Minggu, April 24, 2022

TIP SUKSES MEMBUAT KUE SUS - RAHASIA ANTI GAGAL MEMBUAT KUE SUS - MENGAPA KUE SUS TIDAK MENGEMBANG - MENGAPA KUE SUS KEMPES SAAT DINGIN- RESEP SUS KERING - RESEP SUS ISI VLA

KIAT JITU AGAR KUE SUS MENGEMBANG SEMPURNA

Kue sus atau choux pastry atau cream puff adalah salah satu dari jenis kue yang memerlukan perhatian khusus dalam teknik pembuatannya. Agar pembaca tidak gagal dalam membuat kue sus cobalah beberapa tips berikut. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!



1. Pemilihan bahan harus tepat

Bahan  dasar dari kue sus adalah tepung terigu, telur, lemak, dan air. Untuk membuat kue sus sebaiknya pilih tepung terigu yang kandungan glutennya sedang (medium wheat), karena kue ini tidak memerlukan proses fermentasi dalam teknik pembuatannya. Jangan menggunakan tepung terigu tinggi protein, karena tepung jenis ini akan membuat adonan liat dan tidak berongga saat dipanggang dalam oven.

Telur adalah pembentuk kerangka yang mengembangkan kue selama proses pembakaran, selain itu telur juga memperbaiki warna kerak kue lebih kuning, aroma yang gurih, dan kue lebih bergizi karena kandungan protein yang tinggi. Untuk kue sus sebaiknya pilih telur yang baru dengan bentuk seragam dan tidak cacat.

Lemak ada dua macam yaitu lemak nabati yang lazim kita sebut dengan margarin dan lemak hewani atau mentega. Kedua jenis lemak ini memiliki aroma yang berlainan. Jika Anda menginginkan aroma kue yang ringan pilihlah margarin, dan untuk aroma yang lebih berat dengan rasa dan aroma susu yang nyata anda bisa menggunakan mentega.

2. Metode pembuatan yang benar

Kue sus dibuat dengan teknik adonan rebus, dimana semua bahan direbus bersama-sama kecuali telur. Setelah adonan matang dan kalis, adonan diangkat dari perapian. Proses selanjutnya adalah memasukkan telur satu persatu setelah adonan dingin. Tahap memasukkan telur merupakan tahap terpenting yang harus diperhatikan. Telur dimasukkan setelah adonan tidak terlalu panas atau suam-suam kuku atau hangat. Jika telur dimasukkan dalam keadaan adonan panas maka kue sus tidak akan mengembang karena telur telah matang sebelum di oven.

Proses pengovenan juga memegang peranan penting. Yang harus diperhatikan saat adonan kue dimasukkan adalah sebaiknya oven dalam suhu tinggi sekitar 200 derajat celsius. Ini bertujuan agar kerangka kue mengembang sempurna. Setelah kue mengembang, turunkan suhu oven menjadi 150 sampai 160 derajat celsius, tentunya agar warna kue kuning kecokelatan, seragam, dan terbentuk kulit atau remah kue yang baik. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan membuka oven pada 15 menit pertama pemanggangan, karena saat ini kue sedang membentuk kerangka dan akan turun kembali jika pintu oven dibuka.

Pemilihan loyang juga perlu diperhatikan. Untuk kue sus, gunakan loyang kue yang tidak terlalu tebal karena loyang tebal akan lebih lambat dalam menghantarkan panas. Kondisi ini akan membuat kulit kue yang terbentuk menjadi lebih tebal. Hindari juga penggunaan olesan mentega yang terlalu tebal, dan jangan sekali-sekali menggunakan tepung taburan karena akan mengakibatkan hal yang sama. Berbeda dengan cake, kue sus sangat mudah lepas, jadi olesan lemak tipis tanpa taburan tepung sudah cukup.

3. Variasi kue sus

Kue sus sangat fleksibel untuk dipadupadankan dengan berbagai macam isi. Salah satu variasi kue sus yang sangat populer adalah eclair, yaitu kue sus yang berbentuk memanjang dan disiram dengan cokelat tim. Jika Anda sudah bosan dengan isi vla, cobalah dengan variasi isi yang lain seperti, puding, ice cream , ragout udang, selada buah. Atau bisa juga dibuat crocombus atau dibuat sus kering dengan cara dipanggang dalam oven dengan api kecil maupun digoreng.

Dengan memperhatikan pemilihan bahan dan teknik pembuatan yang baik dan benar, kami percaya kegagalan dalam membuat kue sus akan menjadi masa lalu Anda.

Sus Kering

Bahan:

250 ml air

160 g tepung terigu

4 butir telur ayam ukuran sedang

100 g margarin

½ sdt baking powder

½ sdt garam halus

Cara Membuat:

1.  Rebus air, masukkan margarin, dan garam. Masak hingga margarin larut.

2.  Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga terbentuk adonan yang kalis dan kental. Angkat dari perapian. Diamkan hingga adonan hangat-hangat kuku.

3.  Masukkan telur dan baking powder ke dalam adonan tepung, aduk dengan cepat dengan sendok kayu hingga tercampur rata.

4.  Masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga (piping bag) yang telah diisi dengan sepuit bintang.

5.  Semprotkan adonan di atas loyang kue kering dengan bentuk bintang-bintang kecil.

6.  Panggang kue di dalam oven bertemperatur 200 derajat celsius selama 10 menit. Lalu turunkan suhunya menjadi 140 derajat celsius, panggang hingga kue benar-benar kering dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.

7.  Simpan kue di dalam stoples kedap udara.

Untuk 350 g

Tip:

Jangan memasukkan telur saat adonan tepung masih panas, karena telur akan matang dan kue tidak mengembang saat dipanggang.

Sus Isi Vla

Bahan Kulit:

125 g margarin
125 g tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru
4 butir telur ayam
250 ml air
¼ sdt baking powder
½ sdt garam halus

Bahan Vla:
300 ml susu tawar cair
4 sdm tepung maizena
2 sdm tepung terigu
75 g gula pasir
2 butir kuning telur
1 sdm mentega
¼ sd
t pasta vanili
1 sdm rum
¼ sdt garam
Cara Membuat:
1. Kulit: Didihkan air, margarin
, dan garam hingga mendidih. Masukkan tepung terigu, masak sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang kental, licin, kalis, dan tidak lengket di panci. Angkat.
2. Setelah adonan hangat, masuk
kan baking powder dan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer atau diaduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
3. Tuang adonan ke dalam plasti
k segitiga (piping bag) yang telah diisi dengan sepuit bintang. Semprotkan adonan di atas loyang beroles margarin.
4. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 200 derajat celsius selama 25 menit
, atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
5. Potong sisi kue, isi dalamnya dengan vla. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
6. Vla: Larutkan tepung maizena, tepung terigu, gula
, dan garam dengan susu tawar cair. Masak hingga mendidih, mengental, dan matang. Angkat. Selagi panas, tambahkan mentega, vanili, kuning telur, dan rum. Aduk rata. Dinginkan. Vla siap digunakan.

Untuk 15
buah