Minggu, April 24, 2022

TIP SUKSES MEMBUAT KUE MACARON - RESEP MACARON STROBERI - MENGAPA GAGAL MEMBUAT MACARON - MENGAPA MACARON KEMPES DAN TIDAK KERING - RESEP MACARON ANTI GAGAL

RAHASIA SUKSES MEMBUAT MACARON

Siapa saja yang melihat kue mungil ini pasti akan tergoda untuk menyantapnya. Saat ini kue macaron memang sedang menjadi tren kuliner yang diminati. Rasanya yang manis dengan beragam isi menjadi daya tarik kue asal Italia ini. Simak tip membuat macaron agar terhindar dari kegagalan.



1. Macaron tidak berkaki. Penyebabnya, adonan terlalu lama diaduk, atau karena adonan tidak didiamkan dulu selama 60 menit agar permukaan adonan mengering. Kaki macaron terbentuk karena lapisan adonan bagian atas yang mengering saat didiamkan di atas loyang setelah dibentuk. Ketika adonan dipanggang, udara akan terhalang keluar karena lapisan atas adonan yang mengeras, akibatnya kue akan terangkat dan terbentuk rekahan pada bagian bawah macaron. Rekahan inilah yang disebut sebaagai kaki macaron.

2. Macaron sebagian tidak berkaki. Penyebabnya karena panas oven yang tidak merata. Jangan memanggang macaron terlalu banyak dan bertumpuk beberapa loyang sekaligus karena akan membuat panas tidak merata.

3. Permukaan macaron pecah. Penyebabnya, suhu oven terlalu panas atau adonan terlalu lama didiamkan sehingga permukaan adonan yang telah dibentuk terlalu kering.

4. Macaron lengket di dasar loyang. Penyebabnya, pengocokan telur yang terlalu lama atau terlalu singkat.

5. Pastikan alat, baik kom adonan, loyang , atau mixer dalam kondisi terbebas dari lemak dan air. Kedua bahan ini bisa menyebabkan putih telur pecah dan tidak mengembang saat dikocok.

6. Selalu gunakan almond bubuk, karena bahan inilah yang membuat macaron dapat kering dan mengeras.

7. Gunakan gula kastor dan icing sugar agar hasil kue maksimal.

8. Jangan ada bagian kuning telur yang tercampur di dalam putih telur, karena akan menyebabkan adonan tidak mengembang dengan baik.

9. Diamkan putih telur dalam wadah tertutup rapat di dalam suhu ruang (aging process) sebelum digunakan untuk membuat macaron. Tujuan mendiamkan putih telur ini adalah agar tekstur macaron kokoh, renyah, dan tidak lengket di dasar loyang. Lamanya mendiamkan putih telur idealnya adalah sekitar 5 jam.

Strawberry Macarons

Bahan A:

100 g icing sugar

100 g almond bubuk

50 g putih telur

¼ sdt garam halus

Bahan B:

100 g gula kastor/gula pasir

25 ml air

50 g putih telur

¼ sdt krim tartar

½ sdt pasta stroberi

Olesan:

100 g cokelat blok putih

¼ sdt pasta stroberi

Cara Membuat:

1. Bahan A: Campur icing sugar dan almond bubuk ke dalam grinder. Proses hingga lembut. Ayak. Sisihkan. Masukkan campuran gula dan almond ke dalam putih telur. Tambahkan garam halus. Aduk rata hingga terbentuk adonan seperti pasta.

2.  Bahan B: Larutkan gula dengan air, rebus menggunakan api kecil hingga gula larut. Angkat.

3. Kocok putih telur dan krim tartar menggunakan mixer hingga mengembang, berwarna putih, namun tidak terlalu kaku (soft peaks).

4. Ukur suhu gula dalam kisaran 120 derajat celsius. Tuang gula panas ke dalam kocokan putih telur, tambahkan pasta stroberi, aduk hingga tercampur rata.

5. Tuang adonan A ke dalam adonan B sambil dicampur dengan mixer hingga tercampur rata.

6. Masukkan adonan ke dalam piping bag dan gunting bagian ujungnya. Semprotkan ke atas loyang membentuk bulatan-bulatan.

7. Diamkan selama 1 jam hingga permukaan adonan kering.

8. Panggang di dalam oven bertemperatur 150 derajat celsius selama 25 menit atau hingga kue matang. Angkat dan dinginkan.

9. Olesi bagian bawah macaron dengan cokelat tim. Tumpuk dengan macaron lainnya. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk 30 buah

Tip:

Icing sugar adalah gula halus yang memiliki tekstur lebih halus dibandingkan gula bubuk. Icing sugar juga merupakan gula murni, berbeda dengan gula bubuk (gula halus) yang seringkali ditambahkan tepung maizena untuk mencegah gula bergumpal.