Tuesday, December 11, 2007

10 Daftar Sayuran & Buah Dengan Cemaran Pestisida Tertinggi

Survei ini hanya hasil diskusi kecil-kecilan Budi Boga dengan Gunanto Eko Saputro, Pakar pertanian lulusan IPB, yang juga jurnalis Media Agro Obesrver dan Koran Tempo. Hasil dari obrolan adalah berdasarkan pengamatan dan pengalaman langsung kami di lapangan. Seperti survei ke lahan pertanian sayuran dan buah, pengamatan terhadap pola bercocok tanam, serta perlakuan petani terhadap produk sayuran dan buah pasca panen. Berikut hasil pengamatan kami;

10 sayuran dengan kemungkinan cemaran pestisidanya kecil;
1. Daun Katuk
2. Daun Pepaya
3. Daun Kemangi
4. Kangkung
5. Daun Labu
6. Daun Kenikir
7. Daun Melinjo/Daun so
8. Daun Singkong
9. Daun Genjer
10. Daun Bayam

10 Sayuran dengan kemungkinan cemaran pestisida tinggi
1. Brokoli
2. Kembang Kol
3. Tomat
4. Buncis
5. Kol Putih
6. Kacang Panjang
7. Kol Merah
8. Cabe
9. Kailan
10. Daun Bawang

5 Buah Dengan Kandungan Pestisida Rendah;
1. Pisang
2. Manggis
3. Salak
4. Duku
5. Rambutan

5 Daftar Buah Kemungkinan Pestisida Tinggi serta dilapisi parafin, sejenis lilin agar buah tetap segar;
1. Apel
2. Pir
3. Peach
4. Anggur
5. Stroeri

Tip Aman Mengkonsumsi Sayuran dan Buah:
1. Selalu mencuci bersih sayuran dan buah dengan air mengalir sebelum diolah/dimakan. Dengan mencuci, bakteri, cemaran kimia, pestisida serta telur cacing bisa dihilangkan.
2. Hindari buah impor dengan penampakan kulit terlalu mengkilat. Buah jenis ini kemungkinan dilapisi parafin, sejenis lilin yang dapat mempertahankan kesegaran buah. Zat ini berbahaya bagi kesehatan.
3. Simpan sayuran dan buah dalam suhu rendah agar tahan lama.
4. Bercak putih pada sayuran dan buah kemungkinan besar cairan atau semprotan pestisida yang mengering. Hindari buah dengan bercak-bercak putih.
5. Beli buah dan sayuran saat sedang musim, selain lebih murah biasanya lebih segar.
6. Sebaiknya pilih sayuran dan buah organik, selain lebih sehat buah dan sayuran ini tanpa pestisida sehingga lebih baik untuk kesehatan tubuh. Buah dan sayuran organik biasanya secara fisik lebih kecil, sayuran banyak lubang bekas dimakan ulat atau belalang.

Teks & Foto: Budi Sutomo

Monday, December 10, 2007

Resep Masakan Sayuran

Resepnya standar, namun sentuhan minyak wijen menjadikan hidangan ini terasa orientalnya. Resepnya mudah dibuat dan bahanya mudah didapat. Bisa menjadi alternatif lauk harian keluarga. Selamat mencoba.
Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo


Tumis Brokoli Saus Tiram

Bahan:
300 g brokoli, potong menurut kuntum
100 g daging sapi, pilih yang mengandung sedikit lemak, potong-potong
60 g wortel, potong balok panjang
1 sdt biji wijen
1/2 sdm minyak wijen
3 sdm minyak zaitun
40 g bawang bombay, potong korek api
3 siung bawang putih, cincang
2 sdm saus tiram
100 ml air
½ sdt lada halus
½ sdt garam halus


Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan potongan daging, aduk hingga daging berubah warna.
2. Tuang air, saus tiram, minyak wijen, lada, garam dan wijen. Masak hingga air mendidih. Masukkan wortel dan brokoli. Masak sambil diaduk-aduk hingga semua bahan matang. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan hangat.

Untuk 3 Porsi

Tip: Brokoli bisa diganti dengan kailan, aparagus atau kembang kol.

Masakan Spesial Hari Raya Idul Adha


Hari Raya Idul Adha, atau yang disebut juga hari raya Qurban tinggal menghitung hari. Ada yang kurang rasanya, jika di hari istimewa ini tidak ada hidangan spesial tersaji di meja makan. Sate kambing sambal kecap bisa menjadi pilihan jamuan makan. Jika Anda tidak menghendaki sambal kecap, sambal kacang bisa menjadi pilihan lain pelengkap sate kambing.
Resep/Foto/Dapur Uji/Foo
d Stylist: Budi Sutomo

Sate Kambing Sambal Kecap

Bahan:
400 g daging kambing, potong dadu
100 g paprika merah, potong dadu
100 g paprika hijau, potong dadu
3 sdm kecap manis
1 sdm margarin, lelehkan/2 sdm minyak goreng
Tusuk sate secukupnya
Sambal Kecap:
6 sdm kecap manis
6 butir bawang merah, potong-potong
6 butir cabe rawit, potong-potong
2 butir cabe merah, potong-potong
1 buah tomat, potong dadu
1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat:
1. Sate: Siapkan tusuk sate, tusuk daging dan paprika secara berselang-seling. Lakukan hingga habis.
2. Guling-gulingkan tusukan daging ke dalam campuran kecap manis dan margarin/minyak hingga seluruh permukaan daging terselimuti campuran bumbu.
3. Bakar sate di atas bara api hingga matang. Angkat. Atur di dalam pinggan saji. Hidangkan panas dengan sambal kecap sebagai pelengkap.
4. Sambal Kecap: Campur kecap dengan potongan bawang merah, tomat, air jeruk nipis dan cabe. Aduk rata, sajikan sebagai pelengkap sate.

Untuk 5 Porsi

Tip:
Jika Anda tidak menyukai daging kambing. Daging kambing bisa diganti dengan daging sapi atau ayam.

Sambal kecap juga bisa diganti dengan sambal kacang. Bahannya; 100 g kacang tanah goreng, 4 buah cabe rawit merah, 2 buah bawang putih, 1 sdm ar jeruk nipis, 1 sdm bawang merah goreng, air matang secukupnya, kecap manis 2 sdm. Cara membuatnya. Haluskan kacang, cabe, bawang merah dan bawang putih. Tambahkan air, air jeruk nipis dan kecap manis, aduk rata.

Wednesday, December 05, 2007

Keripik Bawang Renyah

Teksturnya renyah serta aroma bawang yang harum menjadikan keripik bawang menjadi salah satu snack favorit. Anda bisa membuatnya sendiri untuk cemilan nonton tv atau penyerta minum teh di sore hari. Bahannya murah dan mudah didapat, teknik pembuatanpun sangat mudah. Atau Anda ingin berwirausaha keripik bawang? Berikut resep yang bisa Anda coba.
Resep/Foto/Food Stylist/Dapur Uji: Budi Sutomo
Keripik Bawang
Bahan:
225 g tepung terigu protein sedang
1 butir telur, kocok lepas
60 ml air
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdm irisan daun bawang
1 sdm sledri cincang
1/4 sdt baking powder
2 sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
  1. Kocok telur hingga mengembang. Masukkan garam, daun bawang, sledri dan garam. Aduk rata.
  2. Tuang tepung terigu dan baking powder, aduk rata. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga terbentuk adonan yang kalis dan bisa dipulung/digiling.
  3. Giling adonan setebal 2 mm, potong-potong sesuai selera. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Panaskan minyak, goreng adonan yang telah dibentuk hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Simpan di dalam stoples kedap udara.
Untuk 200 g
Tip: Agar hasil keripik renyah dan matangnya merata, menggoreng keripik harus deep frying atau menggunakan minyak banyak. Tambahkan sedikit tepung terigu jika adonan terlalu lembek dan susah digiling.

BUAH BLUEBERRY - Sahabat Ginjal dan Mengontrol Hipertensi

Buah bercitarasa manis dan sedikit asam ini memiliki segudang manfaat, mulai dari anti kanker hingga mengontrol hipertensi. Sayangnya buah ini masih impor sehingga jarang dijumpai.

Blueberry (Vaccinum corymbosum) memiliki kandungan potasium. Di dalam tubuh potasium mampu mengontrol tekanan darah sehingga baik untuk penderita hipertensi. Potasium juga membantu memulihkan fungsi ginjal, tempat dimana gejala hipertensi dimulai. Zat besi yang tinggi di dalam blueberri sangat baik dikonsumsi wanita, mengingat wanita memerlukan banyak zat pembentuk darah.

Buah dengan warna biru tua memang terbukti mengandung banyak manfaat. Jus blueberry bermanfaat untuk menyembuhkan radang tenggorokan, diare kronis, encok, batu ginjal, anti kanker, eksim, diare, radang tenggorokan, meningkatkan stamina, menghalau influenza dan memperlancar saluran pencernaan.

Penelitian Dr. Nathan Sharon, ahli biokimia dari Institut Ilmiah Weizmann dan Universitas Tel Aviv. Penelitianya menunjukan bahwa buah blueberry senyawa yang dapat melemahkan bakteri Escherichia coli, bakteri penyebab keracunan dan infeksi pada saluran kencing. Buah ini kaya akan vitamin A, C, kalsium, Fosfor dan beragam mineral penting lainnya.

Menurut Dr. Ratna Indriawati dari Dosen fakultas Kedokteran UMY, berdasarkan uji klinis dan epidemiologi, potassium mempunyai peran sebagai berikut;
1. Regulasi tekanan darah. Dengan kenaikan asupan potasium maka tekanan darah menjadi lebih rendah pada populasi normal dan hipertensi4.
2. Menurunkan risiko stroke5,6,7.
3. Mencegah berkembangnya kerusakan vaskular ginjal, glomerulus, dan tubulus8.
4. Menurunkan ekskresi kalsium urin dan menurunkan pembentukan batu ginjal9,10.
5. Menurunkan demineralisasi tulang (osteoporosis) 11,12,13,14.
6. Menurunkan risiko aritmia ventrikular pada pasien dengan iskemia jantung, gagal jantung, dan hipertrofi ventrikel kanan15.

Peningkatan asupan potasium paling baik melalui buah-buahan dan sayuran segar.

Teks & Foto: Budi Sutomo

Monday, December 03, 2007

Tips Mengolah Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang baik, murah dan mudah didapat. Di tilik dari nilai gizinya, sumber protein telur juga mudah diserap tubuh, baik untuk konsumsi anak-anak hingga lansia. Setiap 100 g telur mengandung 12-13 g protein. Selain protein, beragam vitamin, lemak dan mineral esensial juga terkandung di dalam telur. Berikut tip cara memilih, menyimpan dan mengolah telur.

Memilih Telur:

1. Karena sifatnya yang tidak tahan lama, beli telur seperlunya. Ini baik untuk menghindari telur kedaluars

2. Ciri-ciri telur yang baik adalah, kondisi cangkang tidak retak, bersih dari kotoran yang menempel serta kontaminasi mikroba

3. Telur yang baik akan terlihat jernih, kuning telur berada di tengah ketika di teropong. Ciri lain telur yang baik adalah, tidak terapung ketika di rendam di dalam air.

4. Jika memungkinkan, beli telur di toko yang berpendingin, mengingat telur lebih mudah rusak di suhu ruang.

Menyimpan Telur:

  1. Menyimpan telur sebaiknya di dalam kulkas. Daya simpan telur di suhu ruang adalah 8 hari sedangkan di dalam kulkas bisa bertahan hingga 3 minggu. Setelah ini, kualitas telur akan menurun.
  2. Walaupun isi telur tersimpan di dalam cangkang, pori-pori kulit telur tetap bisa menyerap aroma dari luar. Karenanya, simpan telur tidak berdekatan dengan bahan pangan berbau tajam, seperti ikan, durian dan terasi.
  3. Simpan telur di dalam rak dan balik setiap 2 hari sekali. Ini untuk menjaga kualitas telur tetap baik dan kuning telur tetap di tengah.

Mengolah Telur

  1. Sebelum diolah, keluarkan telur dari kulkas dan diamkan 30 menit. Jangan langsung merebus telur langsung dari kulkas karena telur biasanya akan retak.
  2. Jika Anda ingin membuat adonan kue, jangan memecahkan telur langsung ke dalam adonan. Ini untuk menghindari ternyata telur sudah busuk.
  3. Untuk poached egg (telur rebus tanpa kulit), gunakan telur baru karena kuning telur akan berada di tengah dan putih telurnya tidak menyebar ketika di rebus.
  4. Tambahkan dua sendok makan susu tawar cair pada setiap dua butir telur untuk omelette atau orak-arik. Penambahan susu akan menjadikan omelette lebih lembab dan gurih.
  5. Jika Anda menghendaki telur setengah matang, rebus telur 5-6 menit dihitung dari pertama telur dimasukan di dalam air mendidih.
  6. Telur matang lembut, yaitu bagian putih sudah mengeras dan bagian kuning berwarna kuning dan masih lembut. Diperlukan waktu memasak 8- menit dihitung dari waktu pertama telur dimasukan ke dalam air mendidih.
  7. Telur matang keras, bagian putih dan kuningnya sudah mengeras. Diperlukan waktu merebus 10-12 menit dihitung dari mulainya telur dimasukan ke dalam air mendidih.
  8. Satu butir telur rata-rata memiliki berat antara 50-60 gr. Teks & Koleksi Foto: Budi Sutomo

Hidangan Natal Istimewa

Natal sebentar lagi, untuk memeriahkan suasana jamuan natal, hadirkan rainbow pudding di meja makan.Suasana jamuan dijamin lebih meriah dan berkesan. Selamat Hari Natal bagi Anda yang merayakannya.

Rainbow Pudding ala Budi

Bahan A:

1 pks (6-7 g) bubuk agar putih/hijau

¼ sdt pasta pandan

100 g gula pasir

400 ml air

150 ml susu tawar cair

1 sdm susu kental manis

1/5 sdt garam halus

Bahan B:

1 pks (6-7 g) bubuk agar putih/kuning

¼ sdt pasta jeruk/orange

100 g gula pasir

400 ml air

1 sdm susu kental manis

150 ml susu tawar cair

1/5 sdt garam halus

Bahan C:

1 pks (6-7 g) bubuk agar putih/merah

¼ sdt pasta stroberi

100 g gula pasir

400 ml air

1 sdm susu kental manis

150 ml susu tawar cair

1/5 sdt garam halus

Cara Membuat:

1. Bahan A: Larutkan bubuk agar dengan gula pasir, garam dan air. Aduk rata. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih.

2. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan dengan susu tawar cair, susu kental manis dan pasta pandan. Didihkan kembali. Angkat.

3. Siapkan loyang cake berdinding tinggi dan lebar. Tuang adonan puding, dinginkan.

4. bahan B: Larutkan bubuk agar dengan gula pasir, garam dan air. Aduk rata. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih.

5. Tambahkan susu tawar cair, susu kental manis dan pasta jeruk/orange. Didihkan kembali. Angkat.

6. Tuang adonan agar B ke atas adonan puding A. Dinginkan hingga agak mengeras.

7. Adonan C: larutkan bubuk agar dengan gula pasir dan garam. Aduk rata. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Masukkan susu tawar cair, susu kental manis dan pasta stroberi. Didihkan kembali. Angkat.

8. Tuang adonan agar C ke atas adonan puding B. Dinginkan hingga mengeras.

9. Keluarkan puding dari loyang, potong-potong dengan cetakan bintang bersusun atau potong sesuai selera. Atur di dalam piring saji.hidangkan segera.

Untuk 30 porsi

Tip: pasta pandan, stroberi dan orange bisa diganti dengan pewarna kuning, merah dan hijau. Agar lebih terkesan natal, busa hiasan puding berupa salju, caranya bisa dibuat dari 2 putih telur yang dikocok hingga kaku. Kocokan putih telur ini kemudian diaduk dengan rebusan agar-agar hangat, aduk rata. Busa natal siap disemprotkan sebagai hiasan.

Tumisan merupakan jenis lauk yang praktis karena cepat membuatnya. Tumis tahu putren saus tiram ini bisa menjadi pilihan menu harian. Lembutnya tahu sangat pas dengan gurihnya saus tiram. Tumisan ini juga sehat karena banyak menggunakan sayuran.

Setelah susu masuk, rebus terus sambil diaduk-aduk, segera angkat setelah susu mendidih agar adonan agar tidak pecah (susu menggumpal).

Resep/Dapur Uji: Budi Sutomo