Minggu, April 24, 2022

RESEP ROTI TAWAR LEMBUT, EMPUK DAN MENGEMBANG - TIP MEMBUAT ROTI TAWAR YANG LEMBUT - RESEP ANTI GAGAL ROTI TAWAR - CARA MEMBUAT ADONAN ROTI TAWAR YANG BENAR - MENGAPA ADONAN ROTI TIDAK MENGEMBANG

TIP MEMBUAT ROTI TAWAR LEMBUT

Berbeda dengan adonan roti manis, roti tawar tidak banyak mengandung gula sehingga perlakuan adonan dan proses pembuatannya juga sedikit berbeda. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat roti tawar.



1. Gunakan kisaran suhu 200-210 derajat celsius untuk memanggang roti tawar.

2. Lama fermentasi atau pengembangan yang ideal untuk roti tawar adalah 90 menit di dalam suhu yang hangat agar adonan mengembang sempurna dan dihasilkan roti yang lembut dan empuk.

3.Hasil roti tawar seringkali keriput bagian permukaannya. Ini bisa disebabkan oleh proses fermentasi yang terlalu lama, suhu oven terlalu panas, atau penggunaan ragi yang terlalu banyak.

4. Roti tawar yang bantat dan keras bisa disebabkan karena salah memilih jenis tepung terigu. Karena itu, gunakan selalu tepung terigu tinggi protein untuk membuat roti tawar. Suhu oven yang terlalu rendah serta fermentasi yang terlalu singkat juga bisa menyebabkan roti tawar keras dan bertekstur kasar.

Roti Tawar

Bahan:

1 kg tepung terigu

50 g margarin/mentega putih

50 g gula pasir

15 g ragi instan

630 ml air es

10 g susu bubuk

5 g bread improver/baker bonus

5 g garam halus

Cara Membuat:

1. Campur tepung terigu, bread improver, susu bubuk, gula pasir, ragi instan, dan garam halus. Aduk rata.

2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan mentega, uleni kembali hingga adonan benar-benar kalis.

3.  Bulatkan adonan, lalu diamkan 60 menit atau hingga adonan mengembang dua kali lipat dari besar semula. Kempeskan adonan.

4.  Potong adonan sesuai ukuran loyang, bulatkan adonan, fermentasikan kembali selama 15 menit. Kempeskan adonan kembali.

5.  Bentuk adonan bulat panjang, letakan di atas loyang roti tawar ukuran 25 x 10 x 12 cm yang telah dioles dengan margarin. Fermentasikan selama 60 menit. Atau hingga adonan mengembang sempurna.

6. Panggang di dalam oven bertemperatur 200 derajat celsius selama 25 menit atau hingga roti matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.

7.  Keluarkan roti dari loyang, atur di atas piring saji. Hidangkan.

Untuk 3 loyang