Selasa, April 12, 2022

TANAMAN HIAS KANTUNG SEMAR ASLI DARI HUTAN KALIMANTAN - NEPENTHES PLANTS - TANAMAN HIAS UNIK DAN LANGKA - KOLEKSI TANAMAN HIAS ASLI INDONESIA

Nepenthes - Bunga Kantong Semar yang Unik

Nepenthes atau bunga kantung semar merupakan tanaman yang berasal dari hutan hujan topis. Nepenthes banyak sekali ragamnya, beberapa jenis diantaranya tumbuh subur di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh merambat hingga 20 meter ini memiliki bunga menyerupai kantung yang berfungsi sebagai perangkap serangga. Sungguh bunga yang cantik dan unik. Foto/teks: Budi Sutomo

 

Di dunia  nepenthes memiliki ratusan jenis. Di Indonesia tanaman kantung semar banyak dijumpai di hutan daerah Sumatra dan Kalimantan. Sosok tanamanya menyerupai sulur, daunya oval berwarna kehijauan. Bunganya muncul di ketiak batang, bentuknya unik menyerupai kantung. Varietas nepentas ada yang berupa tanaman semak ada pula jenis yang merambat. Wanabunganya juga beragam, beberapa jenis berwana hijau, hitam, merah, kekuningan,  keunguan dan campuran dari warna hijau dan keunguan. Saat ini nepenthes banyak disilangkan dan menghasilkan varietas baru yang semakin beragam.

Cantik Tapi Kejam

Bunga Nepenthes memiliki tiga macam bentuk kantong, yaitu kantong atas, kantong bawah, dan kantong roset. Kantong atas adalah kantong dari tanaman dewasa, biasanya berbentuk corong atau silinder, tidak memiliki sayap, tidak mempunyai warna yang menarik, bagian sulur menghadap ke belakang dan dapat melilit ranting tanaman lain. Kantong atas lebih sering menangkap hewan yang terbang seperti nyamuk atau lalat. Serangga ini kemudian dilumat menjadi makanan.  Jenis kantung atas contohnya adalah  N. ampullaria.

Kantong bawah adalah kantong yang dihasilkan pada bagian tanaman muda yang biasanya tergelatak di atas tanah, memiliki dua sayap yang berfungsi sebagai alat bantu bagi serangga tanah seperti semut untuk memanjat mulut kantong dan akhirnya tercebur dalam cairan berenzim di dalamnya

Kantong roset, memiliki bentuk yang sama seperti kantong bawah, namun kantong roset tumbuh pada bagian daun berbentuk roset, contoh spesies yang memiliki kantong jenis ini adalah N. ampullaria dan N. gracilis. Beberapa tanaman terkadang mengeluarkan kantong tengah yang berbentuk seperti campuran kantong bawah dan kantong atas.

Menaman dan Perawatan

Nepenthes mudah ditanam dan tidak memerlukan banyak perawatan. Nepenthes dapat tumbuh subur di tanah berpasir, kering, hingga tanah yang kaya akan unsur hara. Daerah tumbuh nepenthes bisa di dataran rendah hingga dataran tinggi.

 

Kebanyakan spesies tumbuh di tempat dengan kelembaban tinggi dan cahaya dengan tingkat menengah hingga tinggi. Beberapa spesies seperti N. ampullaria tumbuh di tempat yang teduh dengan tidak terlalu banyak cahaya, sedangkan N. mirabilis tumbuh ditempat yang terbuka penuh cahaya matahari. Beberapa spesies nepenthes tumbuh epifit seperti N. inermis yang tumbuh tanpa bersentuhan dengan tanah dan menempel di batang tanaman. Nepenthes tidak memerlukan banyak air siraman. Kelebihan air siraman justru akan membuat akar dan batang tanaman menjadi busuk. Siram seperlunya dan beri pupuk secara berkala agar tanaman tumbuh subur. Budi Sutomo.