh, Balado Badar, Balado Tongkol, Gulai Daging Cincang, Ayam Goreng Kremes Padang, Gulai Telur Kuning, Peyek Udang.

Penulis: Budi Sutomo
Penerbit: Demedia Pustaka
Harga: Rp. 35.000
Informasi dan Pemesanan: 021-78883030 ext 143, 144, 145
E-mail: demedia57@gmail.com

Sunday, April 03, 2011

Resep Bolu Kukus Pasti Jadi

Membuat bolu kukus memang gampang-gampang susah, namun dengan takaran resep akurat dan proses pembuatan yang benar, dijamin kue ini akan mengembang dan “tertawa sumringah” alias pecah pada bagian permukaannya.  Berikut resep bolu kukus dijamin ngembang beserta step by step. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Bahan:
400 g tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru
4 butir telur (pilih ukuran sedang)
300 g gula pasir
400 ml sprite/air soda
1 sdm cokelat bubuk
1 sdt pasta cokelat/  1/2 sdt pewarna cokelat
¼ sdt pewarna cokelat/pasta cokelat
2 sdt cake emulsifier/ovalet
1 ½  sdt baking powder double acting atau 2 sdt baking powder
½ sdt garam halus
Paper cup/kertas minyak untuk alas cetakan

Cara Membuat:
1. Campur baking bowder double acting dengan tepung terigu. Aduk rata, ayak,  sisihkan.

2. Kocok telur, gula pasir dan garam menggunakan mixer hingga mengembang kaku ( kaku = jika adonan diambil dengan sendok, sendok dibalik adonan tidak jatuh). Masukkan cake emulsifier, kocok lagi hingga adonan benar-benar lembut dan kental.
3. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan air soda/sprite, secara bergantian ke dalam adonan telur sambil terus dimixer kecepatan sedang (gigi 2) hingga tercampur rata.

 

4.  Ambil tiga sendok sayur adonan, tambahkan pewarna cokelat/pasta cokelat dan cokelat bubuk, aduk rata. Sisihkan.

5. Siapkan cetakan bolu kukus yang telah dialas paper cup/kertas minyak. Tuang adonan putih ke dalam cetakan bolu kukus hingga hampir penuh. Masukkan setengah sendok makan adonan cokelat di atasnya. Lakukan hingga adonan habis.

6. Kukus dengan api besar selama 20 menit atau hingga kue matang dan merekah di bagian atasnya. Angkat, dinginkan.
7. Atur kue di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 25 Buah





Tip:
*  Alas tutup kukusan dengan serbet agar uap air tidak menete ke permuakan adonan dan menyebabkan permukaan adonan berair.

* Pastikan kukusan telah benar-benar panas ketika adonan dimasukkan ke alam kukusan. Gunakan api besar agar kue merekah bagian permukaannya.


*  Jangan membuka kukusan sebelum 10 menit adonan dikukus. Membuka kukusan akan menyebabkan adonan yangs edang mengembang mennadi kempes dan tidak pecah permukaannya.

* Untuk menambah aroma, campur 1/2 sdt vanila bubuk dalam tepung terigu.