Wednesday, July 20, 2011

Resep Kue Sus Kering

Kue sus kering sangat mudah dibuat dan bahannya mudah didapat. Kue ini juga tahan lama dan memiliki rasa yang gurih dan renyah. Perhatikan proses pembuatan dan tip membuat sus kering agar terhindar dari kegagalan. Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo.

Sus Kering

Bahan:
250 ml air
160 g tepung terigu
4 butir telur ayam ukuran sedang
100 g margarin
½ sdt baking powder
½ sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Rebus air, masukkan margarin dan garam. Masak hingga margarin larut.
2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga terbentuk adonan yang kalis dan kental. Angkat dari perapian. Diamkan hingga adonan hangat-hangat kuku.
3. Masukkan telur dan baking powder ke dalam adonan tepung, aduk dengan cepat dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
4. Masukkan adonan ke dalam kantung plastik segi tiga/piping bag yang telah diisi dengan sepuit bintang.
5. Semprotkan adonan di atas loyang kue kering membentuk bintang-bintang kecil.
6. Panggang kue di dalam oven bertemperatur 200 derajat celcius selama 10 menit. Turunkan suhunya menjadi 140 derajat celcius, panggang hingga kue benar-benar kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Dinginkan. Simpan kue di dalam stoples kedap udara.
Untuk 350 g

Tip:
Jangan memasukkan telur saat adonan tepung masih panas karena telur akan matang dan kue tidak mengembang saat dipanggang. Masukkan telur ketika adonan sudah hangat-hangat kuku.

Untuk sus kering, loyang tidak perlu dioles dengan margarin, olesan margarin seringkali membuat bagian bawah sus kering lembab dan kurang kering.

Jangan membuka oven 10 menit pertama ketika kue di dalam oven. Membuka oven menyebabkan kue yang sedang mengembang akan turun dan kue gagal mengembang. Ini disebabkan strukutur kue belum kokoh, perubahan suhu ketika oven dibuka akan membuat kue turun.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home