Friday, April 27, 2012

Jajan Pasar - Kue Ku

Kue berbahan tepung ketan ini mudah dibuat dan risiko kegagalannya rendah. Tekstur yang legit dengan isi kacang hijau membuat kue ini selalu ngangeni. Bagi Anda yang ingin wirausaha boga, resep berikut layak Anda Coba. Foto/resep/dapur uji: Budi Sutomo. 

Kue Ku 

Bahan Kulit: 
300 gr tepung ketan 
300 santan dari ½ butir kelapa 
100 gr gula pasir 
½ sdt pewarna merah 
Bahan Isi: 
300 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam 
250 ml santan dari ½ butir kelapa 
125 gr gula pasir 
2 lembar daun pandan 
½ sdt garam halus 
2 sdm minyak goreng untuk olesan 
Cara Membuat: 
1. Isi: Kukus kacang hijau hingga empuk, haluskan. Rebus kacang hijau dengan santan, gula pasir, daun pandan dan garam. Masak sambil diaduk hingga terbentuk adonan yang dapat dibentuk. Angkat, dinginkan. 
2. Kulit: Campur tepung ketan dengan gula pasir, aduk rata. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni. Tambahkan pewarna, aduk lagi hingga rata. Sisihkan. 
3. Penyelesaian: Ambil satu sendok makan adonan kulit, bentuk bulatan dan pipihkan. Isi dengan ½ sendok makan bahan isi yang telah dibentuk bulat. Bungkus isi dengan adonan kulit bentuk bulat pipih. 
4. Siapkan cetakan kue ku yang telah ditaburi tepung ketan. Masukkan adonan yang sudah diisi sambil ditekan-tekan. Keluarkan dari cetakan, alas dengan daun pisang. Lakukan hingga habis. 
5. Kukus selama kurang lebih 20 menit sambil sesekali tutup kukusan dibuka tutup agar bentuk tetap bagus. Setelah matang, olesi permukaan kue dengan minyak. Sajikan. 
Untuk ± 15 buah 

Tip: Taburi cetakan dengan tepung ketan agar kue mudah dikeluarkan. Selama mengukus sebaiknya tutup kukusan ditutup dengan serbet dan dibuka tutup agar bentuk kue tetap bagus.

2 Comments:

At 10:18 PM, Anonymous baja ringan said...

minta print ya mass, fany

 
At 1:23 AM, Anonymous Kreasi Marie said...

*catat*

http://www.kreasimarie.com/home/

 

Post a Comment

<< Home