Monday, January 14, 2013

Membuat Kue Cara Bikang Berserat Halus dan Legit

Membuat kue cara bikang (carabikang) memang gampang-gampang susah. Salah komposisi adonan atau salah dalam tehnik pembuatan akan membuat kue tidak berserat dan gagal. Resep berikut akan memandu Anda membuat cara bikang yang berserat halus dan bertekstur lembut. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo. 

Cara Bikang

Bahan:
350 gr tepung beras
2 sdm tepung terigu
850 ml santan kental dari dua butir kelapa
130 g gula pasir
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt pasta pandan/pewarna hijau
1/2 sdt pasta stroberi/pewarna merah
minyak goreng untuk olesan pertama, seterusnya jangan pakai

Cara Membuat:

1. Larutkan 3 sdm tepung beras dengan 200 ml santan. Didihkan sambil diaduk hingga mendidih dan mengental. Angkat.
2. Masukkan gula, garam, tepung terigu dan sisa tepung beras ke dalam rebusan tepung. Aduk rata.
3. Uleni adonan sambil dituangi sisa santan sedikit demi sedikit. Tepuk-tepuk (pukul-pukul) adonan dengan telapak tangan selama 40 menit atau hingga adonan terasa ringan. Diamkan selama 1 jam.
4. Ambil sedikit adonan, tempatkan di dua mangkuk berbeda, tambahkan pasta pandan dan pasta stroberi. Aduk rata.
5. Panaskan cetakan carabikang, olesi sedikit miyak. Tuang adonan hingga setengah dari tinggi cetakan. Beri motif dengan adonan berwarna hijau atau merah di atasnya. Panggang tanpa ditutup hingga matang.
6. Cungkil bagian sisinya hingga kue merekah, angkat. Hidangkan hangat.

Untuk 20 buah

Tip:
Olesn minyak sebaiknya untuk olesan pertama kali panggang saja, seterunya tidak perlu memakai olesan minyak lagi. Untuk variasi kue cara bikang bisa disajikan hangat dengan parutan keju atau susu kental manis. Gunakan loyang dari kuningan karena akan anti lengket dan kue matang merata.

33 Comments:

At 7:54 PM, Anonymous Cara Mengobati Asam Urat said...

terimakasih infonya...

 
At 8:52 PM, Anonymous Lukman Nulhakiem said...

Sejak dulu saya penggemar berat kue cara bikang. Saya biasa beli dipinggir jalan, dengan beragam rasa.

Saya akan sharing resep ini ke istri saya. Supaya bisa buat di rumah.

 
At 8:32 AM, Anonymous masigit said...

ini kayak resepnya Mama, pasti uenak...

 
At 6:12 AM, Anonymous jual jilbab segitiga murah said...

ini salah satu kue yang selalu dibelikan saat ibu saya dari pasar.enak rasanya dan murah meriah.mas izin copy resepnya buat ibu dan istri. supaya bisa buat

 
At 8:47 AM, Anonymous Yosua Lijanto Binar said...

mantep kulinernya

 
At 10:43 PM, OpenID BambangW said...

Mas Budi, punya resep kecap manis bumbu, dulu waktu kecil saya sering dibuatkan kecap manis yg sdh dikasih bumbu (ada bawang merah dsn-nya) enak rasanya, di toko ada jual cuma rasanya beda, saya mau buat tapi tdk tahu resepnya? thx mas

 
At 9:22 AM, Anonymous ZAKKYSOFT18™ | MEDIA SHARING said...

wah enak kayaknya

 
At 9:01 PM, Anonymous Jual Madu Online said...

Salah satu menu tradisional yang dari dulu sampe sekarang enak disantab..
mantab mas..

 
At 11:01 PM, Anonymous Obat Herbal Kanker Mulut Rahim said...

wah keren abiz . kepengen nih !!!

 
At 6:38 PM, Anonymous Yurike said...

Wah boleh dicoba nih tipsnya..
siapa tahu enak dan bisa d buat usaha kecil2an.. hahaha :)

 
At 6:59 PM, Anonymous agus herbal said...

makasih banyak gan informasinya

 
At 7:21 PM, Anonymous Obat Tradisional Jantung Koroner said...

sangat membantu sekali artikelnya

 
At 6:16 PM, Anonymous yadi said...

matep deh artikelnya.,.,.

 
At 6:35 AM, Anonymous Jual Oleh Oleh said...

Terimakasih banyak pak untuk artikel nya...
dari fotonya udah ngiler nih saya.. hehehe

 
At 12:07 AM, Anonymous Frozen Food Cemara 18 said...

SALAM
Informasinya Sangat Menarik dan menambah wawasan kami

http://supplierfrozenfood.com/, 0821.3656.8222

 
At 12:15 AM, Anonymous galih n gumilar said...

mantap dah.. kuenya enyak manyossss

 
At 8:35 AM, Anonymous cara mengobati asam urat said...

wow, enak sekali kelihatannya, tinggal buka usaha kueh ni pak..

 
At 11:16 PM, Anonymous Variasi Kue said...

ternyata harus dicungkil ya pak. Tambah ilmu baru nih buat bikin carabikangnya

 
At 3:07 PM, Blogger Maria Asumpta said...

tq mas resepnya. saya pengin buat untuk kue ulang tahun.

 
At 9:58 PM, Anonymous Anonymous said...

Terima kasih informasi nya mas , jadi laper nih baca artikel sama liat foto nya hehehe. resep masakan pepes tahu

 
At 12:21 AM, Anonymous Anonymous said...

thanks gan buat resepnya , mantep banget nih.

resep masakan berbahan dasar tahu

 
At 1:48 AM, Anonymous Anonymous said...

terima kasih buat infonya pak. ternyata simple aja ya cara bikin nya. resep masakan pepes tahu

 
At 9:48 PM, Anonymous bonju said...

bikang,faforit banget nih dari sejak aku kecil. makasih infomenariknya , ijin share

 
At 10:48 PM, Anonymous Resep SI Emak said...

Satu lagi makanan tradisional yang mulai tergusur ke pinggiran, ayo lestarikan makanan tradisonal.

 
At 9:38 PM, Anonymous resep nasi goreng enak banget said...

Cocok banget nih menu buat buka puasa / sahur iniah iya, baca juga resep nasi goreng jawa tengah untuk sahur yang praktis gan

 
At 9:39 PM, Anonymous resep nasi goreng enak banget said...

Cocok banget nih menu buat buka puasa / sahur iniah iya, baca juga resep nasi goreng jawa tengah untuk sahur yang praktis gan

 
At 11:50 PM, Anonymous Clara said...

Mau nyoba resepnya ah....
Resep Kue Kering
Resep Kue Basah
Resep Kue

 
At 11:53 PM, Anonymous Anonymous said...

Enak banget ini resepnya...

Resep Kue Kering
Resep Kue Basah
Resep Kue

 
At 3:04 PM, Blogger Abdullah Yatmono said...

makasih informasinya mas
resep masakan indonesia

 
At 1:23 AM, Anonymous takoyaki said...

buat nambah resepnya kesini ya

 
At 1:47 AM, Blogger Yuda mahesa pratama said...

nysel ga kesini dari dulu
buat nambah referensi gan saus okonomiyaki

 
At 12:08 AM, Blogger monica heath said...

Mas budi..jadi santan nya mentah ya? Terima kasih.x

 
At 5:34 PM, Blogger Tri Yantoro said...

MANTAP BAGT NIH RESEPNYA...
resep nikmat

 

Post a Comment

<< Home