Senin, April 25, 2022

RAHASIA SUKSES MEMBUAT KUE MANGKOK YANG MENGEMBANG DAN MEREKAH SEMPURNA - RESEP KUE MANGKOK - MENGAPA KUE MANGKUK TIDAK MENGEMBANG DAN BANTAT - MENGAPA KUE MANGKOK MENJADI KERAS?

KUE MANGKUK MENGEMBANG SEMPURNA

Ciri khas dari kue mangkuk adalah merekah pada bagian permukaanya. Banyak hal yang membuat kue mangkuk tidak mengembang dan tidak merekah. Simak tip berikut agar sukses membuat jajan pasar ini. Teks/resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!

1. Kue mangkuk tidak mekar. Penyebab: Fermentasi kurang lama, tepung beras yang digunakan sudah lama, terlalu banyak cairan, dan kukusan kurang panas. Pilih cetakan dari porselen untuk kue mangkuk, karena cetakan plastik kurang panas sehingga kue terkadang kue tidak mengembang. Selalu panaskan cetakan kue mangkuk sebelum adonan dimasukkan.

2. Kue mangkuk keras. Penyebab: Terlalu banyak penggunaan tepung dan kurang cairan.

3. Kue asam. Penyebab: Proses fermentasi terlalu lama atau terlalu banyak penggunaan ragi.

4. Kue tidak bersarang atau tidak berserat. Penyebab: Fermentasi kurang lama, atau ragi yang digunakan kualitasnya tidak bagus.

Kue Mangkuk

Biang:

100 g tepung terigu

150 ml air

8 g ragi instan

Bahan:

375 g tepung beras

200 g tapai nasi/singkong, haluskan

300 ml air

400 ml santan encer

200 g gula pasir

100 g gula palem

¼ sdt vanili

¼ sdt pewarna merah

1 sdt garam buah (fruit salt)

¼ sdt garam halus

½ sdt baking powder double acting

Cara Membuat:

1. Campur dan aduk rata semua bahan biang, aduk rata. Diamkan selama 40 menit atau hingga adonan berbuih.

2. Campur tepung beras dengan dengan gula pasir, tape, vanili, garam, dan gula pasir, aduk rata. Tuang santan, pewarna, baking powder, dan garam buah, campur rata.

3. Tuang adonan biang ke dalam adonan tepung beras. Aduk rata.

4. Panaskan cetakan kue mangkuk. Tuang adonan ke dalam cetakan. Kukus menggunakan api besar selama 30 menit atau hingga kue matang dan mekar. Angkat. Dinginkan.

5. Keluarkan kue dari cetakan. Atur di atas piring saji. Hidangkan.

Untuk 25 buah

Tip:

Garam buah(fruit salt) atau sering disebut dengan Eno, berfungsi untuk membantu pengembangan kue mangkuk agar dapat mengembang dengan sempurna. Bahan ini bisa diperoleh di toko yang khusus menjual bahan kue.

Jangan mengolesi bagian dalam cetakan dengan minyak, dan jangan membuka kukusan sebelum kue mengembang agar kue dapat merekah.