MENGENAL POTONGAN DAGING SAPI DAN CIRI CIRI DAGING SAPI YANG BERKUALITAS BAIK

 



potongan daging sapi

A.       Mengenal Bagian Daging Sapi

Daging sapi atau karkas daging dibagi menjadi beberapa bagian. Anda harus mengenal setiap bagiannya karena jika salah pilih hasil masakan Anda tidak akan maksimal atau bahkan gagal.

1.         Leher (shoulder)

Daging bagian leher sifatnya sedikit liat dan berlemak. Cocok dimasak yang memakan waktu lama, seperti kalio soto atau sup.

2.     Dada (brisket)

Sering disebut bagian sandung lamur. Daging dada biasanya berlemak dan bertulang. Cocok dijadikan daging cincang untuk soto, sup, rawon, atau asem-asem.

3.     Punggung (chuck)

Daging punggung sapi atau tengkuk beserta ‘punuk’ sapi, sifatnya lunak dan empuk, cocok menjadi hidangan sate, bistik, rib eye steak atau steak punggung.

4.     Irisan (blade)

Posisi daging ini di belakang dan di bawah ‘punuk’ sapi, sifatnya empuk dan sedikit lemak. Cocok diolah menjadi steak atau empal.

5.     Rusuk atau iga (rib)

Daging rusuk dibagi menjadi bagian daging rusuk depan dan belakang. Dagingnya lunak dan cocok diolah menjadi hidangan panggang atau sate.

6.     Pinggang atau lulur (loin)

Dagingnya berserat halus dan empuk. Disebut juga has. Daging loin dibagi menjadi sirloin (lulur luar), fillet/tenderloin (lulur dalam), t-bone, dan porterhouse. Cocok dijadikan bahan baku steak, empal, atau rendang.

7.     Tungging (rump)

Bokong sapi bagian atas, dagingnya agak berserat dan liat. Cocok diolah menjadi empal, sate, atau rendang.

8.     Pangkal kaki belakang

Dagingnya berotot dan agak liat serta sedikit berlemak. Bagian ini dibagi menjadi topside (lunak, cepat matang), silverside (daging berserat namun rasanya lezat, cocok untuk sup), aitch bone cut (daging bagian sekeliling tulang punggung), dan top rump (bagian daging berlemak, cocok untuk rawon atau soto).

9.     Kaki atau sengkel (shank)

Daging berotot dan liat, cocok dijadikan bahan baku kaldu soto atau sup.

10.   Sayak (skrit)

Bagian perut belakang sapi, dagingnya tipis dan berlemak. Cocok diolah menjadi hidangan berkuah seperti sup dan soto serta gulai.

11.   Sisi atau samcan (flank)

Daging bagian perut sapi bagian depan, berserat, berlemak, dan berotot. Memerlukan waktu lama agar lunak sehingga cocok diolah menjadi bahan kaldu soto, bakso, atau sup. 

daging sapi

B.        Tip Memilih dan Menyimpan Daging

1.         Daging sapi yang baik berserat halus, berwarna merah, tekstur kenyal, tidak berlendir, tidak ada bercak kehitaman, titik lemak merata, dan tidak berair.

2.         Perhatikan lemak daging, lemak daging krem keputihan berarti daging baru, sedangkan lemak daging berwarna kuning dan keras serta daging keabu-abuan berarti daging lama.

3.         Daging beraroma segar khas daging, pilih yang terbebas dari kotoran.

4.         Sebisa mungkin beli daging di penjual daging berpendingin. Suhu ruang dingin menjaga kualitas daging tetap baik. Jika membeli daging di pasar tradisional maupun di suermarket, perhatikan stempelnya. Daging berstempel berarti daging kualitas baik.

5.         Jangan meletakan daging di tempat terbuka karena mudah terkontaminasi dengan bakteri dan menjadi busuk. Simpan di dalam chiller bersuhu 15 derajat celcius serta letakan di wadah yang tertutup.

6.         Jika akan disimpan lama, simpan daging di dalam freezer. Keluarkan daging dan letakan di kulkas satu malam jika keesokan harinya akan diolah.

7.         Memotong daging sebaiknya melawan serat karena akan lebih empuk dibandingkan jika dipotong searah dengan serat.

8.         Mengempukan daging bisa dilakukan dengan membungkusnya dengan daun pepaya yang telah diremas. Cara lain dengan memasaknya dengan nanas atau merendamnya dengan bubuk papain, minuman beralkohol, cuka, atau soda kue selama 1 jam.

KUMPULAN RESEP

BELAJAR MASAK GRATIS

BELANJA ALAT KUE MURAH

BELANJA AMAN COD SERBA DISKON  

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas