Senin, April 25, 2022

TIP SUKSES MEMBUAT KUE KU - RESEP KUE KU KETAN ISI KACANG HIJAU - ANEKA RESEP KUE JAJAN PASAR - CARA MEMBUAT KUE KU YANG LEMBUT WANGI DAN ENAK

SUKSES MEMBUAT KUE KU

Kue ku merupakan salah satu jenis kue yang sebenarnya berasal dari pranakan Cina. Kue ku biasanya diisi dengan kumbu kacang hijau atau kacang merah. Kue ku yang baik harus cantik bentuknya, isinya tidak keluar dan mengkilat permukaannya. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!

1. Bentuk kue ku kurang bagus. Penyebab: Kurang kuat saat menekan adonan ke dalam cetakan, saat mengukus tutup kukusan tidak ditutup dengan serbet, atau terlalu banyak tepung ketan dalam adonan

2.  Permukaan kue tidak mengkilat. Penyebab: Kue belum matang dan kurang penggunaan santan.

3.  Kue lengket. Penyebab: Mengukus terlalu lama atau terlalu banyak cairan.

Kue Ku

Kulit:

350 g tepung ketan

100 g gula pasir

275 ml santan panas

2 sdt pewarna merah

¼ sdt garam halus

Daun pisang secukupnya

Kumbu kacang hijau:

200 g kacang hijau

100 g gula pasir

160 ml santan kental

1 lembar daun pandan, potong-potong

½ sdt garam halus

¼ sdt vanili

Minyak goreng untuk olesan

Cara Membuat:

1. Kumbu kacang hijau: Rendam kacang hijau selama 3 jam. Kukus hingga empuk, haluskan. Campur kacang hijau dengan santan, gula pasir, daun pandan, vanili, dan garam, aduk rata. Rebus sambil diaduk-aduk hingga tekstur mengental dan kalis. Angkat, sisihkan.

2.  Kulit: Campur tepung ketan dengan gula pasir dan garam, aduk rata. Tuang santan panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Masukkan pewarna merah, uleni hingga kalis dan rata.

3.  Penyelesaian: Ambil satu sendok makan adonan kulit, bentuk bulatan, pipihkan. Masukkan adonan ke dalam cetakan kue ku, tekan bagian tengahnya dan isi dengan ½ sdm kumbu kacang hijau. Tutup permukaannya dengan adonan kulit. Tekan-tekan dan keluarkan adonan dari cetakan.

4.  Letakkan adonan yang telah dibentuk di atas daun pisang. Kukus selama 22 menit atau hingga kue matang. Angkat. Atur kue di dalam piring saji, hidangkan.

Untuk ± 15 buah

Tip:

Agar adonan mudah dikeluarkan dari cetakan, taburi lubang cetakan dengan tepung ketan sebelum digunakan.