CARA MEMBUAT KUE SUS ISI VLA YANG PRAKTIS

   
KUE TRADISIONAL

 Sus Isi Vla

A. Kulit sus:

Tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru 200 g

Margarin/mentega 180 g

Air 400 ml

Telur ayam 5 butir/300 g

Garam halus ½ sdt

B. Vla Vanili:

Tepung maizena 50 g

Susu tawar cair 500 ml

Gula pasir 100 g

Kuning telur 2 butir

Pasta vanili/vanili bubuk ½ sdt

Rum 2 sdm

Garam halus ¼ sdt

Cara Membuat:

1.      Vla Vanili: larutkan tepung maizena, gula pasir, garam dan pasta vanili dalam susu tawar cair. Masak hingga mendidih dan tekstur mengental. Angkat. Selagi panas, masukkan kuning telur dan rum, aduk rata. Dinginkan.

2.      Kulit sus: Panaskan air, masukan mentega/margarin dan garam. Masak hingga mendidih dan margarin mencair.

3.         Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang kalis/tidak lengket dipanci. Angkat.

4.         Dinginkan adonan hingga suam-suam kuku atau kisaran suhu 50ºC. Masukan telur satu persatu sambil dikocok menggunakan mixer/sendok kayu hingga tercampur rata.

5.         Masukkan adonan ke dalam kantung plastik segi tiga/piping bag. Siapkan palstik segi tiga berisi spuit bintang. Masukkan plastik bersisi bersisi adonanke dalam kantung plastik berisi sepuit. Semprotkan membulat di atas loyang tanpa dioles margarin. Lakukan hingga adonan habis.

6.   Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 220ºC selama 15 menit atau hingga kue mengembang. Trunkan suhu menjadi 190ºC, teruskan memanggang hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan.

7.     Belah sisih kulit sus dengan pisau tajam atau dengan cara digunting. Isi dengan satu sendok makan vla vanili. Kemas dalam paper cup atau kotak plastik mika. Kue sus siap dipasarkan.

Untuk ± 20 Buah

Tip: Jangan pernah membuka oven 15 menit pertama karena kulit belum cukup kokoh dan akan turun. Jangan memasukan telur di saat adonan masih terlalu panas, telur akan matang dan kue tidak akan mengembang. Vla vanili bisa diganti dengan ragut daging atau ayam.  

KUMPULAN RESEP

BELAJAR MASAK GRATIS

BELANJA ALAT KUE MURAH

BELANJA AMAN COD SERBA DISKON  

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

RESEP KUE MANGKOK RINGAN, EMPUK DAN NGAPAS - RAHASIA RESEP KUE MANGKUK MEREKAH DAN MEKAR SEMPURNA. TIP ANTI GAGAL MEMBUAT KUE MANGKOK

Pastel Isi Ragout Ayam - IDE JUALAN MAKANAN ONLINE - USAHA MAKANAN LARIS GOJEK - MAKANAN LARIS GOFOOD - UASAHA MAKANAN ONLINE RUMAHAN

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas