Senin, April 25, 2022

RAHASIA SUKSES MEMBUAT KUE PANADA YANG EMPUK DAN LEZAT - RESEP ROTI GORENG TANPA MIXER DAN OVEN - MENGAPA KUE PANADA BANTAT - MENGAPA KUE PANADA TIDAK MENGEMBANG - MENGAPA PANADA KEMPES SAAT DINGIN

RAHASIA SUKSES MEMBUAT PANADA EMPUK DAN LEZAT

Kue ini merupakan jajanan khas kota Manado. Bentuknya menyerupai kue pastel namun teksturnya empuk seperti adonan roti. Pilih kualitas ragi yang baik agar adonan mengembang sempurna dan hasil kuepun maksimal. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!



1. Kue keras dan tidak berserat. Penyebab: Kualitas ragi kurang bagus atau salah memilih tepung terigu, gunakan tepung terigu protein tinggi. Kue yang keras juga bisa disebabkan karena kurang cairan.

2. Kue mentah bagian dalam dan gosong di luar. Penyebab: Api terlalu besar.

3. Isi keluar. Penyebab: Saat membentuk kurang rapi atau api terlalu besar.

4. Kue kempes saat dingin. Penyebab: Proses fermentasi terlalu lama atau saat kue matang diletakkan dalam kondisi bertumpuk.

5. Kue berminyak. Penyebab: Api kurang panas.

Panada

Bahan Kulit:

400 g tepung terigu

250 ml santan dari ½ butir kelapa

11 g ragi instan

2 butir telur, kocok lepas

3 sdm gula pasir

¼ sdt garam halus

Bahan Isi:

300 g daging ikan tongkol, haluskan/suwir-suwir

100 ml santan kental

1 genggam daun kemangi

4 buah cabe merah, haluskan

5 siung bawang putih, haluskan

5 siung bawang merah, haluskan

4 sdm minyak goreng

1 sdt ketumbar, haluskan

2 buah tomat, haluskan

½ sdt pala halus

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

1. Isi: Panaskan minyak goreng. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan ketumbar hingga harum. Tambahkan daging tongkol dan santan, masak hingga santan terserap. Masukkan tomat, daun kemangi, pala, dan garam. Masak sambil terus diaduk hingga matang. Angkat dan dinginkan.

2. Kulit: Campur tepung terigu, gula, ragi instan, dan garam, aduk rata. Masukkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga terbentuk adonan yang kalis.

3. Bulatkan adonan, diamkan di tempat yang hangat dan tertutup selama 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.

4. Kempeskan adonan, bagi adonan seberat 30 g. Bentuk menjadi bulatan dan pipihkan. Isi bagian tengahnya dengan satu sendok makan bahan isi. Lipat menjadi bentuk setengah lingkaran. Lipit (wiru) bagian tepinya dengan jari seperti membentuk pastel. Lakukan hingga adonan habis.

5. Diamkan kembali adonan yang telah dibentuk selama 30 menit. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.

6. Atur kue di atas piring saji. Hidangkan.

Untuk 20 buah