Sabtu, April 23, 2022

RAHASIA TIP ANTI GAGAL MEMBUAT CHIFFON CAKE - RESEP CHIFFON CAKE PANDAN LEMBUT ANTI GAGAL - MENGAPA CAKE TIDAK MENGEMBANG, MENGAPA CAKE TIDAK LEMBUT DAN BANTAT

SUKSES MEMBUAT CHIFFON CAKE
Berbeda dengan jenis cake yang lain, chiffon cake memiliki tekstur yang ringan dan empuk. Perhatikan tip berikut agar Anda terhindar dari kegagalan membuat chiffon cake.
Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!
1. Jangan menggunakan mentega atau margarin, gunakan minyak sayur dan santan sebagai pengganti lemak agar cake tidak mudah turun dan adonan lebih mengembang.
2. Jangan mengolesi loyang chiffon cake dengan mentega atau margarin. Olesan mentega atau margarin justru akan membuat cake susah mengembang.
3. Gunakan loyang khusus chiffon cake yang memiliki lubang pada bagian tengahnya.
4. Tambahkan baking powder double acting dan krim tartar agar kue menjadi lebih mengembang dan ringan.
5. Kocok putih telur hingga benar-benar kaku agar cake dapat mengembang sempurna.
6. Dinginkan chiffon cake dengan posisi cake tetap berada di dalam loyang, balik posisi loyang agar permukaan cake tidak turun.
Chiffon Cake Pandan
Bahan A:
150 g tepung terigu
1 sdm tepung maizena
100 ml minyak sayur
150 ml santan cair
60 g gula pasir
150 g kuning telur
1 sdt pasta pandan
1 sdt baking powder double acting
½ sdt garam halus
 
Bahan B:
250 ml putih telur
125 g gula pasir
1 sdt krim tartar
 
Cara Membuat:
1. Adonan A: Campur tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, susu bubuk, dan garam, aduk rata. Tuang kuning telur, minyak, santan, dan pasta pandan. Kocok dengan kocokan kawat hingga adonan tercampur rata. Sisihkan.
2. Adonan B: Kocok putih telur dan gula pasir hingga mengembang kaku. Tambahkan krim tartar, kocok kembali selama 2 menit.
3.Tuang adonan B ke dalam adonan A. Aduk perlahan menggunakan spatula atau kocokan kawat perlahan-lahan hingga tercampur rata.
4. Tuang adonan ke dalam loyang chiffon berdiameter 20 cm.
5. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 180 derajat celsius selama 40 menit atau hingga cake matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.
6. Selagi panas, balik loyang dan biarkan kue dingin. Keluarkan kue dari cetakan. Potong-potong dan sajikan.

Untuk 15 Potong