Minggu, April 24, 2022

TIP ANTI GAGAL MEMBUAT BIKA AMBON - RESEP BIKA AMBON BERSARANG DAN HARUM - RAHASIA RESEP BIKA AMBON YANG WANGI DAN ANTI GAGAL - MENGAPA BIKA AMBON TIDAK BERSARANG?

RAHASIA SUKSES MEMBUAT BIKA AMBON

Membuat kue bika ambon memerlukan ketelatenan dan kecermatan, karena jika ada kesalahan sedikit saja kue akan menjadi bantat dan tidak terbentuk sarang atau serat yang bagus. Perhatikan permasalahan dan penyebab yang sering ditemukan dari pembuatan kue bika ambon berikut. Teks/foto/resep/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!



1. Bika ambon tidak bersarang. Penyebab: Kualitas ragi tidak bagus sehingga proses fermentasi tidak berjalan dengan baik. Proses fermentasi yang terlalu cepat atau terlalu lama juga menyebabkan serat bika ambon tidak terbentuk. Selain itu, memasukkan adonan dalam kondisi oven dan cetakan belum panas, serta oven yang tidak dibuka sepertiganya, juga bisa menyebabkan kue bika ambon tidak bersarang.

2. Bika ambon gosong namun mentah pada bagian dalam. Penyebab: Api terlalu besar dan panas oven yang tidak merata.

3. Aroma dan rasa bika ambon asam. Penyebab: Terlalu banyak penggunaan ragi dan proses fermentasi yang terlalu lama.

4. Warna bika ambon pucat. Penyebab: Kurang penggunaan kuning telur dan api oven yang terlalu kecil atau kue kurang matang.

Bika Ambon

Bahan A:

300 ml air hangat

150 g tepung terigu

11 g ragi instan

60 g gula pasir

Bahan B:

700 ml santan dari 2 butir kelapa

250 g tepung ketan

60 g tepung kanji

10 butir kuning telur

5 butir putih telur

600 g gula pasir

6 lembar daun jeruk purut

½ sdt garam halus

Minyak untuk olesan secukupnya

Cara Membuat:

1.  Adonan A: Campur ragi instan dengan tepung terigu dan gula pasir, aduk rata. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Diamkan adonan selama 60 menit atau hingga adonan berbuih.

2. Adonan B: Rebus santan dan daun jeruk hingga santan berminyak. Sisihkan sebanyak 500 ml. Dinginkan.

3.  Di tempat terpisah, kocok putih telur, kuning telur, gula, dan garam selama 15 menit. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung ketan, santan yang sudah direbus, dan adonan A. Aduk rata.

4.  Diamkan adonan di tempat yang hangat selama 1 ½ jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.

5.    Panaskan cetakan bika ambon yang sudah diolesi minyak. Tuang adonan hingga hampir penuh.

6.  Panggang di oven menggunakan api bawah, dan buka sedikit pintu oven (sekitar sepertiga jarak bukaan pintu). Setelah adonan naik dan timbul lubang-lubang di permukaan, kecilkan api dan tutup pintu oven dengan sempurna. Panggang kembali adonan dengan api kecil hingga kue matang. Angkat, dan keluarkan dari cetakan.

7.   Atur kue di atas piring saji. Hidangkan.

Untuk ± 20 buah