Minggu, April 24, 2022

TIP SUKSES MEMBUAT KULIT PAI GURIH DAN LEMBUT - RESEP PIE BUAH ENAK ISI VLA - RAHASIA KULIT PIE YANG BAGUS - JUALAN MINI PIE LARIS

MEMBUAT KULIT PAI GURIH DAN RAPUH

Adonan pai atau yang sering disebut dengan shortcrust pastry serupa dengan adonan kue kering. Adonan biasanya tidak ditambahkan gula jika akan dibuat pai bercita rasa gurih. Jika akan diisi manis, kulit pai dibuat dengan menambahkan gula halus. Adonan biasanya terbuat dari tepung terigu, gula (optional), kuning telur, air, dan lemak. Kulit pai ini bisa diisi dengan ragout yang gurih atau vla yang manis. Jenis pai tanpa tutup biasanya disebut dengan flan atau tart. Perhatikan tip berikut agar kulit pai renyah dan lezat. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!

1. Gunakan jenis tepung terigu rendah protein (soft wheat) karena akan menghasilkan kulit pai yang lebih renyah.

2. Jangan mengaduk adonan kulit pai dengan tangan terlalu lama. Panas suhu tangan akan membuat lemak mencair sehingga adonan menjadi lembek. Hasilnya, kulit pai akan liat dan padat.

3. Tusuk-tusuk permukaan kulit pai dengan garpu sebelum dipanggang agar bagian bawah kulit pai tidak naik atau menggelembung.

4. Olesi cetakan pai dengan margarin agar kulit pai mudah dikeluarkan.

5. Sebisa mungkin gunakan cetakan pai bongkar pasang untuk memudahkan saat mengeluarkan kue dari cetakan.



Pai Isi Buah

Kulit:

450 g tepung terigu rendah protein/cap kunci

300 g margarin

150 g gula halus

4 butir kuning telur

1 sdm bubuk kayu manis

3 cm jahe, parut

½ sdt garam halus

Vla:

60 g tepung maizena

1 lt susu tawar cair

150 g gula pasir

3 kuning telur

1 sdm margarin

¼ sdt garam halus

1 sdm rum

1 sdt bubuk agar warna putih

1 sdt pasta vanili

Isi:

200 g buah persik (peach) kalengan, potong-potong

200 g anggur, potong-potong

Cara Membuat:

1.  Campur dan aduk rata tepung terigu, kayu manis bubuk, parutan jahe, gula halus, dan garam, aduk rata. Ayak. Sisihkan.

2. Masukkan margarin dan kuning telur ke dalam campuran tepung. Potong-potong atau aduk-aduk adonan menggunakan pisau atau spatula plastik hingga terbentuk adonan berbutir-butir halus.

3. Satukan adonan dengan cara di kepal-kepal dengan tangan atau sendok kayu hingga adonan menyatu.

4. Giling adonan di atas plastik hingga ketebalan ½ cm. Cetak dengan cetakan bulat. Lakukan hingga adonan habis.

5. Ambil cetakan pai yang telah diolesi dengan margarin. Masukkan kulit pai. Tekan-tekan dan rapikan bentuknya, lalu tusuk-tusuk dengan garpu pada dasarnya.

6. Atur di atas loyang, panggang dengan suhu 160 derajat celsius selama 25 menit, atau hingga kulit matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.

7. Vla: Larutkan tepung maizena dan bubuk agar-agar ke dalam susu tawar cair, aduk rata. Masukkan gula, pasta vanili, dan garam. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih, matang, dan mengental, lalu angkat. Selagi panas, masukkan kuning telur, rum, dan margarin. Aduk rata. Vla siap digunakan.

8. Penyelesaian: Isi kulit pai dengan vla, dan tutup atasnya dengan potongan buah persik dan anggur. Sajikan.

Untuk 10 buah