Minggu, April 24, 2022

MENGENAL ANEKA JENIS PENGAWET MAKANAN - PENGAWET KUE KERING - PENGAWET ROTI - PENGAWET SYRIP - PENGAWET KUE - PENGAWET MAKANAN TAHAN LAMA DAN AMAN

BAHAN PENGAWET

Produk roti, kue kering, dan jajan pasar akan cepat menjadi rusak atau membusuk. Untuk memperpanjang daya simpan bisa ditambahkan pengawet makanan. Namun untuk konsumsi pribadi, sebaiknya bahan pengawet ini tidak digunakan karena bisa membahayakan kesehatan. Gunakan jenis pengawet yang sudah mendapat izin edar dari Departemen Kesehatan. Penggunaan bahan pengawet juga tidak boleh melebihi ambang batas yang disarankan. Teks/foto: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!



Jenis pengawet yang diperbolehkan untuk makanan banyak sekali ragamnya, tetapi yang umum digunakan biasanya adalah asam sorbat. Asam sorbat merupakan bahan pengawet yang berasal dari senyawa organik. Penampakan fisiknya berupa butiran halus berwarna putih menyerupai gula pasir. Penggunaannya adalah dengan cara mencampur langsung ke bahan kue. Ambang batas yang diperbolehkan adalah 0,3 persen per berat bahan.

Jenis pengawet makanan yang lain adalah asam benzoat. Dalam ambang batas 0,05-0,1 persen per berat bahan dapat mengawetkan makanan hingga 2 bulan. Di pasaran juga banyak beredar jenis bahan pengawet yang sudah diizinkan oleh Departemen Kesehatan, seperti Asam Benzoat, Asam Propionat., Asam Sorbat, Belerang Dioksida, Etil p-Hidroksi Benzoat, Kalium Benzoat, Kalium Bisulfit, Kalium Meta Bisulfit, Kalium Nitrat, Kalium Nitrit, Kalium Propionat, Kalium Sorbat, Kalium Sulfit, Kalsium Benzoit, Kalsium Propionat, Kalsium Sorbat, Natrium Benzoat, Metil-p-hidroksi Benzoit, Natrium Bisulfit, Natrium Metabisulfit, Natrium Nitrat, Natrium Nitrit, Natrium Propionat, Natrium Sulfit, Nisin, dan Propil-p-hidroksi-benzoit. Bahan-bahan ini bisa diperoleh di toko bahan kimia pangan. Gunakan sesuai anjuran dosis dan pilih pengawet sesuai dengan jenis makanan yang akan diawetkan.