Senin, April 25, 2022

RAHASIA RESEP CHIFFON CAKE LEMBUT DAN WANGI - RESEP CHIFFON CAKE RASA PANDAN - MENGAPA CHIFFON CAKE BANTAT TIDAK MENGEMBANG - MENGAPA CHOFFON CAKE KEMPES SAAT DINGIN DAN KELUAR LOYANG - TIP ANTI GAGAL MEMBUAT CHIFFON CAKE

Tekstur cake yang lembut dengan aroma wangi pandan ciri khas chiffon cake. Yuk membuat sendiri dirumah. Berikut resepnya untuk anda. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe! 


Chiffon Cake Pandan

Bahan A:

150 g tepung terigu

1 sdm tepung maizena

100 ml minyak sayur

150 ml santan cair

60 g gula pasir

150 g kuning telur

1 sdt pasta pandan

2 tetes pewarna hijau

1 sdt baking powder double acting

½ sdt garam halus

Bahan B:

250 ml putih telur

125 g gula pasir

1 sdt krim tartar

Cara Membuat:

1. Adonan A: Campur tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, susu bubuk, dan garam, aduk rata. Tuang kuning telur, minyak, santan, dan pewarna hijau, pasta pandan. Kocok dengan kocokan kawat hingga adonan tercampur rata. Sisihkan.

2. Adonan B: Kocok putih telur dan gula pasir hingga mengembang kaku. Tambahkan krim tartar, kocok kembali selama 2 menit.

3. Tuang adonan B ke dalam adonan A. Aduk perlahan menggunakan spatula atau kocokan kawat perlahan-lahan hingga tercampur rata.

4. Tuang adonan ke dalam loyang chiffon cake berdiameter 20 cm.

5. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 180 derajat celsius selama 40 menit atau hingga cake matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

6. Selagi panas, balik loyang dan biarkan kue dingin. Keluarkan kue dari cetakan. Potong-potong dan sajikan.

Untuk 15 Potong

Tip: Permasalahan yang sering dialami dalam membuat sponge cake adalah kue mengembang sempurna namun kempes saat dikeluarkan dari dalam oven. Penyebabnya adalah kocokan telur yang terlalu lama, jumlah telur yang terlalu banyak, atau suhu oven yang terlalu panas. Cara mengatasinya, kocok telur hingga mengembang kaku, dan hentikan pengocokan telur ketika kocokan telur sudah cukup kokoh dan membentuk garis yang tegas ketika diaduk dengan spatula.