CARA MEMBUAT MAKANAN BAYI USIA DI ATAS 9 BULAN ANEKA NASI TIM

MAKANAN BAYI


Menu Bayi Usia 10 – 12 Bulan 

Memasuki usia 10-12 bulan, kebutuhan gizi bayi semakin bertambah dan sistem pencernaan bayi semakin sempurna dan bisa menerima makanan yang lebih beragam. Gigi geligi bayi juga sudah mulai tumbuh sehingga diperlukan tekstur makanan yang semi padat agar bayi belajar menggigit. Finger snack sudah mulai diberikan untuk merangsang pertumbuhan gigi.

Pada usia ini, kegiatan bayi sudah semakin meningkat, bayi juga sudah mulai belajar berjalan sehingga kebutuhan energinya lebih besar. Diperlukan porsi lebih banyak agar bayi tercukupi gizinya dengan seimbang. Bayi juga sudah mulai memahami dan tertarik dengan bentuk dan warna sehingga alat saji dan makanan sebaiknya dibuat yang menarik agar bayi lebih tertarik ketika diberikan makanan.

Nasi Tim Ayam

Bahan:

3 sdm beras, cuci bersih

400 ml kaldu ayam/air

25 g daging ayam cincang

2 buah buncis, cuci, iris halus

½ sdt olive oil/minyak

¼ sdt bawang putih cincang

Cara Membuat:

  1. Didihkan kaldu, masukkan beras, masak hingga beras lunak. Tambahkan daging ayam cincang, buncis dan olive oil. Masak hingga semua bahan matang. Angkat.
  2. Tuang nasi ke dalam pinggan tahan panas, tim atau kukus selama 20 menit hingga tekstur beras benar-benar empuk. Angkat, dinginkan.
  3. Tuang nasi tim ke dalam pinggan saji. Hidangkan.

Untuk 2 Porsi

Info Gizi:

Buncis (Phaseolus vulgaris) merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi bayi dan balita, pilih buncis muda dan buang seratnya. Setiap 100 g buncis mengandung energi 47 kkal, protein 1.4 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 7.6 g, kalsium 65 mg, fosfor 44 mg, besi 1.1 mg, retinol 189 mcg, thiamine 0.08 mg dan asam askorbat 19 mg. Selain zat gizi tersebut, buncis juga kaya akan serat dan fitonutrien yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Nasi Tim Beras Merah

Bahan:

3 sdm beras merah, cuci bersih

400 ml kaldu daging

25 g daging sapi cincang

4 lembar bayam merah, cuci, iris halus

½ sdt bawang putih cincang

½ sdt olive oil/minyak sayur

Cara Membuat:

1. Didihkan kaldu, rebus beras merah hingga empuk. Masukkan daging  sapi cincang, irisan daun bayam, bawang putih dan olive oil/minyak. Masak hingga semua bahan matang. Angkat.

2. Tuang nasi ke dalam pinggan tahan panas. Tim atau kukus selama 20 menit hingga tekstur beras benar-benar lunak. Angkat. Atur nasi dalam pinggan saji. Hidangkan segera.

Untuk 2 Porsi

Info Gizi:

Bayam merah (Amaranthuus sp) tinggi akan zat besi, kalsium dan fosfor. Setiap 100 g bayam mengandung energi 45 kkal, protein 3.5 g, lemak 0.5 g, karbohidrat 6.5 g, kalsium 267 mg, fosfor 67 mg, besi 3.9 mg, retinol 1827 mcg, thiamine 0.08 dan asam askorbat 60 mg. Jangan memanaskan kembali masakan yang  menggunakan bayam karena tidak baik untuk kesehatan. 

 KUMPULAN RESEP

BELAJAR MASAK GRATIS

BELANJA ALAT KUE MURAH

BELANJA AMAN COD SERBA DISKON 

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

MENGENAL ANEKA RAGAM BUMBU MASAKAN EROPA - BUMBU MASAKAN KONTINENTAL