Senin, April 25, 2022

RAHASIA SUKSES MEMBUAT KUE SERABI YANG WANGI DAN LEMBUT - RESEP KUE SERABI - ANTI GAGAL MEMBUAT KUE SERABI - MENGAPA KUE SERABI KERAS - MENGAPA KUE SERABI GOSONG DAN TIDAK LEMBUT - MENGAPA KUE SERABI MENTAH DI DALAM

SUKSES MEMBUAT KUE SERABI

Saat ini kue serabi hadir semakin “modis” dengan bebragam isi. Jika dulu kue serabi terbatas pada warna putih dan hijau, saat ini kue serabi bisa ditambahkan cokelat dan aneka topping pada bagian atasnya. Resep/teks/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!

1. Kue serabi tidak bersarang dan keras. Penyebab: Kurang lama diaduk dengan tangan atau saat adonan dimasukkan cetakan belum panas. Tekstur yang tidak elastis atau cepat keras juga biasanya disebabkan oleh kurangnya cairan atau santan, atau terlalu banyak tepung beras yang digunakan.

2. Kue gosong bagian bawah. Penyebab: Api terlalu besar atau proses memasak terlalu lama.

3. Kue mentah. Penyebab: Api terlalu besar atau saat mematangkan kue cetakan tidak ditutup.

4. Kulit tebal, lengket, dan keras. Penyebab: Api terlalu kecil, cetakan masih baru, atau cetakan tidak diolesi dengan minyak terlebih dahulu.

Serabi Pandan

Bahan:

500 g tepung terigu

1400 ml santan dari ½ butir kelapa

2 butir telur, kocok menggunakan garpu 3 menit

8 lembar daun suji

2 lembar daun pandan

¼ sdt pewarna hijau

1 sdt garam halus

Saus Kinca:

600 ml santan dari ½ butir kelapa

150 g gula merah, iris halus

2 sdm gula pasir

1 sdm tepung beras

2 lembar daun pandan, simpulkan

3 cm kayu manis

1 sdt garam halus

Cara Membuat:

1. Tumbuk daun suji dan daun pandan hingga halus. Tambahkan 60 ml air, aduk rata. Peras airnya, saring. Sisihkan.

2. Campur tepung terigu, telur, dan garam. Aduk rata. Tuang 500 ml santan, uleni hingga terbentuk adonan yang licin dan kalis.

3. Tuang sisa santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan licin. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Tambahkan daun suji dan pewarna hijau pada salah satu adonan. Aduk rata. Biarkan putih pada bagian lainnya.

4. Panaskan wajan serabi dari tanah liat/besi tempa/kuningan menggunakan api kecil. Tuang satu sendok sayur adonan, tutup hingga terbentuk lubang-lubang di permukaan.

5. Setelah matang, angkat. Sajikan hangat dengan saus kinca.

6. Saus Kinca: larutkan tepung beras, gula merah, gula pasir, kayu manis, dan garam. Tambahkan daun pandan, rebus sambil terus diaduk hingga mendidih dan matang. Angkat, saring.

Untuk ± 20 buah

Tip:

Uleni adonan dengan cara dikepyok-kepyok dengan tangan agar udara masuk ke adonan dan kue akan berserat atau bersarang bagus. Agar kulit serabi tidak tebal dan tidak lengket olesi wajan dengan sedikit minyak dan gunakan api kecil.