MENGENAL FUNGSI DAN KEGUNAAN BUMBU DASAR MASAKAN INDONESIA, BUMBU DASAR PUTIH, KUNING DAN MERAH

 


Bumbu Dasar Putih, Kuning, dan Merah

Jika kita amati, masakan Indonesia sangat beragam dalam bumbu dan rempah. Meski demikian, ada kesamaan bumbu dan rempah pada beberapa masakan. Secara garis besar bumbu pada masakan dapat digolongkan menjadi tiga bumbu dasar, yaitu bumbu dasar merah, bumbu dasar putih, dan bumbu dasar kuning. Bumbu-bumbu dasar ini dapat digunakan untuk membuat beragam jenis masakan.

Bumbu Dasar Putih

Bumbu dasar putih dapat digunakan pada masakan ase lidah, gudeg, terik daging, sayur bobor, tempe bacem, dan opor ayam. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya yaitu: 11 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 7 butir kemiri, 1 sendok teh lada butir, ½ sendok makan ketumbar, 1 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh terasi, 1 sendok teh garam, dan 3 sendok makan minyak goreng. Cara membuatnya, panaskan minyak dan tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Bumbu siap digunakan. 

Bumbu Dasar Kuning

Dapat dikembangkan menjadi bumbu masakan kari, acar kuning, pesmol ikan, nasi kuning, terik daging, kari ayam, aneka pepes, dan ayam goreng. Bahan-bahannya yaitu: 10 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 7 butir kemiri, 1 sendok teh lada butir, 2 sentimeter kunyit, 1 sendok teh garam, dan 3 sendok makan minyak goreng. Haluskan semua bumbu dan tumis hingga harum. Simpan di dalam botol yang tertutup rapat dan masukkan ke lemari pendingin.

Bumbu Dasar Merah

Penggunaan bumbu dasar merah pada masakan biasanya untuk bumbu sambal goreng, rendang, kering tempe, pepes, sambal bajak, aneka gulai, ayam bumbu rujak, dan telur balado. Bahan yang diperlukan yaitu: 10 buah cabai merah, 5 butir kemiri, 9 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 sendok teh lada butir, 1 sendok teh ketumbar, 1 sendok teh terasi, 1 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh garam, dan 4 sendok makan minyak goreng. Cara membuatnya dengan menghaluskan semua bumbu lalu ditumis sampai harum. Bumbu siap digunakan sesuai kebutuhan.

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas