Wednesday, April 25, 2007

BUAH JERUK, CEGAH STROKE DAN KANKER



1001

Manfaat
Jeruk


Puluhan varietas jeruk ada di muka bumi. dari yang bercitarasa asam hingga manis. Walaupun berbeda warna, bentuk dan rasa, jeruk memiliki eksamaan, yaitu kaya akan antioksidan, tinggi mineral dan vitamin C.

TEKS & FOTO: BUDI SUTOMO



Jeruk Bali ( Citrus maxima)

Bentuknya besar dengan daging buah berwarna putih ataug merah muda. Jeruk ini memiliki cita rasa manis, asam dan segar karena banyak mengandung air. Jeruk bali mengandung vitamin B, provitamin A, vitamin B1, B2 dan asam folat. Setiap 100 g jeruk bali mengandung 53 kkal energi, protein 0,6 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 12.2 g, retinol 125 mcg, kalsium 23 mg dan 27 mg fosfor. Kandungan lain seperti flavonoid, pektin dan lycopene menjadikan buah ini semakin kaya akan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Beragam manfaat bisa diperoleh jika mengkonsumsi jus jeruk bali. Senyawa terkandung di dalam jeruk bali mampu mencegah kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mencegah konstipasi, menurunkan kolesterol dan mencegah anemia.

Jeruk Manis/orange (Citrus Aurantium)

Jenis manis mengandung betakaroten dan bioflavanoid yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Pektinnya juga banyak terapat dalam buah dan kulit jeruk, manfaatnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mingkatkan kolesterol baik (HDL). Jeruk juga berlimpah kandungan flavanoidnya, seperti flavanpis yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal menangkap radikal bebas penyebab kanker. Flavanoid juga menghalangi reaksi oksidasi LDL yang menyebabkan darah mengental dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah. Jeruk juga kaya akan kandungan gula buah yang dapat memulihkan energi secara cepat. Jeruk juga kaya akan serat (dietary fiber) yang dapat mengikat zat karsinogen di dalam saluran pencernaan. Manfaatnya sembelit, wasir dan kanker kolon bisa dihindari.

Di dalam 100 g jeruk manis mengandung energi 51 kkal, protein 0,9 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 11.4 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0.4 mg, retinol 57 mcg dan asam askorbat 49 mg. Jejruk juga kaya akan serat yang dapat memperlancar proses pencernaan.


Jeruk Lemon (Citrus medica Linn)

Di samping kandungan vitamin C yang melimpah, jeruk lemon juga kaya dengan vitamin B, E, natrium, dan beberapa mineral mikro yang dibutuhkan tubuh untuk sisitem imunitas (kekebalan) serta mencegah virus penyebab influenza. Lemon juga sarat


dengan kandungan bioflavanoid yang berperan sebagai antioksidan pencegah kanker. Flavanoid jeruk lemon berfungsi menghalangi oksidasi LDL sehingga aterosklerosis penyebab jantung dan stroke bisa dihindari. Jeruk lemon juga berlimpah kandungan serat berupa pektin yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Jeruk Nipis (Citrus auranfolia)

Banyak unsur senyawa kimia yang bemanfaat dalam jeruk nipis, seperti linalina setat, limonen, geranil asetat, sitral dan fellandren. Di dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung: vitamin C 27 mg kalsium 40 mg, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12,4 g, vitamin B 1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 g, kalori 37 kkal, protein 0,8 g dan air 86 g. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat.

Dengan kandungan yang melimpah itu, tak heran jika jeruk nipis ampuh menghadang amandel, malaria, ambien, sesak nafas, influenza, batuk; sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid; disentri, perut mulas, lelah, bau badan, keriput wajah. Tak kalah pentingnya, jeruk nipis mampu menghambat pembentukan kristal oksalat yang merupakan penyebab penyakit batu ginjal.



Jus Untuk Terapi Penyembuhan Penyakit

109 JUS
UNTUK TERAPI




JUDUL:
109 Jus Untuk Terapi

PENULIS:
Budi Sutomo, S.Pd
Dr. Gatot Ibrahim

PEMESANAN:
Unit Layanan Jual
Gedung Gramedia Majalah unit 1 lantai 2
Jl. Panjang no 8A. Kebon jeruk. Jakarta. 11530
Telpn. 021-5306263-faks; 021-5306144
e-mail: ulj@gramedia-majalah.com

HARGA:
Rp. 50.000

JUMLAH HALAMAN:
112 Halaman

PENERBIT:
Primamedia Pustaka (Gramedia Group)

TAHUN TERBIT:
April 2007

PENJUALAN:
Semua toko buku besar dan jaringan gramedia

RESENSI:

Gaya hidup back to nature sedang menjadi tren di masyarakat yang sadar pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Seperti dalam ungkapan bijak “You are what you eat,” atau kesehatan tercermin dari apa yang Anda makan. Jika pola makan buruk, beragam penyakitpun akan bermunculan, sedangkan pola makan yang baik akan menjadikan tubuh bugar dan sehat. Ada hubungan sejajar antara pola perilaku makan dan kesehatan.

Tuntutan jaman yang serba cepat, kesibukan bekerja menjadikan sebagian masarakat kita lebih memnyukai pola makan serba instan. Seringnya mengkonsumsi makanan instan ini berdampak negatif terhadap kesehatan. Ini di sebabkan karena makanan instan kebanyakan mengandung pengawet, pewarna, pemberi rasa, tinggi lemak, tinggi protein, banyak gula, garam namun rendah serat. Pola makan ini menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif seperti tekenen darah tinggi, diabetes mellitus, jantung koroner, stroke, obesitas hingga kanker. Agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut, hendaklah kita menghindari pola makan tidak sehat. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran sebagai sumber vitamin, mineral esensial, serta nutrisi mikro yang penting bagi kesehatan tubuh. Buah dan sayuran juga mampu mendetoksifikasi tubuh dari beragam zat karsinogen penyebab kanker.

Buah dan sayur juga mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan ini mampu mengubah sel-sel tubuh menjadi pengaman untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Sejatinya, radikal bebas yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan sel-sel. Disinilah antioksidan dalam buah dan sayuran mengambil peranan, seperti mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.




Masalahnya, sebagian besar makanan sumber antioksidan sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah, agar tetap efektif manfaatnya. Mengonsumsi makanan mentah/segar dalam bentuk jus bisa menjadi solusi. Jus menjadikan buah dan sayuran lebih mudah dicerna dan meningkatkan citarasa sehingga lebih mudah diterima.

Pendekatan food based dengan cara terapi jus adalah cara terbaik untuk memperoleh berbagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Vitamin, mineral, fitonutrien dan enzim dalam jus, dibutuhkan untuk merawat organ-organ tubuh, jaringan yang melemah, memperbaiki sistem kekebalan, meingkatkan daya tahan serta menjaga seluruh fungsi vital tubuh.

Disamping itu, jus juga merupakan metode cepat untuk memperoleh makanan yang mudah dicerna dan diasimilasi secara mudah dan cepat. Makanan tersebut akan masuk ke dalam sistem darah dan kelenjar tubuh, memberi makanan sel serta mempertahankan dan menjaga kesehatan hanya beberpa saat setelah jus diminum.

Contoh konkretnya bisa dilihat pada jus buah dan jus sayuran. Jus buah memasok lebih banyak vitamin sementara jus sayuran cenderung memasok lebih banyak mineral. Meskipun secara umum masing-masing mengandung keduanya. Vitamin dan mineral, merupakan elemen penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan. Dengan pasokan kontinyu dari jus buah dan sayuran, dipastikan kesehatan dan kebugaran tubuh akan tetap terjaga. Sehingga secara umum, jus dapat membantu memperbaiki kualitas kesehatan kita.



Di dalam buku ini mengulas secara mendalam tentang;


1. Cara kerja terapi jus
2. Kandungan gizi buah dan sayuran
3. Khasiat buah dan sayuran untuk kesehatan
4. Herbal sebagai pelengkap terapi jus
5. Proses pembuatan jus
6. Tip jus yang enak dan menyehatkan
7. Jus untuk mengendalikan diabetes
8. Jus untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi
9. Jus untuk mengontrol hipertensi
10. Jus untuk mengatasi ganguan pra menstruasi
11. Jus untuk mengatasi keputihan
12. Jus untuk membantu mengatasi asma dan alergi
13. Jus untuk meredakan asam urat
14. Jus untuk mengatasi sembelit dan wasir
15. Jus mencegah kanker
16. Jus untuk mencegah osteoporosis
17. Jus untuk peremajaan kulit dan awet muda
18. Jus untuk mengatasi anemia
19. Jus untuk mengatasi migren dan sakit kepala
20. Jus untuk mengobati diare
21. Jus untuk mencegah stroke
22. Jus untuk demam berdarah dan flu burung
23. Jus untuk meningkatkan stamina dan gairah seksual
24. Jus untuk kesehatan mata
25. Jus untuk mencegah penyakit jantung
26. Jus untuk mencegah obesitas

Ikan Cegah Penyakit Jantung Koroner




Ikan
Cegah Penyakit Jantung Koroner


Teks: Budi Sutomo

Sebagai sumber protein hewani, ikan memang sempurna. Dengan harga yang relativ murah, ikan kaya akan protein, vitamin, mineral esensial, rendah kolesterol dan kadungan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak anak.

Banyak manfaat dari mengkonsumsi ikan, hingga hari pangan se dunia yang ke 16, pemerintah mengangkat tema Melalui Konsumsi Ikan Kita Tingkatkan Status Gizi Masyarakat. Sayangnya konsumsi ikan di kalangan masarakat kita belum membudaya. Konsumsi ikan masarakat Indonesia per kapita per tahunnya masih tergolong rendah yaitu sekitar 19.14 kg. Hanya daerah Maluku dan Sulawesi Utara yang konsumsinya di atas 50 kg/kp/tahun. Sangat disayangkan, mengingat Indonesia sebagai negara maritim yang kaya akan hasil perikanan.

Proteinnya Mudah Dicerna
Ikan digolongkan menjadi ikan air tawar, ikan air laut dan ikan migrasi. Dilihat dari komposisi zat gizinya, ketiga jenis ikan ini sama kayanya akan nutrisi. Umumnya ikan kaya akan protein, lemak, kalsium, fosfor, besi dan retinol. Nutiri esensial ini sangat penting bagi tubuh, terutama anak dan remaja di masa pertumbuhan.

Nilai cerna protein ikan sangat tinggi yaitu lebih dari 90%. Kondisi ini menjadikan ikan sangat mudah dicerna dan baik untuk lansia, anak-anak dan bayi. Mengingat kelompok balita dan lansia adalah usai rentan. Balita memiliki sistem pencernaan yang belum sesempurna orang dewasa. Sedangkan manula organ pencernaan yang fungsinya mulai menurun. Dua kelompok ini sangat disarankan mengkonsumsi ikan untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh.
Keunggulan lain dari ikan adalah rendahnya kandungan kolesterolnya. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi kesehatan, mengingat lemak jenuh merupakan salah satu pemicu tersumbatnya pembuluh darah penyebab penyakit jantung koroner. Dengan rajin mengkonsumsi ikan merupakan salah satu cara diet tepat sebagai penangkal penyakit jantung koroner. Seperti bangsa Eskimo yang makan ikan 300-400 g/hari ditemukan masarakatnya rendah kasus penyakit jantung.

Vitamin dan mineral juga banyak terdapat di dalam daging ikan. Golongan vitamin yang banyak terkandung di dalam ikan adalah golongan vitamin yang larut di dalam lemak, seperti vitamin A dan D. Sedangkan mineral yang dominan adalah fosfor, besi, kalsium, selenium dan iodium. Vitamin dan mineral ini bermanfaat baik bagi tubuh, seperti menjaga dan memelihara kesehatan serta mencegah penyakit akibat kekurangan zat gizi mikro. Berikut tabel komposisi zat gizi dari beberapa jenis ikan air tawar dan laut.


Ikan protein lemak kalsium fosfo besi
Kakap 20.0 g 0.7 g 20 mg 200 mg 1.0 mg
Peda 28.0 g 4.0 g 174 mg 316 mg 3 .1 mg
Teri kering 33.3 g 2.9 g 1209 mg 1225 mg 3.0 mg
Bandeng 20.0 g 4.8 g 20 mg 150 mg 2.0 mg
Ikan mas 16.0 g 2.0 g 20 mg 150 mg 2.0 mg
Lele 18.2 g 2.2 g 34 mg 116 mg 0.2 mg
Kembung 22.0 g 1.0 g 20 mg 200 mg 1.0 mg
Sumber: Oey Kam Nio. Daftar Analisis Bahan Makanan.1995



Asam Lemak Omega-3
Asam lemak omega-3 adalah asam lemak yang memiliki posisi ikatan rangkap pertama pada atom karbon nomor tiga dari gugus metil. Minyak ikan biasanya memiliki komposisi asam lemak dengan rantai karbon panjang dan ikatan rangkap yang banyak (polyunsaturated fatty acids). Konfigurasinya omega-3 pada ikan lebih banyak dibandingkan lemak tumbuhan atau hewan darat. Kandungan asam lemak omega-3 yang dominan di dalam ikan adalah asam linolenat, asam eikosapentanoat dan asam dokosaheksanoat.

Kandungan asam lemak omega-3 ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lemak ini terbukti bermanfaat untuk mencegah terjadinya penggumpalan keping-keping darah sehingga mengurangi risiko terkena arteriosklerosis dan mencegah jantung koroner. Asam lemak ini juga bersifat hipokolesterolemik yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta berperan dalam pertumbuhan otak pada janin serta pendewasaan sistem saraf.

Ciri-Ciri Ikan Segar
Jika tidak diperlakukan dengan benar, ikan mudah mengalami kerusakan. Ini karena kandungan air yang tinggi pada ikan dan secara alami ikan. Ikan juga mengandung enzim pengurai protein menjadi isobutilamin, kadaverin dan putresin yang menyebabkan aroma kurang sedap.Untuk mempertahankan kesegaran ikan sebaiknya disimpan di tempat bersuhu rendah. Di dalam kulkas, ikan dapat bertahan segar selama beberapa hari. Sedangkan jika disimpan di dalam freezer, ikan dapat bebrtahan hingga berbulan-bulan. Adapun ciri-ciri ikan segar adalah;
1. Mata ikan jernih, kornea bening, pupil hitam dan mata cembung. Sedangkan ikan tidak segar mata cekung, buram serta mata kelabu tertutup lendir.
2. Insang ikan segar merah segar, jika sudah menurun kualitasnya insang menjadi keabuan, berlendir dan bau.
3. Lendir ikan segar bening dan baunya khas ikan. Jika sudah membusuk, lendir menjadi kekuningan, lengket dan aroma menyengat.
4. Sisik ikan segar melekat kuat, mengkilap dan tertutup lendir jernih. Jika sudah tidak segar, sisik berubah menjadi mudah lepas dan warna memudar.
5. Aroma ikan segar berbau khas ikan. Jika sudah tidak segar berbau busuk dan biasanya mengapung jika diletakan di dalam air.
6. Daging ikan segar elastis dan bewarna cerah, jika ditekan tidak menimbulkan bekas permanen. Ikan busuk berwarna pucat, lunak dan menimbulkan jejak permanen jika ditekan.

Mengolah Ikan Yang Benar

Asam lemak omega-3 mudah sekali mengalami kerusakan akibat pemanasan seperti penggorengan akibat proses oksidasi. Metode menggoreng juga bisa menyebabkan terserapnya minyak goreng di dalam daging ikan dan lemak ikan justru terbuang keluar selama proses penggorengan. Prof Made menyarankan untuk mengolah ikan sebaiknya dengan metode pepes, kukus, dipanggang atau di tim. Metode memasak ini tidak menyebabkan lemak ikan terbuang percuma. Konsumsi ikan segar juga lebih disarankan daripada ikan kalengan. Ikan di dalam kaleng biasanya lemaknya sudah dikurangi agar ikan lebih awet. Proses pengalengan ikan juga menyebabkan teroksidasinya asam lemak omega-3, sebagai pengawet biasanya di tambahkan pengawet kimia, garam atau lemak nabati yang dapat menurunkan kualitas asam lemak omega-3.

Wednesday, April 18, 2007

Rubrik Masakan Di Majalah


Majalah wanita tidak pernah lepas dengan rubrik masakannya. Rubrik ini selalu menjadi favorit dan timeless sifatnya . Majalah bekas boleh dijual loakan namun resep dan booklet masakannya, tetap, haris disimpan karena suatu saat pasti perlu. Berikut beberapa hasil karya saya yang sudah dipublikasikan di majalah Wanita Sartika.

Resep Manisan dan Rucuh Buah Cermai


CERMAI
Asam Segar Menyehatkan

Teks/Foto/resep: Budi Sutomo

Buah cermai (Phylanthus acidus) adalah tanaman dari pohon perdu berkayu. Sepintas tanaman cermai mirip dengan pohon belimbing wuluh. Besar buah cermai seukuran bola bekel dengan pinggiran berbiku-biku. Buahnya hijau saat muda dan berangsur kekuningan ketika matang.

Cita rasa buah cermai sangat asam sehingga kurang cocok dimakan sebagai buah meja. Cermai lebih pas diolah menjadi manisan atau rucuh cermai. Buah yang semakin susah dijumpai ini kaya akan serat yang baik untuk mencegah kanker kolon dan membantu mengatasi sembelit. Vitamin C dan beragam mineral penting di dalam buah cermai bermanfaat sebagai antioksidan. Panas dalam dan sariawan juga bisa di atasi dengan mengkonsumsi buah cermai.

Resep

Rucuh Cermai

Bahan:
500 g buah cermai
5 buah cabai merah besar, haluskan
4 sdm gula pasir
1 sdt garam halus
200 ml air matang
Cara Membuat:
1. Gulingkan buah cermai di atas tampah sambil digoyang-goyang hingga kulit memar. Sisihkan. 2. Di tempat terpisah, didihkan air, masukkan cabai merah, gula pasir dan garam. Masak hingga mendidih. Angkat.
3. Selagi hangat, masukkan buah cermai, aduk rata. Siamkan di dalam kulkas selama 2-3 jam agar bumbu meresap. Sajikan.
Untuk 500 g

Manisan Cermai
Bahan:
600 g cermai
1 kg gula pasir
1 sdt pewarna hijau cair
1 sdt garam halus
600 ml air
Cara Membuat:
1.
Larutkan gula, pewarna hijau dan garam dengan air. aduk rata.
2. Didihkan selama 10 menit. Masukkan buah cermai, masak sambil sesekali di aduk hingga gula mengental. Angkat.
3. Jemur manisan cermai selama beberapa hari hingga lapisan gula agak mengering. Simpan di wadah kedap udara.
Untuk 700 g

Tip:

Jika Anda ingin mendapatkan manisan cermai basah, buah cermai cukup direbus dengan larutan gula dan garam. Simpan di dalam sirup gula.

LIKOPEN SEMANGKA, TINGKATKAN LIBIDO SESEKSUAL




SEMANGKA
Cegah Kanker dan Turunkan Hiprtensi



Teks/Foto: Budi Sutomo

Semangka (Citrullus vulgaris) adalah buah dari tanaman merambat. Varietasnya ada beberapa jenis, seperti yang berwarna merah maupun kuning. Keduanya kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di setiap 100 g semangka mengandung energi 32 kkal, protein 0.5 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 7.0 g, kalsium 7 mg, fosfor 12 mg, besi 0.2 mg, retinol 177 mcg, thiamine 0.05 dan asam askorbat 6 mg.

Buah semangka sangat banyak manfaatnya, diantaranya baik untuk pengidap hipertensi. Hal ini karena kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bermanfaat untuk menetralisasi tekanan darah. Selain itu, semangka juga mempergiat kerja jantung. Sementara antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat dan mencegah timbulnya penyakit kanker.

Semangka juga mengandung likopen. Likopen ini adalah salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten yang berguna sebagai antioksidan penyebab penuaan dini dan kanker. Likopen juga berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda. Bagi lansia, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat. Bagi para pria, likopen di dalam semangka dapat meningkatkan kesuburan dan meningkatkan gairah seksual pria.

Manfaat Rempah & Bumbu Dapur Untuk Kesehatan


KAYU MANIS
Cegah Influenza Hingga Kanker

Teks/Foto: Budi Sutomo

Aroma wangi dan khas dari kulit kayu manis(Cinnamomum zeylanicum)ini menjadikan rempah ini sangat populer sebagai bumbu. Cake, cookies, puding, minuman hingga masakan seperti kari dan semur tidak lepas dari bumbu yang satu ini. Penggunaanya bisa utuh maupun bubuk. Simpan selalu kayu manis di tempat yang ekring dan tertutup rapat agar aroma tetap wangi.

Kayu banyak mengandung senyawa kimia bermanfaat, seperti zat aktif aktif N-terpinena, 1,8-sineol, terpineol, Z-sitral, geranial, minyak atsiri berupa trans-kariofilena, eugenol, miristin, , 3-karena, N-pinena dan 1-limonena

Komponen-komponen ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat kayu manis adalah dapat mencegah influenza, masuk angin, muntah-munta, mual, rematik, memperlancar pencernaan, anti diare mengurangi dan keletihan tubuh. Di samping itu kayu manis juga berpotensi besar sebagai antioksidan alami. Antioksidan dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung koroner.

Tuesday, April 17, 2007

Resep Minuman Banana smoothie

Ingin menikmati Smoothie dengan cita rasa berbeda? Banana Smoothie bisa menjadi pilihan. Cita rasa lembut pisang terasa pas menyatu dengan asam segarnya yogurt. Apalagi wangi stroberi yang memperkaya cita rasa minuman ini. Selamat Mencoba
BANANA
SMOOTHIE
Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo
Bahan:
100 g pisang ambon, potong-potong
50 g stroberi, bersihkan, potong-potong
100 ml yogurt rasa stroberi
1 skop vanilla ice cream
Cara Membuat:
1. Masukkan potongan pisang, stroberi, yoghurt dan vanila ice cream ke dalam tabung blender.
2. Haluskan hingga lembut. Tuang di dalam gelas saji. Hidangkan segera.
Untuk 2 Porsi
Tip:Buah pisang bisa diganti dengan mangga atau melon dengan ukuran yang sama. Minuman ini harus segera disajikan karena warna minuman akan cepat berubah warna.

Demo Masak Bareng Krisna Mukti


Demo Masak

Di Makasar


Sesuai tema seminar yang diangkat, yaitu Rahasia Keluarga Harmonis maka Budi Boga dan tim juga menggelar demo yang yang bertema serupa. Hidangan Aprodisiak Pendongkrak Gairah Sekual. Tentu para ibu tergoda untuk mencobanya untuk disajikan para suami tercinta. "Biar greng suamiku..., " tutur salah seorang peserta. Demo yang disponsori oleh minyak goreng Tropical ini semakin meriah karena dipandu oleh artis kondang Krisna Mukti.

Resep Kue Tradisional Gandasturi


Kacang hijau ternyata tidak cuma diolah sebagai bubur kacang hijau atau kumbu kacang hijau saja. Dengan sedikit variasi, kue lezat bisa diciptakan dengan bahan dasar kacang ini. Gandasturi, salah satu variasi kue dari kacang hijau yang lezat, cepat membuatnya dan tidak memerlukan peralatan yang rumit. Selamat mencoba.

Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo

GANDASTURI


Bahan:
200 g kacang hijau, rendam air 2 jam.
40 g tepung terigu
100 g gula pasir
¼ sdt vanili bubuk
½ sdt garam halus
minyak untuk menggoreng
Adonan Celupan, aduk rata, saring:
50 g tepung beras
50 g tepung terigu
1 butir telur, kocok lepa
350 ml air

Cara Membuat:
1.
Rebus kacang hijau hingga empuk, angkat, tiriskan. Haluskan kacang hijau hingga lembut. Sisihkan.
2. Campur kacang hijau dengan tepung terigu, gula pasir, garam dan vanili. Aduk rata.
3. Ambil dua sendok makan adonan, bentuk menjadi bulat pipih. Lakukan hingga adonan habis.
4. Celupkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam adonan celupan. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Hidangkan hangat.
Untuk 10 buah


Tip:
Untuk variasi rasa, kacang hijau bisa diganti dengan kacang merah dengan komposisi resep sama takarannya.

Monday, April 09, 2007

Setahun Blog Gizi dan Kuliner By Budi



1
001
MANFAAT NGEBLOG


Bulan April ini adalah tepat satu tahun saya bergabung menjadi komunitas bloger dan kebetulan bulan dimana saya dilahirkan. Awalnya cuma iseng, namun seiring dengan berjalannya waktu, ternyata banyak sekali manfaat ngeblog.

Seperti, tawaran wawancara untuk artikel hidangan ayam bebas flu burung dari tabloid Nyata di Surabaya, Mengisi rubrik kuliner di tabloid
Cek & Ricek edisi lebaran tahun lalu, di wawancarai Radio BBC london terkait dengan buku menu sehat VCO yang saya tulis.

Selain itu, menjadi kontributor di
www.sendokgarpu.com, beberapa tulisan di blog saya juga di muat di beragam media, seperti harian Bernas, Majalah pengusaha dan beberapa media lain. Selain itu sebuah majalah juga pernah memuat dua tulisan saya tanpa menyebutkan sumber dan mendapat respon luar biasa dari para bloger. Hal lain yang juga membanggakan adalah masuknya blog saya diperingkat 2 besar blog indonesia dan dipilihnya bog ini sebagai maverick's Click of The Week . Semua berawal dari blog dan ini tentu membanggakan saya. Harapan saya, setelah melewati usia setahun, muda-mudahan blog ini bermanfaat bagi para pembacanya. Saya juga mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan para bloger di blog ini. Salam....

RESEP PUDING LEMBUT

SELAIN PRAKTIS DAN MUDAH, PUDING INI BERCITARASA LEMBUT DAN SEGAR, COCOK DISAJIKAN SEBAGAI HIDANGAN PENUTUP.

Resep/Dapur Uji/ Food Stylist/foto: Budi Sutomo

MOCCA PUDDING


Bahan:

7 gr bubuk agar-agar warna putih
500 ml susu tawar cair
20 gr tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
150 ml air
60 ml sirup moka
100 gr gula pasir
100 gr jeruk mandarin kalengan

Cara Membuat:

1. Campur bubuk agar-agar dengan susu tawar cair dan gula. Aduk hingga bubuk agar-agar dan gula larut.

3. Rebus adonan agar-agar hingga mendih. Tambahkan larutan maizena. Masak kembali hingga mendidih dan tekstur adonan agak mengental. Angkat.

4. Ambil sepertiga adonan, tambahkan dengan 2 sdm sirup moka. aduk rata. (adonan A).

5.
Tuang sisa sirup moka ke dalam sisa adonan, aduk rata. (adonan B.)


6. Tuang adona A ke dalam cetakkan pudding yang sudah dibasahi air matang dan diisi potongan jeruk mandarin. Dinginkan hingga mengeras.

7. Tuang adonan B hingga cetakkan puding penuh. dinginkan kembali hingga membeku.

8. Setelah mengeras, keluarkan dari cetakkan. Hidangkan dingin.
Untuk 5 Porsi

Nutrisi/Porsi:
Protein: 3.8 gr
Karbohidrat: 31.1 gr
Lemak: 3.5 gr
Energi: 172 kkal

Tip:
Basahi cetakan puding dengan air matang agar puding mudah dikelurakan. Proses melapisi sebaiknya dilakukan ketika puding belum beku benar agar lapisan bisa menyatu dan tidak lepas ketika dikeluarkan dari cetakkan.

RESEP VARIASI LAUK HARIAN

Anda bosan dengan variasi lauk sehari-hari? Cobalah resep nugget ikan. Selain praktis dan lezat, nugget ikan juga bergizi dan pasti disukai anak-anak. Selamat mencoba.

Resep/Dapur Uji/food Stylist: Budi Sutomo

Fotogerafer: Mas Dede

NUGGET IKAN

Bahan:

400 g daging ikan gurami/kakap/gindara, cincang halus
50 g tepung terigu
2 sdt lada halus
8 siung bawang putih
3 sdt garam halus
3 butir putih telur
Minyak untuk menggoreng

Lapisan:
3 butir telur kocok lepas
200 g tepung panir

Cara Membuat:

1. Campur daging ikan yang sudah dihaluskan dengan putih telur, tepung terigu, lada, garam d an bawang putih. Aduk dan uleni hingga tercampur rata.
2. Ambil loyang kue, alas dengan plastik/olesi minyak. Masukkan adonan nugget, ratakan hingga ketebalan 1 1/2 cm.
3. Kukus adonan selama 15 menit atau hingga adonan mengeras. Angkat, dinginkan.
4. Potong-potong nugget dengan bentuk sesuai selera. Celupkan potongan adonan nugget ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke atas tepung panir hingga seluruh permukaan terselimuti tepung.
5. Panaskan minyak, goreng nugget hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan. Sajikan hangat sebagai lauk.
Untuk 30 Potong

Tip:
Agar proses menghaluskan daging lebih cepat dan halus bisa menggunakan penggiling daging atau Food processor. Ikan bisa diganti dengan daging ayam. Nugget bisa tahan disimpan 2 minggu di dalam Freezer. Cara menyimpannya, setelah adonan diselimuti tepung panir, segera masukkan di dalam kantung platik atau kotak plastik dan simpan di dalam freezer.

Sunday, April 08, 2007

Mengenal Lebih Dekat Bumbu Dapur


RAHASIA PEKAK
DALAM HIDANGAN

Anda pasti bertanya-tanya kenapa ya kecap aromanya wangi dan segar, atau sapo tahu ko harum dan mengundang selera. Salah satu bumbu yang andil memberikan aroma tersebut adalah pekak atau bunga lawang yang memiliki aroma wangi yang khas.

Dalam seni kulinr Indonesia, pekak memang kurang populer dibandingkan lada, pala atau cengkih. Namun jika kita menengok ke kuliner asia, terutama Cina, Thailand, Vietnam dan Jepang, bumbu ini banyak digunakan.Di dalam masakan, pekak memberi aroma harum/wangi yang khas. Pengunaanya bisa dimasukkan langsung dalam bentuk utuh atau dihaluskan/serbuk. Masakan seperti bebek panggang ala peking, sapo, sup buntut, kari, tumis daging atau hidangan panggang akan lebih sedap dengan menambahkan bumbu ini. Pekak juga menjadi campuran bumbu khas cina, yaitu bumbu ngo-hiang: Penggunaanya dicampur dan dihaluskan dengan adas, cengkih, kayu manis dan lada szechuan.

Pekak mempunyai nama latin Illicium verum. Di beberapa negara dan daerah, pekak memiliki nama yang berbeda. Orang keturunan Tionghoa di Jawa menyebutnya pekak, orang Bali memanggilnya dengan sebutan bunga lawang. Sedangkan Negara Eropa menyebutnya star anise karena bentuknya menyerupai bintang, di Italia disebut anice stellato dan masarakat Jerman memanggilnya Sternanis.Budi Sutomo.

Buah Langka, MENTENG




BUAH MENTENG
Riwayatmu Kini...


Sepintas buah menteng (Baccaurea racemosa) bentuknya menyerupai untaian buah kokosan atau dukuh, namun jika diamati lebih dekat menteng mempunyai banyak perbedaan...

Literatur menyebutkan buah menteng merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Buahnya bulat bisa mencapai besar bola bekel. buah ini mempunyai permukaan kulit yang agak berbulu. Ketika mentah brwarna kehijauan dan berubah menjadi kuning saat buah matang. Orang jawa sering menyebut buah ini dengan sebutan buah kepundung

Menteng biasanya dimakan langsung sebagai buah meja, isinya berupa kumpulan juring buah seperti isi buah duku. Rasanya kombinasi rasa asam dan manis. Daging buahnya bisa dibuat setup, asinan atau bahan baku anggur/wine. Sayang buah dari pohon berkayu ini kurang populer karena tidak banyak dibudidayakan dan keberadaaanya semakin susah dijumpai.
Teks/foto: Budi Sutomo

MENGENAL LEBIH DEKAT BUAH GANDARIA




BUAH
GANDARIA (Bouea macrophyla)

Teks/Foto: Budi Sutomo

Konon tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia. Tumbuh subur di daerah dataran tinggi seperti darah puncak Jawa Barat. Sayang buah bercita rasa asam segar ini belum banyak dibudidayakan.

Buah gandaria memiliki warna hijau dan kulit buah berangsur kekuningan atau jingga ketika buah beranjak matang. Bentuknya oval sebesar bola bekel. Bijinya berwarna ungu muda. Cita rasanya asam segar.


Buah ini banyak dimanfaatkan masarakat terutama di Jawa Barat sebagai bahan campuran rujak atau sambal pelengkap ikan atau ayam bakar/goreing, ikan asin dan lalapan. Tidak Cuma buahnya, daun gandaria juga bias dimakan mentah sebagai lalapan. Kini buah gandaria semakin jarang dijumpai dan harganya lumayan mahal. Sekitar Rp. 7 ribuan/ seperempat kilonya.


Berikut resep sambal gandaria, lezat sebagai lauk ikan dan ayam serta lalapan.

Sambal Gandaria

Bahan:

6 buah gandaria muda
7 buah cabe merah
10 buah cabai rawit
1 sdm gula merah
1 sdm terasi, bakar
1 sdt garam
1 sdm minyak jelantah

Cara Membuat:

1. masukkan cabe merah, cabai rawit, garam, terasi dan gula merah di dalam cobek. Haluskan hingga lembut.
2. Tambahkan potongan gandaria, tumbuk kasar. Siram dengan satu sendok makan minyak bekas menggoreng bawang merah (minyak jelantah), aduk rata. Sajikan sebagai lauk.

MAKANAN BEKAL ANAK KE SEKOLAH




Bagi seorang ibu, menyiapkan makanan bekal sekolah memang membanggakan. Selain makanan lebih sehat dan bersih, asupan kebutuhan gizi anak juga bisa dikontrol.

Seperti sosis gulung mi, selain bergizi, menu ini juga praktis dan lezat. Buah hati Anda pasti suka untuk mencobanya.


Resep/food stylist/dapur uji/foto: budi sutom
o


SOSIS
GULUNG
MI


Bahan:

150 g mi instan/mi telor
100 g sosis
1 sdm kecap asin
1/4 sdt lada halus
minyak untuk menggoreng
Pelengkap:
saus tomat
kentang goreng
sayuran/potongan tomat
Cara Membuat:
1. Rebus mi hingga terurai. Angkat, tiriskan.
2. Bumbui mi dengan kecap asin dan lada halus, aduk rata. Diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap.
3. Potong sosis menjadi dua bagian. Kerat-kerat pada bagian ujung sosis. Liliti dengan mi, lakukan hingga habis.
4. Panaskan minyak, goreng sosis gulung mi hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. angkat, tiriskan. Setelah dingin, masukkan ke dalam kotak bekal. Lengkapi dengan saus tomat, kentang dan sayuran.
Untuk 2 Porsi

Tip:
Jika sosis pendek tidak perlu dipotong, sosis yang dipakai bisa dipilih sesuai selera, baik sosis ayam, daging maupun ikan. Goreng menggunakan penjepit agar bentuk lilitan tetap bagus.