Minggu, April 24, 2022

TIP ANTI GAGAL MEMBUAT TIRAMISU - RESEP TIRAMISU LEMBUT - MENGAPA GAGAL MEMBUAT TIRAMISU - ADONAN TIRAMISU PECAH MEMISAH APA SEBABNYA ?

TIRAMISU LEGIT DAN LEMBUT

Tiramisu adalah hidangan penutup (dessert) dari Italia yang sangat populer. Teksturnya lembut, serta bercita rasa manis dan gurih karena menggunakan keju mascarpone. Aroma kahlua yang khas membuat kudapan ini disukai tua dan muda. Konon, tiramisu berasal dari bahasa Italia yang berarti “ambil saya. Mungkin ini karena begitu disukainya kudapan ini sehingga semua orang akan menyantapnya sebagai penyempurna jamuan makan. Simak tip membuat tiramisu yang lembut berikut ini.

1. Jangan mengocok keju terlalu lama karena justru teksturnya akan pecah dan bergumpal. Cukup kocok hingga lembut.

2. Gunakan gelatin sebagai bahan campuran tiramisu. Penambahan gelatin membantu memperkuat tekstur adonan agar lebih kokoh. Jika tidak tersedia gelatin bisa diganti dengan menambahkan 1/2 sendok teh bubuk agar putih saat merebus susu tawar cair.

3. Di pasaran tersedia gelatin dalam bentuk lembaran tipis transparan dan bubuk. Dapat dibeli di toko yang khusus menjual bahan roti.

4. Aroma tiramisu sangat khas karena penambahan kahlua dan rum. Kahlua merupakan minuman beralkohol yang berasal da ri Meksiko, minuman ini memiliki rasa agak manis dan aroma kopi yang khas. Karena mengandung alkohol, bagi kaum mulsim, bahan ini dihilangkan. Percikkan cake cokelat dengan larutan bubuk kopi.

5. Untuk alas tiramisu bisa digunakan sponge cake, kue brownies, biskuit lady finger, atau kue lidah kucing.

6. Selain di dalam gelas, tiramisu juga bisa dicetak dalam loyang cake atau plastik mika transparan.

7. Simpan tiramisu dalam kulkas agar teksturnya lebih kokoh dan rasanya lebih lezat.

Tiramisu

Bahan:

400 ml susu tawar cair

200 g keju mascarpone

2 sdm gelatin, tim dengan 3 sdm air panas, aduk rata

60 ml double cream/krim kental

100 g white cooking chocolate, potong-potong

2 sdm tepung maizena

60 g gula pasir

2 butir kuning telur, kocok lepas

250 g sponge cake cokelat

Perendam, aduk rata:

5 sdm kahlua

1 sdm rum

100 ml larutan kopi instan

Taburan:

100 g whipped cream siap pakai

Stroberi secukupnya untuk hiasan

1 sdm cokelat bubuk

Cara Membuat:

1. Larutkan tepung maizena dengan susu tawar cair dan gula pasir. Aduk rata. Rebus sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih.

2. Tambahkan potongan cokelat dan double cream ke dalam rebusan maizena, aduk hingga cokelat meleleh. Angkat.

3. Ambil satu sendok sayur adonan bubur maizena panas, tuang ke dalam kocokan kuning telur, masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Tuang campuran kuning telur-bubur maizena, dan larutan gelatin ke dalam bubur maizena, aduk rata.

4. Kocok keju mascarpone menggunakan mixer hingga lembut. Tuang ke dalam bubur maizena, kocok dengan mixer selama 2 menit atau hingga tercampur rata.

5. Percikkan sponge cake cokelat dengan bahan perendam (campuran kahlua, rum, dan larutan kopi instan) hingga cake lembap. Potong cake sesuai dengan cetakan atau alat saji.

6. Masukkan potongan cake di dasar gelas saji. Tuang campuran adonan keju mascarpone, lakukan proses melapisi cake dan adonan keju hingga terbentuk beberapa lapisan. Dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam.

7. Sesaat sebelum disajikan, semprotkan whipped cream di atas tiramisu. Taburi cokelat bubuk dan hias dengan potongan buah stroberi. Hidangkan.

Untuk 4 porsi