Senin, April 25, 2022

RAHASIA SUKSES MEMBUAT KROKET YANG LEZAT - MENGAPA KROKET CEPAT BASI - MENGAPA LAPISAN PANIR KROKET TIDAK RATA - RESEP KROKET PASTI JADI - RESEP KROKET YANG COCOK UNTUK JUALAN - JUALAN GORENGAN LARIS

SUKSES MEMBUAT KROKET

Untuk variasi, kroket sebenarnya bisa diisi dengan beragam bahan. Seperti potongan keju, daging asap, udang atau sosis. Kroket sangat cocok disajikan dengan cabai rawit sebagai bahan pelengkap. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!

1. Kroket mentah di bagian tengah. Penyebab: Minyak yang terlalu panas atau bentuk kroket yang terlalu besar.

2. Kroket berminyak. Penyebab: Minyak kurang panas atau saat kroket sudah matang ditiriskan menumpuk.

3. Kulit kroket gosong. Penyebab: Api yang digunakan terlalu besar.

4. Lapisan panir kulit kroket tidak rata. Penyebab: Saat mencelupkan adonan ke telur kurang rata atau kroket digoreng terlalu banyak secara bersamaan.

5. Goreng kroket dalam minyak banyak agar kue matang merata dan berwarna kuning kecokelatan.

Kroket Isi Daging

Bahan:

500 g kentang, goreng, haluskan

2 sdm tepung terigu

100 ml susu tawar cair

1 sdm irisan daun bawang

¼ sdt lada halus

¼ sdt pala halus

3 siung bawang putih, haluskan

½ sdt garam halus

1 sdm margarin

1 lt minyak untuk menggorenG

Isi:

300 g daging sapi cincang

2 sdm margarin

1 batang daun bawang, iris halus

4 siung bawang putih, haluskan

50 g bawang bombay, cincang

1 sdt gula pasir

½ sdt lada halus

½ sdt garam halus

Lapisan:

3 butir telur, kocok lepas

60 g tepung terigu

100 g tepung panir

Cara Membuat:

1. Isi: Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging cincang, masak hingga daging berubah warna. Masukkan daun bawang, lada, garam, dan gula pasir, masak hingga matang. Angkat dan sisihkan.

2. Kulit: Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Tambahkan susu tawar cair, masak hingga tekstur mengental. Tambahkan kentang, irisan daun bawang, lada, pala dan garam. Masak hingga kalis. Angkat.

3. Ambil satu sendok makan adonan kentang, bentuk bulat pipih. Beri setengah sendok makan bahan isi pada bagian tengah. Bentuk menjadi bulat panjang. Lakukan hingga adonan habis.

4. Gulingkan adonan yang telah dibentuk ke atas tepung terigu, celupkan ke dalam kocokan telur, dan terakhir gulingkan ke atas tepung panir hingga seluruh permukaan terselimuti tepung.

5. Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat. Atur di atas piring saji, hidangkan hangat.

Untuk 20 Potong


Tip:

Agar kroket tidak pecah, sebelum dihaluskan sebaiknya kentang digoreng bukan dikukus. Isi bisa diganti dengan daging ayam atau udang. Jangan menggoreng kroket dengan api terlalu besar karena bagian dalam akan mentah namun luarnya sudah gosong.