Tuesday, June 27, 2006

RESEP DIM SUM ISTIMEWA






Dim Sum berasal dari bahasa Kanton-Cina yang berarti makanan ringan serba kukus atau digoreng. Hidangan ini biasanya di sajikan sebagai sarapan atau penyerta minum the di sore hari. Citarasa dim sum sangat beragam baik gurih maupun manis. Bentuknya yang mungil membuat kita semakin ingin untuk mencoba. Buat Anda yang ingin membuat sendiri. Kami memilihkan 4 resep variasi dim sum. Selamat Mencoba!.
Resep: Budi Sutomo

Pangsit Kukus Isi Udang

Bahan:

Kulit Pangsit:

375 gr tepung terigu cakra
150 ml air mendidih
80 ml air dingin
1 sdt garam halus
1 sdm minyak goreng
Isi:
250 gr daging ayam cincang
100 gr udang cncang
5 buah jamur hioko, rendam air, iris halus
200 gr sawi putih, iris halus, rendam air panas, tiriskan
1 sdm tepung kanji
1 butir telur ayam
4 siung bawang putih, haluskan
2 cm jahe, parut
1 sdm kecap asin
½ sdm kecap ikan
2 sdt gula pasir
½ sdt lada halus
½ sdm minyak wijen
1 sdm minyak goreng
1 sdt garam
Saus Pedas, haluskan:
4 buah cabai merah
2 siung bawang putih
½ sdm cuka
4 sdm saus tomat
½ sdm gula pasir
200 ml air
¼ sdt garam
½ sdm tepung kanji, larutkan dengan 2 sdm air
Cara Membuat:
1. Kulit Pangsit: Campur tepung terigu dengan air mendidih, aduk rata. Tambahkan air dingin, garam dan minyak, aduk dengan tangan hingga terbentuk adonan yang kalis. Diamkan selama 40 menit. Ambil adonan dan giling hingga tipis. Cetak dengan pustry cutter/pisau tajam menjadi bulatan dengan diameter 7 cm. Lakukan hingga adonan habis.

2. Isi: Campur semuia bahan isi, aduk rata.

3. Penyelesaian: ambil kulit pangsit, isi dengan 1 sendok makan bahan isi. Bentuk pinggirnya dengan cara diwiru/lipitan. Kukus hingga matang. Angkat dan sajikan hangat dengan saus pedas

4. Saus cabai: campur semua bahan. Masak hingga mendidih dan mengental. angkat
Untuk 8 Porsi

Bakpao Ayam

Kulit A:

250 gr tepung terigu protein sedang
7 gr ragi instan
125 ml air
Kulit B:
50 gr tepung terigu
25 gr gula pasir
½ sdm susu bubuk
1 sdm mentega putih
30 gr gula pasir
1 sdt baking powder
Isi:
300 gr daging ayam cincang
1 batang daun bawang, iris halus
1 putih telur, kocok lepas
1 sdm tepung maizena
1 sdm saus tiram
½ sdm mushroom suce
½ sdm minyak sayur
1 sdt minyak wijen
2 cm jahe, parut
1 sdt garam
Saus Cuka:
3 sdm cuka beras
2 sdm kecap asin
4 cm jahe, iris halus, rendam air hangat, tiriskan
Cara Membuat:
1. Kulit: Campur semua bahan A, aduk hingga kalis. Diamkan 40 menit aatau hingga adonan mengembang 2 kali lipat. Tambahkan adonan B, aduk rata. Fermentasikan lagi adonan selama 30 menit. Bagi adonan menjadi bulatan-bulatan sebesar bola pingpong. Lakukan hingga adonan habis.

2. Isi: Campur semua bahan isi, aduk rata.

3. Penyelesaian: Tipiskan kulit, isi dengan satu sendok makan bahan isi. Bulatkan kembali. Diamkan selama 30 menit. Kukus hingga matang. Angkat dan sajikan hangat dengan saus cuka sebagai pelengkap.

4. Saus Cuka: Campur semua bahan dan diamkan selama 1 jam. Sajikan sebagai pelengkap.
Untuk 8 Porsi

Hakau Kepiting

Kulit:

100 gr tepung Tang Mien*
4 sdm tepung kanji
160 ml air panas
1 sdm minyak goreng
Isi:
200 gr udang cincang
100 gr daging kepiting, rebus, haluskan
60 gr rebung kalengan, cincang
2 sdm tepung terigu
1 sdt kecap asin
2 sdt gula pasir
½ sdt ada halus
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam halus
Pelengkap:
Saus sambal botolan
Cara Membuat:
1. Kulit: Campur tepung tang mien dan tepung terigu, aduk rata. Tuangkan air panas dan minyak sedikit demi sedikit sambil terus di aduk hingga terbentuk adonan yang bisa di pulung. Diamkan selama 15 menit. Bagi adonan menjadi bulatan-bulatan. Lakukan hingga adonan habis.

2. Isi: Campur semua bahan isi, aduk rata. Diamkan dalam lemari es selama 25 menit.

3. Penyelesaian: Ambil adonan kulit, giling setepal ¼ cm. Ambil satu sendok makan bahan isi. Bentuk pertemuan dua sisi kulit dengan cara di wiru. Lakukan hingga adonan habis. Kukus selama 10 menit. Sajikan panas dengan saus sambal botolan sebagai pelengkap.
Untuk 6 Porsi
Tepung Tang Mien: terbuat dari pati tepung terigu. Sifatnya seperti tepung kanji yang transparan jika di panaskan. Tersedia di toko yang menjual bahan makanan Cina dan swalayan terkemuka.

Ceker Ayam Tausi

Bahan:
15 buah ceker ayam
2 sdm mushroom soy sauce
600 ml air
500 ml air es
1 sdt tepung kanji
2 buah cabai merah, potong bentuk korek api
3 buah pekak/bunga lawang
¼ sdt lada halus
5 siung bawang putih, cincang kasar
4 siung bawang merah, iris halus
2 cm jahe, iris halus
1 batang daun bawang, iris halus
2 sdm tausi
1 sdm kecap asin
1 sdt garam
2 sdm minyak untuk menumis
Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
1. Bersihkan ceker ayam, bumbui dengan mushroom soy sauce. Diamkan 15 menit. Panaskan minyak, goreng ceker hingga matang. Angkat. Rendam ceker dalam air es selama ½ jam. Tiriskan.

2. Rebus ceker dalam air. Tambahkan bunga lawang dan lada halus. Masak hingga ceker empuk dan kulitnya mekar. Angkat.

3. Panaskan 2 sendok makanminyak, tumis bawang merah, bawang putih dan jahe hingga harum. masukkan ceker, tausi, air tepung kanji dan bumbu lainnya. Masak hingga kuah mengental. Angkat dan sajikan panas.
Untuk 6 Porsi
Tip: Agar ceker cepat empuk, cekert bisa dipresto terlebih dahulu selama 15 menit, baru di masak sesuai resep.

25 Comments:

At 10:30 AM, Blogger Ninis said...

Alow, mas Budi...salam kenal yaaa..:) Dim sum nya menggiurkan :d

 
At 11:26 PM, Anonymous Anonymous said...

best regards, nice info suzuki gsxr 750 Images space satellites surveillance real time Brazilian blue wax hair removal Sale watches pulsar business health indiana insurance small

 
At 1:17 AM, Blogger kuotie said...

salut buat mas budi!resep kulinernya ok lho

 
At 7:08 PM, Blogger anggi said...

Mas Budi, salam kenal
mau tanya nih...
1.kenapa harus rendam ceker dalam air es selama 1/2 jam ?
2. kalo tepung kanji diganti tepung maizena bisa ga? bedanya apa ?

trims

 
At 11:20 PM, Blogger suryani said...

mas Budi...salam kenal!!
Baru Gabung nih! klo bole tanya,
tepung tang mien itu apaan ya? klo di medan beli nya di mana ya? gak pernah tau sih! trus kl ga ada tpg. tang mien apa ada pengganti nya yg lebih umum??
THANKS

 
At 6:37 PM, Anonymous Anonymous said...

mas budi tanya... yg namanya jamur hioko sama dgn jamur kuping g? klo g jamurnya bs dibli dmn?

 
At 8:56 PM, Anonymous zul said...

salam kenal mas budi,
thx for the recipe, ingin mencobanya :)

 
At 9:46 PM, Blogger angel lullaby said...

om..kug susah yak bikin dimsum??
aku pengen bikin tapi liad caranya jha aku mikr susah banget gitu..

 
At 9:32 PM, Anonymous Anonymous said...

salam kenal mas budi
mas resep makanan yg biasa dimakan difilm boboho itu namanya ba cang / bak cang sih? yg pokonya dr ketan trus dlmnya isi ayam trus dibungkus daun itu loh, gmn ya cara bikinya?
thanks

 
At 8:02 PM, Blogger mamaku said...

mas budi, di resep ceker ayam, bahan tausi bisa diganti dgn apa ya.., tks infonya mas.

 
At 6:04 PM, Blogger djangkriker said...

mas budi salam kenal...!!
ijin mengutip resepnya......
makasih infonya....

 
At 7:58 PM, Blogger erva kaban said...

im verry proud to have d almamater like u..
what a yummy dim sum have u post!
like it,2 thumbs 4 u.

 
At 1:35 AM, Anonymous Anonymous said...

yummy~
Sepertinya mudah untuk membuat dim sum. mau coba bikin ah!
btw, gw baru tau ada kecap ikan :P
Makasih ya resepnya, mas Budi!
Sukses!

 
At 3:49 AM, Anonymous Yuni said...

wah, lagi pengen banget dim sum, dapet resep ini dan kayanya ga susah, coba ah, thanks ya mas

 
At 2:58 AM, Anonymous nophakartika said...

salam kenal..
waaah mantaaap nih,apalagi sekarang bulan puasa boleh juga tuh nyiapin buat saur.thanks ya infonya.

 
At 8:50 PM, Blogger Aghni R said...

mantabz resepnya...thx.

 
At 10:38 PM, Anonymous company profile said...

woooo enak yah :D

 
At 10:13 PM, Blogger Lina Marliana said...

waooo... enak banget... tp aku males bikinnya, pengen langsung makan aja... :D

 
At 1:05 AM, Anonymous usaha sukses said...

dimsum nya mantap keliatannya, makasih resepnya..

 
At 12:39 AM, Blogger Purnomo MHz said...

mas budi,
apakah sama dimsum dengan siomay?karena resep pangsitnya kemarin membuat untuk sausnya pakai saus kacang siomay.

 
At 9:14 AM, Anonymous BeeBee Dimsum Jakarta said...

salam kenal ... kami beebee dimsum Jakarta juga punya resep siomay ayam NON MSG bisa sharing juga www.dimsumfood.com

 
At 9:26 PM, Anonymous Anonymous said...

permisi gan.. mau nyontek ilmunya y gan....
btw smangat trus y bikin kulineernya....

 
At 1:24 AM, Anonymous Kreasi Marie said...

Hmmm Yumm!! Mari mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :) Mampir sekarang ya..

 
At 8:30 AM, Anonymous celvia said...

Mas budi maaf sy mau tanya klw sawi putih d pke ny semua ny, ap daun nya aj,

 
At 4:21 PM, Anonymous bahar said...

Tepung tan mien nya bisa didapat/bli daerah mana ya kalo dijkt,atau bsa diganti dgn tepung terigu biasa ga.

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home