Minggu, April 24, 2022

RESEP ROOM HORN - RESEP KUE CUM - CUM - RESEP KUE ROOM HORN - ANEKA RESEP PASTRY - TIP ANTI GAGAL MEMBUAT ROOM HORN

Resep room horn isi vla vanilla, gurihnya adonan kulit dengan isian yang lembut terasa pas. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!



Room Horn

Bahan:

500 g tepung terigu protein tinggi/cap cakra kembar

300 g korsvet

50 g margarin

250 ml air dingin

1 butir telur ukuran sedang

40 g gula halus

1 sdm susu bubuk

1 sdt garam halus

Isi:

60 g manisan ceri

Vla vanilla:

60 g tepung maizena, larutkan

1 sdm margarin

500 ml susu tawar cair

100 g gula pasir

1 sdt pasta vanili

1 sdm rum

1 butir kuning telur

½ sdt garam halus

Taburan:

50 g gula pasir

Olesan:

3 butir kuning telur, kocok lepas

Cara Membuat:

1. Vla vanilla: Larutkan gula, tepung maizena, dan garam dengan susu tawar cair. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Tambahkan vanili dan margarin. Masak hingga vla matang dan mengental, angkat. Tambahkan kuning telur dan rum, aduk rata. Sisihkan.

 2. Giling korsvet dalam plastik hingga ketebalan 1 cm, rapikan bentuknya menjadi bentuk persegi empat.

3. Aduk rata campuran tepung terigu dengan garam, gula halus, dan susu bubuk. Tambahkan telur dan air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dibanting-banting hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis. Tambahkan margarin, uleni hingga adonan benar-benar kalis. Masukkan adonan dalam baskom, tutup dengan serbet lembap. Masukkan di dalam lemari es selama 20 menit. 

4. Giling adonan menjadi bentuk segi empat setebal 1 cm. Letakan korsvet di bagian tengah. Lipat adonan menutupi korsvet seperti melipat amplop. Pastikan semua bagian korsvet tertutupi adonan.

5. Giling adonan dengan perlahan hingga ketebalan 1 cm. Lipat bagian kiri ke kanan dan bagian sisi kanan ke arah kiri sehingga terbentuk tiga lapisan. Dinginkan dalam kulkas selama 15 menit. Lakukan proses menggiling, melipat dan mendinginkan sebanyak 3 kali.

6. Pada gilingan terahir, giling dengan ketebalan ½ cm. Potong menjadi bentuk seperti pita panjang.

7.Siapkan cetakan room horn. Lilitkan adonan ke dalam cetakan dari ujung yang kecil ke arah ujung yang besar.

8.Letakkan adonan yang telah dibentuk di atas loyang. Olesi permukaannya dengan kuning telur dan taburi dengan gula pasir. Panggang di dalam oven bertemperatur 200 derajat celsius selama 20 menit atau hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan.

9. Lepaskan kue dari cetakan. Masukkan vla ke dalam lubang room horn. Beri hiasan ujungnya dengan potongan manisan ceri. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

 Untuk 15 buah