Wednesday, November 30, 2011

Kue Lumpur Kentang

Kue lumpur memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, gurih dan lezat. Meskipun banyak bakery bermunculan, namun kue tradisional ini tetap tak lekang di makan jaman. Sederet nostalgia terkadang menjadikan kita rindu akan kue jajan pasar. Seperti kue lumpur kentang ini. Resep/Foto/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo.

Kue Lumpur Kentang

Bahan:
250 gr kentang, kukus, haluskan
200 gr tepung terigu
200 gr gula pasir
6 butir kuning telur
2 butir putih telur
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
60 gr margarin, lelehkan
½ sdt garam halus
¼ sdt garam halus
60 gr kismis untuk taburan
60 g serutan kelapa muda
Cara Membuat:
1.Kocok telur, gula pasir dan garam selama 20 menit atau hingga mengembang. Masukkan tepung terigu dan kentang sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula plastik hingga tercampur rata.
2.Tambahkan santan, vanili dan mentega cair, aduk rata. Saring. Sisihkan.
3.Panaskan cetakan kue lumpur, olesi dengan sedikit minyak. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga ¾ dari tinggi cetakan, tutup dan masak dengan api sedang hingga kue setengah matang.
4.Tambahkan beberapa potong kismis dans erutan kelapa muda di atasnya. Masak kembali hingga kue benar-benar matang. Angkat, atur di dalam piring saji. Hidangkan hangat.
Untuk ± 30 buah

Tip: Untuk variasi isi, kismis bisa diganti dengan potongan cokelat, keju, nangka atau kacang-kacangan sesuai selera.

Brownies Tape Singkong

Tape singkong memiliki rasa yang manis dan tekstur yang legit. Jika Anda mau sedikit berkreasi, tape singkong bisa diolah menjadi brownies tape yang lezat dan menggugah selera. Cara membuatnya sangat mudah dan bahan-bahannya mudah didapat. Simak cara membuatnya dalam video berikut. Budi Sutomo.

Cup Cake Istimewa

Cup cake sekarang hadir dengan beragam bahan dan isi. Selain tepung terigu sebagai bahan utama, komposisi adonan cup cake bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain. Seperti dalam video ini, cup cake dicampur dengan umbi bit sehingga warnanya lebih menarik, lebih bergizi dan memiliki citarasa yang lain dari biasanya. Selamat Mencoba. Budi Sutomo.

Video Membuat Talam Talas Bogor

Talas bogor harganya sangat murah. Untuk meningkatkan nilai ekonomi dari talas, umbi ini bisa diolah menjadi beragam kue, seperti dibuat tepung talas, caranya talas diiris tipis-tipis, dikeringkan lalu digiling halus. Tepung talas bisa diolah menjadi cake, brownies, kue lumpur talas atau campuran bahan kue kering. Talas segar juga bisa diolah menjadi bahan kue talam. Bagaimana cara membuat talam talas bogor, simak bahan dan proses cara pembuatannya di dalam video ini. Budi Sutomo.

Thursday, November 03, 2011

Jus dan Ramuan Herbal untuk Penyakit Hipertensi

Selain dengan pengobatan medis, jus buah dan ramuan herbal dapat mencegah dan membantu penyembuhan penyakit hipertensi. Mineral kalium yang banyak di dalam sayuran dan buah bersifat diuretik sehingga kelebihan garam dapat dikeluarkan dari tubuh. Begitu juga dengan serat dan air yang tinggi, mampu mengikat kelebihan garam dalam tubuh. Berikut dua resep jus dan ramuan herbal untuk penderita hipertensi. Resep/Dapur Uji/foto: Budi Sutomo.

Informasi Lengkap Tentang Penyakit dan Menu Hipertensi Klik di SINI


Jus Buah Tropis (Jus)

Bahan:
200 g semangka, potong-potong
50 g umbi bit, potong-potong
2 sdm air jeruk lemon/nipis
2 sdm madu
100 g serutan es batu
100 ml air dingin
Cara Membuat:
1. Masukkan potongan semangka, bit, air jeruk lemon, madu, air es dan es batu ke dalam tabung blender. Haluskan hingga lembut. Angkat.
2. Tuang ke dalam gelas saji. hidangkan segera.
Untuk 2 Porsi

Green Tea Aroma Lemon (Ramuan Herbal)

Bahan:
500 ml air putih
30 g bubuk green tea kering
4 sdm air jeruk lemon/nipis
2 batang serai, memarkan
2 sdt gula pasir
2 sdm madu

Cara Membuat:
1. Didihkan air, batang serai dan gula pasir, masak hingga mendidih. Angkat.
2. Selagi panas, masukkan bubuk green tea, madu dan air jeruk lemon/nipis. Aduk dan diamkan hingga teh larut. Saring. Tuang ke dalam cangkir atau gelas saji. Hidangkan hangat.
Untuk 3 Porsi

Wednesday, November 02, 2011

Sukses Membuat Martabak Manis


Kue martabak manis atau kue terang bulang seringkali bantat dan tidak bersarang. Kue martabak juga seringkali keras ketika sudah dingin. Intip kiat suksesnya agar Anda sukses membuat kue martabak manis. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo. 

Informasi Lengkap Tentang Buku Sukses Wirausaha Kue Jajan Pasar Bisa, Klik  DISINI

Bahan Kulit:
1 kg g tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru
1200 ml air
250 g gula pasir
6 butir kuning telur, kocok lepas
1 sdm margarin, lelehkan
2 butir telur ayam, kocok lepas
125 g gula pasir
½ sd ragi instan
1/2 sdt baking powder
½ sdt vanili bubuk/vanilla pasta
½ sdt garam halus

Bahan Isi:
100 g kacang tanah panggang, cincang kasar
100 g keju cheddar, parut
60 ml susu kental manis putih

Cara Membuat:
1. Kulit: Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, garam, telur, margarin dan vanili. Aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
2. Uleni, koptok dan remas-remas adonan dengan tangan hingga adonan terasa rngan selama 10 menit. Diamkan selama 1 jam. Tambahkan baking powder, aduk rata.
3. Panaskan wajan martabak manis atau wajan datar anti lengket beralas tebal yang telah diolesi dengan sedikit margarin. Tuang adonan, ratakan. Masak hingga terbentuk kelembung-gelembung. Tutup dan masak hingga matang. Angkat.
4. Olesi permukaan martabak manis dan bagian bawah kue dengan margarin. Taburi dengan keju cheddar parut, kacang tanah cincang dan susu kental manis. Lipat menjadi dua sehingga berbentuk setengah lingkaran. Dinginkan.
5. Potong-potong kue, atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk ± 4 loyang 

TIP MEMBUAT MARTABAK MANIS ANTI GAGAL

Kue terang bulan atau martabak manis yang baik ditandai dengan serat yang halus, beraroma harum dan warna kuning kecoklatan. Untuk menghasilkan kue terang bulan yang baik harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Kue terang bulan tidak berserat. Penyebabnya, kualitas ragi yang digunakan kurang bagus, fermentasi kurang lama atau wajan yang digunakan kurang panas.
2. Kue berkerak tebal dan gocong pada bagian bawah. Penyebabnya, api terlalu besar dan cetakan kue yang terlalu tipis, gunakan cetakan berbahan besi tempa yang tebal.
3. Kue basah bagian tengah dan mentah. Penyebabnya, api terlalu besar dan saat memanggang tidak di tutup.
4. Kue terasa serat ketika ditelan. Penyebabnya, kurang margarin atau kebanyakan tepung.
5. Kue keras setelah dingin. Penyebabnya, terlalu banyak terigu, kurang cairan, fermentasi kurang lama atau saat kue matang tidak diolesi dengan margarin saat masih panas.

Rahasia Sukses Membuat Kue Kembang Goyang

Banyak penyebab kegagalan membuat kue kembang goyang, seperti kue kurang renyah, kue lengket di cetakan dan kue cepat menjadi gosong. Simak tip rahasia suskesnya agar Anda suskes membuat kue yang sering juga disebut dengan nama kue kembang seroja. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.
Infrmasi Lengkap Buku Kue Kering Klik DISINI

Kembang Goyang

Bahan:
250 g tepung beras
350 ml santan
2 butir telur
4 sdm gula pasir
½ sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
1. Campur tepung beras, gula pasir dan garam. aduk rata.
2. Tuang telur santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga tercmpur rata. Saring.
3. Panaskan cetakan kembang goyang. Celupkan ke dalam adonan. Goreng sambil sesekali cetakan digoyang-goyang agar kue terlepas dari cetakan hingga matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
4. Simpan kue di dalam stoples kedap udara.
Untuk 350 g

Kiat Sukses:
1. Kembang goyang lengket dicetakan. Penyebabnya, karena adonan terlalu cair/kurang tepung, cetakan belum cukup panas ketika dicelupkan ke adonan atau minyak untuk menggoreng kurang panas.
2. Kue kurang renyah. Penyebabnya, tepung yang digunakan tepung lama.
3. Kue gosong. Penyebabnya, terlalu banyak penggunaan gula atau api terlalu besar.
4. Warna kue pucat. Penyebabnya, kurang penggunaan gula atau waktu menggoreng yang kurang lama.
5. Kue terlalu berminyak. Penyebabnya, minyak penggorengan kurang panas dan saat meniriskan kue ditumpuk.
6. Pastikan cetakan dalam keadaan panas ketika dicelupkan ke alam adonan. Cetakan dingin menyebabkan adona tidak menempel di cetakan.
7. Agar kue matang dan kering merata, goreng kembang goyang di dalam minyak yang banyak.

Pastel Kering Mini

Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Cocok sebagai camilan penyerta minum teh di sore hari. Isi bisa Anda ganti dengan abon ayam, sapi atau ebi. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Pastel Kering Isi Ebi

Bahan:
500 g tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru
200 g margarin
4 butir telur ayam
5 sdm air
½ sdt soda kue
½ sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng
Isi:
150 g abon ebi
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, garam dan soda kue, aduk rata. Tambahkan air dan margarin, aduk hingga tepung berbutir-butir.
2. Masukan telur satu persatu sambil diuleni dengan tangan hingga terbentuk adonan yang kalis.
3. Giling adonan hingga ketebalan 1 mm. Cetak dengan cetakan bundar kecil.
4. Letakan ½ sdt abon ebi di tengah adonan. Lipat sehingga terbentuk setengah lingkaran. Satukan tepinya dengan cara diwiru atau ditekan-tekan menggunakan garpu. Lakukan hingga adonan habis
5. Panaskan minyak, goreng pastel hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Tiriskan hingga dingin.
6. Kemas pastel kering dalam plastik vakum atau stoples kedap udara.
Untuk ± 800 g

Tip: Tambahkan air jika adonan masih terlalu kering dan susah digiling. Jangan menguleni adonan terlalu lama karena lemak akan mencair dan kulit menjadi kurang renyah. Isi bisa diganti dengan abon ayam atau sapi.

Resep Kue Mangkuk

Jajan pasar yang satu ini memang susah dibuat namun dengan sedikit ketelatenan dan berbekal resep yang benar, kue ini bisa mekar dan berhasil dengan baik. Ikuti petunjuk resep dan proses pembuatannya, saya percaya andapun bisa membuat kue mangkuk.Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Biang:
100 g tepung terigu
150 ml air
8 g ragi instan
Bahan:
375 g tepung beras
200 g tapai nasi/singkong, haluskan
300 ml air
400 ml santan encer
200 g gula pasir
100 g gula palem
¼ sdt vanili
¼ sdt pewarna merah
1 sdt fruit salt (garam buah)
¼ sdt garam halus
½ sdt baking powder double acting
Cara Membuat:
1. Campur dan aduk rata semua bahan biang, aduk rata. Diamkan selama 40 menit atau hingga adonan berbuih.
2. Campur tepung beras dengan dengan gula pasir, tape, vanili, garam, dan gula psair aduk rata. Tuang santan, pewarna, baking powder dan garam buah, campur rata.
3. Tuang adonan biang. Ke dalam adonan tepung beras. Aduk rata.
4. Panaskan cetakan kue mangkuk. Tuang adonan ke dalam cetakan. Kukus menggunakan api besar selama 30 menit atau hingga kue matang dan mekar. Angkat. Dinginkan.
5. Keluarkan kue dari cetakkan. Atur di atas piring saji. Hidangkan.

Untuk 25 Buah

Tip:
1. Fruit Salt (garam buah) atau sering disebut dengan Eno berfungsi untuk membantu pengembangan kue mangkuk agar dapat mengembang dengan sempurna. Bahan ini bisa diperoleh di toko yang khusus menjual bahan kue.
Jangan mengolesi minyak di dalam cetakan dan jangan membuka kukusan sebelum kue mengembang agar kue dapat merekah.
2. Kue mangkuk tidak mekar. Penyebabnya, fermentasi kurang lama, tepung beras yang digunakan tepung lama, terlalu banyak cairan dan kukusan kurang panas. Pilih cetakan dari proslen untuk kue mangkuk, cetakan plastik kurang panas sehingga kue terkadang tidak mengembang. Selalu memanaskan cetakan kue mangkuk sebelum adonan dimasukkan.
3. Kue mangkuk keras. Penyebabnya, terlalu banyak penggunaan tepung dan kurang cairan.
4.Kue asam. Penyebabnya, terlalu lama pros fermentasi atau terlalu banyak penggunaan ragi.
5. Kue tidak bersarang atau tidak berserat. Penyebabnya, fermentasi kurang lama, atau ragi yang digunakan kualitasnya tidak bagus.

Tuesday, November 01, 2011

Mengenal Bahan Pembuat Kue

RAGI INSTAN

Ragi instan/yeast/biang donat adalah beragam nama dengan isi yang sama. Di dalam ragi (yeast) berisi mikroorganisme ber sel satu yang hidup dari keluarga fungus atau khamir, spesies Saccharomyces cerevisiae. Di dalam adonan roti, ragi berfungsi mefermentasi adonan sehingga adonan dapat mengembang dan terbentuk serat/pori-pori roti. Di dalam proses fermentasi, ragi merubah gula dan karbohidrat di dalam adonan menjadi gas karbondioksida (CO2) dan alkohol. Terbentuknya zat inilah yang menjadikan adonan mengembang dan beraroma harum khas roti ketika dipanggang.

Di pasaran banyak dijual aneka jenis ragi. Seperti ragi basah (compressed yeast) atau ragi kering instan (instant dry yeast). Ragi basah kurang populer karena tidak praktis dalam penggunaanya, seperti harus menggunakan adonan biang, disimpan dalam suhu dingin dan tidak tahan lama. Ragi instan lebih banyak digunakan karena praktis dan dapat dicampur langsung ke dalam adonan. Penambahan ragi biasanya menggunakan perbandingan 20-25 g ragi per 1 kilo gram tepung terigu. Ragi harus disimpan di dalam tempat yang dingin (kulkas), setelah dibuka sebaiknya segera digunakan. Ragi hanya tahan beberapa minggu di dalam suhu ruang (setelah dibuka) dan beberapa bulan di dalam suhu dingin. Setelah itu ragi tidak dapat bekerja dengan baik dan akan menghasilkan kualitas adonan roti yang rendah.Di pasaran dijual dengan merek dagang fermipan, saft-instant, dan mauripan.