Thursday, April 14, 2016

Langsing dengan Terapi Jus

JUS UNTUK MENCEGAH OBESITAS

Obesitas atau kegemukan adalah keadaan fisiologis dimana lemak disimpan secara berlebihan di dalam jaringan tubuh. Seseorang dikatakan mengalami obesitas bila berat badan melebihi 10 % dari berat badan ideal.        
Obesitas menimbulkan berbagai dampak baik dari segi psikososial maupun masalah medis.  Dari sudut medis penderita obesitas lebih sering terkena penyakit.. Penderita obesitas pun mempunyai angka harapan hidup yang lebih rendah dari populasi berat badan normal

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan terapi jus  sayuran dan buah. Buah dan sayuran kaya akan serat yang dapat mengikat lemak dan membuangnya di dalam kotoran. Terbuangnya lemak berarti mencegah kelebihan kalori tubuh yang akan menyebabkan kegemukan. Buah juga rendah kalori sehingga aman dikonsumsi penderita obesitas. Serat terkandung di dalam buah dan sayur bersifat mengenyangkan sehingga penderita merasa lebih kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan makanan.

Buah dan sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk terapi jus mengatasi obesitas diantaranya anggur, sirsak, markisa, belimbing, apel, pisang, pir, terong belanda, mentimun, jeruk lemon, jeruk nipis, kiwi, kurma, jeruk manis, pepaya, semangka, sawo, stroberi, melon, semua sayuran hijau, seperti paprika, daun selada, selada air, dan tomat. Dari golongan tanaman herbal, banyak jenis tanaman yang dapat membantu menurunkan obesitas, seperti jahe merah, teh hijau, kunyit, daun jati belanda, lada, dan bunga rosella. Resep/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo.

Resep:

1. Sweet Peppers Juice
Bahan:
200 g paprika hijau, potong-potong
200 g kiwi, kupas, potong-potong
100 ml air jeruk manis/sunkist
3 cube es batu
Cara Membuat:
1. Proses paprika hijau dan kiwi dalam juice extractor. Sisihkan sarinya.
2. Tuang sari paprika dan kiwi ke dalam blender. Tambahkan air jeruk manis dan potongan es batu. Haluskan hingga es lembut dan tercampur rata. Angkat. Tuang dalam gelas saji, hidangkan segera.
Untuk 1 Porsi
 
2. Jus Selada Daun Mint
Bahan:
150 g daun selada, iris halus
200 g melon, potong-potong
6 lembar daun mint
100 ml susu tawar cair non fat dingin
1 buah belimbing sayur, potong-potong
3 cube es batu
Cara Membuat:
  1. Masukkan potongan melon, daun selada, belimbing sayur dan daun mint ke dalam juice extractor. Proses, sisihkan sarinya.
  2. Tuang campuran sari melon-daun selada ke dalam tabung blender. Tambahkan susu tawar cair non fat dan potongan es batu. Haluskan hingga es lembut. Tuang jus ke dalam gelas saji. Hidangkan segera.
Untuk 1 Porsi


3. Jus Pepaya Aroma Mint
Bahan:
60 g pepaya, kupas,potong-potong
60 g mangga, kupas, potong-potong
100 ml air perasan jeruk sunkist/jeruk manis
3 lembar daun mint
3 cube es batu
Cara Membuat:
1. Masukkan potongan papaya, mangga, air perasan jeruk manis/Sunkist, daun mint, dan potongan es batu ke dalam tabung blender. Haluskan hingga lembut.
2. Siapkan gelas saji. Tuang ke dalam gelas. Hidangkan segera.

Untuk 1 Porsi

0 Comments:

Post a Comment

<< Home