Minggu, April 24, 2022

TIP CARA YANG BENAR MELELEHKAN COKELAT - MENGAPA COKELAT TIM BERGUMPAL - MENGAPA COKELAT TIM PECAH MEMISAH - MENGAPA COKELAT TIM TIDAK MULUS DAN LICIN - CARA YANG BENAR MENGETIM COKELAT

CARA BENAR MENGETIM COKELAT

Agar penampilan kue kering lebih cantik, bisa diberi lapisan cokelat atau ditambahkan cokelat tim sebagai hiasan. Perhatikan tip berikut agar cokelat tim tidak bergumpal atau pecah. Teks/foto: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!



a. Jenis cokelat yang bisa ditim adalah jenis cokelat blok (cooking chocolate). Jenis cokelat ini akan meleleh ketika dipanaskan (ditim) dan akan mengeras kembali ketika didinginkan.

b. Sebelum ditim, serut atau potong-potong cokelat batangan menjadi potongan kecil. Tuang serutan cokelat ke dalam mangkuk stainless steel atau mangkuk keramik tahan panas.

c. Rebus air di dalam panci hingga mendidih. Angkat.

d.Letakkan mangkuk berisi serutan cokelat di atas panci berisi air panas. Aduk perlahan hingga cokelat tim larut. Cokelat tim siap digunakan.

e. Pastikan mangkuk untuk meletakkan cokelat kering dari air karena air akan menyebabkan cokelat bergumpal.

f. Jangan mengetim cokelat di atas air mendidih yang sedang dipanaskan, karena cipratan air rebusan dan uap air mendidih akan menyebabkan cokelat bergumpal. Memanaskan cokelat di atas air mendidih juga menyebabkan kandungan lemak dan air menguap dari dalam cokelat. Akibatnya, cokelat akan bergumpal dan pecah karena suhu yang terlalu panas.

g.Jika cokelat tim terlanjur bergumpal, tambahkan sedikit margarin atau mentega. Dengan cara ini cokelat akan kembali meleleh namun akan susah mengeras dan tekstur tidak bisa halus benar.

h. Gunakan cokelat tim sesegera mungkin karena cokelat tim akan kembali mengeras ketika dingin. Panaskan kembali cokelat tim di atas air panas jika terlanjur mengeras.

i. Menghias kue kering dengan cokelat tim sebaiknya dilakukan di dalam suhu yang dingin atau ruangan ber-AC. Tujuannya agar lapisan cokelat cepat mengeras. Jika tidak ada ruangan berpendingin, segera masukkan kue kering yang telah dihias di dalam kulkas selama 15 menit agar lapisan cokelat mengeras.