Selasa, April 19, 2022

PENYEBAB CAKE BANTAT - MENGAPA CAKE TIDAK MENGEMBANG - MENGAPA CAKE KEMPES SAAT MATANG - MENGAPA CAKE GOSONG - MENGAPA CAKE BERPINGGANG - TANYA JAWAB PERMASALAHAN SEPUTAR CAKE DAN SOLUSINYA - KIAT TIP ANTI GAGAL MEMBUAT CAKE DAN BOLU

PERMASALAHAN MEMBUAT CAKE DAN SOLUSINYA

Banyak penyebab kegagalan membuat cake, mari kita kenali penyebab kegagalan dan solusinya. Teks: Budi Sutomo.

Tutorial memasak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube BUDIBOGA OFFICIAL yuk subcribe! 

1. Tekstur cake keras atau bantat

Tekstur cake yang keras atau bantat bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti suhu pemanasan oven yang terlalu rendah. Suhu ideal untuk memanggang cake adalah kisaran 170-180 derajat celsius. Suhu oven yang rendah akan meyebabkan cake tidak mengembang sempurna, permukaan cake menjadi keras, dan kulit cake tebal.

Mengocok telur terlalu lama atau terlalu sebentar juga bisa menyebabkan tekstur cake keras. Pengadukan terlalu sebentar akan menghasilkan kocokan telur yang masih lemah dan mudah turun saat dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung. Hal ini karena kandungan udara yang terperangkap di dalam adonan belum cukup, sehingga tekstur kue menjadi keras dan padat.

Mengocok telur terlalu lama juga menyebabkan pori-pori cake menjadi besar dan keras. Kocokan terlalu lama juga menyebabkan adonan tidak kokoh dan mudah turun saat dicampur dengan bahan-bahan lain. Waktu yang tepat untuk mengocok telur adalah sekitar 20 menit untuk jumlah telur 6 butir.

Jumlah tepung yang terlalu banyak di dalam adonan juga bisa menyebabkan cake menjadi padat dan keras. Gunakan jumlah tepung sesuai dengan kebutuhan resep.

Penyebab lain dari cake yang keras adalah penggunaan baking powder terlalu banyak serta proses melelehkan margarin terlalu lama, sehingga kandungan air di dalam margarin menguap. Akibatnya, tekstur cake menjadi kurang lembap.

2. Cake mengecil pada bagian tengah

Cake yang bentuknya mengecil pada bagian tengah sehingga berpinggang disebabkan karena terlalu banyak jumlah telur, atau kocokan telur yang terlalu lama. Tambahkan jumlah tepung dan kocok telur hingga mengembang kaku atau ikuti sesuai aturan resep.

3. Permukaan cake turun

Saat sudah dingin, cake seringkali turun pada bagian permukaannya. Ini disebabkan karena suhu oven yang terlalu panas. Akibatnya, bagian permukaan dan sisi samping cake sudah matang namun bagian tengahnya masih mentah. Panggang cake sesuai dengan kebutuhan resep. Membuka oven sebelum struktur cake kokoh juga akan menyebabkan permukaan cake turun, karena perubahan suhu yang tiba-tiba akan membuat adonan turun.

Pengocokan telur yang terlalu lama, terlalu banyak jumlah telur, serta jumlah tepung yang kurang juga bisa menyebabkan cake turun. Solusinya, kocok telur sesuai aturan resep, gunakan telur sesuai kebutuhan, serta tambahkan tepung terigu.

4. Kulit cake tebal

Hal ini disebabkan karena karena suhu oven kurang panas. Panaskan terlebih dahulu oven hingga suhu yang diinginkan, baru adonan cake dimasukkan ke dalam oven. Olesan margarin dan taburan tepung pada loyang yang terlalu tebal juga bisa menyebabkan kulit cake tebal.

5. Cake mengendap

Biasanya disebabkan karena penggunaan margarin/mentega yang terlalu banyak, serta kocokan telur yang kurang kokoh.

6. Cake lengket di loyang

Disebabkan karena olesan margarin pada loyang kurang merata. Masalah ini bisa disiasati dengan menggunakan kertas minyak atau kertas roti pada dasar dan sisi loyang.

7. Permukaan cake pecah dan keriput

Ini disebabkan karena kocokan telur yang kurang lama dan suhu oven yang terlalu panas saat adonan cake dimasukkan ke dalam oven.

8. Permukaan cake basah

Penyebabnya adalah suhu oven kurang merata terutama pada perapian atas. Gunakan panas atas dan bawah pada oven saat memanggang cake.

9. Tekstur cake kurang lembut

Ini disebabkan karena kocokan telur yang kurang lama, kurang margarin, atau terlalu banyak tepung terigu. Solusinya, gunakan bahan dan proses pembuatan sesuai dengan aturan resep, serta tambahkan cake emulsifier agar tekstur cake lebih lembut.

10.Terdapat bercak putih pada sisi cake dan bagian tengah

Bercak putih pada sisi luar cake disebabkan karena taburan tepung pada loyang terlalu banyak. Taburi tepung tipis-tipis. Sedangkan bercak putih atau terdapat bintil-bintil tepung pada bagian dalam cake disebabkan karena proses mengaduk tepung yang tidak tercampur dengan baik. Solusinya, ayak tepung terigu sebelum digunakan dan masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.

11. Isi cake mengendap

Jenis cake yang menggunakan bahan isi seperti potongan buah kering, butiran cokelat (chocolate chips), kacang-kacangan, atau parutan keju sering kali mengendap pada dasar loyang. Penyebabnya adalah struktur adonan cake yang kurang kokoh karena mengocok adonan telur yang kurang lama. Solusinya, kocok adonan hingga mengembang kaku. Taburi potongan buah-buahan dengan tepung terigu sebelum dicampur dengan adonan cake. Bahan isi sebaiknya dimasukkan dan diaduk terakhir yaitu sesaat sebelum adonan dituang ke dalam loyang. Mendiamkan adonan di dalam loyang sebelum dipanggang juga bisa menyebabkan isi cake turun, karena itu sebaiknya adonan langsung dipanggang setelah dituang ke loyang.