Minggu, April 24, 2022

RAHASIA SUKSES MEMBUAT DANISH PASTRY - MENGAPA ADONAN DANISH PASTRY TIDAK MENGEMBANG - BAGAIMANA CARA MEMBUAT ADONAN DANISH PASTRY - CARA MEMBUAT ADONAN PUFF PASTRY

RAHASIA SUKSES MEMBUAT DANISH PASTRY

Danish pastry adalah adonan roti manis yang dilapisi dengan lemak beku (korsvet/pastry margarine) sehingga hasilnya mengembang namun agak empuk dan terdapat lapisan-lapisan. Proses pembuatannya dengan teknik adonan lipat sehingga dihasilkan roti yang berlapis-lapis. Berikut rahasia sukses membuat danish pastry.

Teks/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe!


1.  Pastikan adonan sudah cukup kalis sebelum adonan dilapisi dengan korsvet. Istirahatkan terlebih dahulu selama 30 menit agar adonan mudah digiling.

2. Hasil danish pastry yang bentuknya tidak rapi dan melebar disebabkan oleh pembentukan yang tidak rapi, serta ketebalan adonan yang tidak sama akibat penggilingan yang kurang rata.

3.  Lapisan danish pastry bisa tidak terbentuk apabila saat menggiling terlalu keras, sehingga lapisan lemak menembus lapisan tepung. Giling dengan pelan dan satu arah, jangan bolak-balik.

4.  Danish pastry yang tidak mengembang disebabkan karena kualitas ragi yang tidak baik atau proses fermentasi yang kurang lama.

5. Suhu pemanggangan oven yang tepat untuk danish pastry adalah 200-210 derajat celsius.

Danish Isi Kismis

 Bahan:

500 g tepung terigu protein tinggi (cap cakra kembar)

300 g korsvet

50 g margarin

250 ml air dingin

1 butir telur ukuran sedang

40 g gula halus

1 sdm susu bubuk

1 sdt garam halus

Isi:

100 g kismis

1 sdm bubuk kayu manis

Olesan, aduk rata:

3 sdm madu

3 butir telur

Cara Membuat:

1. Masukkan korsvet dalam plastik, giling hingga ketebalan 1 cm dan rapikan bentuknya menjadi bentuk persegi empat.

2. Campur tepung terigu dengan garam, gula halus, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan telur dan air es/dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dibanting-banting hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis. Tambahkan margarin, uleni hingga adonan benar-benar kalis. Masukkan adonan dalam baskom, tutup dengan serbet lembap. Masukkan di dalam lemari es selama 20 menit. 

3. Siapkan meja kerja, taburi dengan tepung terigu. Letakkan adonan di atas meja, giling adonan menjadi bentuk segi empat setebal 1 cm. Letakkan korsvet di bagian tengah. Lipat adonan menutupi korsvet seperti melipat amplop. Pastikan semua bagian korsvet tertutupi adonan.

4. Giling adonan dengan perlahan hingga ketebalan 1 cm. Lipat bagian kiri ke kanan dan bagian sisi kanan ke arah kiri sehingga terbentuk tiga lapisan. Dinginkan dalam kulkas selama 15 menit. Lakukan proses menggiling, melipat, dan mendinginkan sebanyak 3 kali.

5. Pada gilingan terahir, giling dengan ketebalan ½ cm. Olesi permukaanya dengan bahan olesan. Taburi bubuk kayu manis dan kismis. Gulung seperti menggulung bolu gulung. Dinginkan kembali selama 10 menit.

6. Potong gulungan adonan setebal ½ cm. Atur di atas loyang beroles margarin.

7. Panggang di dalam oven bertemperatur 200 derajat celsius selama 20 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.

8. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk 30 potong