Minggu, April 24, 2022

TIP SEPUTAR KUE KERING - MENGAPA KUE KERING BANTAT - MENGAPA KUE KERING KERAS - MENGAPA KUE KERING PECAH - MENGAPA KUE KERING MENTAH - MENGAPA KUE KERING TIDAK LUMER DAN RENYAH - KUPAS TUNTAS TIP MEMBUAT KUE KERING

TIP SUKSES MEMBUAT KUE KERING

Di dalam proses pembuatan kue kering terkadang terjadi kegagalan. Banyak penyebab kegagalan kue kering, berikut tip-tip agar terhindar dari kegagalan membuat kue kering.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!

1. Jangan salah memilih tepung untuk membuat kue kering. Gunakan tepung terigu jenis protein rendah (soft wheat). Sifat gluten di dalam kue kering adalah mengikat adonan, semakin banyak gluten maka semakin liat adonan yang dihasilkan. Sifat tepung terigu rendah protein akan menghasilkan kue kering yang renyah.

2. Kandungan air di dalam tepung juga akan mempengaruhi kerenyahan kue. Jemur dan ayak tepung sebelum digunakan untuk membuat kue kering agar kue lebih renyah.

3. Jangan pernah mengganti ukuran resep kecuali Anda tahu persis fungsi bahan di dalam adonan. Jika tidak, risikonya kue akan gagal.

4. Gula untuk membuat kue kering sebaiknya menggunakan gula kastor atau gula halus. Jenis gula ini lebih mudah tercampur dengan bahan-bahan lain. Penggunaan gula pasir akan menghasilkan kue berpori-pori kasar dan keras. Gunakan gula sesuai ukuran resep, karena kelebihan gula akan menyebabkan kue cepat menjadi gosong. Sebaliknya, jika jumlah gula terlalu sedikit maka warna kue akan lebih pucat, lebih lama matang, dan aroma kue kurang harum.

5. Penggunaan loyang juga mempengaruhi hasil kue. Gunakan loyang berwarna terang yang dapat memantulkan panas sehingga menghasilkan panas yang sesuai untuk memanggang kue kering. Loyang berwarna gelap seperti warna hitam akan menyerap panas, akibatnya kue akan cepat gosong namun masih mentah di bagian tengahnya.

6. Loyang untuk kue kering sebaiknya yang berdinding pendek ½ sampai 2 cm. Loyang berdinding tinggi akan menghalangi pancaran panas. Akibatnya, kue tidak matang merata.

7. Jika anda menggunakan oven yang tidak berputar secara otomatis. Putar sesekali posisi loyang agar kue matang merata.

8. Olesan margarin pada loyang sebaiknya jangan terlalu tebal. Olesan terlalu tebal akan menyebabkan kue melebar pada bagian bawahnya.

9. Jangan mengocok margarin/mentega dan telur terlalu lama. Cukup 1-2 menit dengan mixer berkecepatan sedang. Pengocokan terlalu lama akan menyebabkan kue kering bertekstur terlalu empuk, melebar saat dipanggang, dan kurang renyah.

10. Adonan kue kering sebaiknya jangan diuleni dengan tangan terlalu lama. Ini bisa menyebabkan lemak mencair dan hasil kue menjadi kurang renyah.

11.  Panaskan oven selama 10-15 menit sebelum digunakan untuk memanggang adonan. Memasukkan adonan dalam oven dingin akan menyebabkan hasil kue tidak matang merata dan bentuknya menjadi melebar.

12.  Jangan berlebihan menggunakan mentega/margarin. Penggunaan margarin yang terlalu banyak akan menyebabkan tekstur kue rapuh dan kue melebar saat dipanggang.

13. Hindari menekan-nekan adonan dan terlalu sering menggilas adonan, karena bisa menyebabkan tekstur kue kering menjadi keras.

14.  Beri jarak saat meletakkan adonan kue kering di atas loyang. Jarak yang terlalu dekat bisa menyebabkan hasil kue saling menempel ketika dipanggang.

15.  Jangan mengolesi loyang dengan margarin terlalu tebal, karena bisa berakibat bagian bawah kue tebal dan melebar saat dipanggang.

16.  Ayak dan jemur tepung terigu sebelum digunakan. Tujuannya untuk mengurangi kadar air dan hasil kue akan lebih renyah.

17.  Agar bahan tercampur dengan baik, campur dan ayak terlebih dahulu bahan-bahan kering untuk membuat kue kering, seperti tepung, cokelat bubuk, susu bubuk, baking soda, dan gula halus.

18.  Selalu menutup adonan sebelum digunakan. Tujuannya agar adonan tetap lembap dan permukaannya tidak kering.

19.  Giling adonan di atas plastik yang telah ditaburi dengan sedikit tepung terigu. Dengan cara ini adonan akan mudah dicetak dan diletakan di atas loyang.

20.  Biarkan kue kering dingin di atas loyang. Dengan cara ini kue kering akan lebih renyah.

21.  Celupkan cetakan kue kering ke dalam tepung terigu jika adonan lengket pada cetakan.

22.  Membentuk dan mencetak kue kering sebaiknya jangan terlalu tebal atau besar. Kue yang terlalu tebal akan menyebabkan bagian dalam kue seringkali masih mentah. Teks/foto: Budi Sutomo.