Sunday, May 01, 2011

Mengenal Sayura Kohlrabi Lebih Dekat


Kohlrabi (Brassica oleracea) adalah tanaman dari keluarga kubis. Nama  kohlrabi berasal dari bahasa Jerman yaitu Kohl yang berarti  "kubis" dan Rube/Rabi yang berarti "lobak". Cita rasa kohlrabi sangat mirip dengan batang kol atau batang brokoli, cocok dijadikan bahan campuran tumisan sayuran maupun salad.

Sayuran ini banyak varietas, namun di pasaran biasanya dijual kohlrabi yang berwarna hijau dan keunguan. Selain populer di dapur Eropa, kohlrabi juga banyak di konsumsi masyarakat Asia, terutama Cina, India dan Timur Tengah. Koolrabi muda dapat dimakan mentah atau campuran salad. Sedangkan umbi yang sudah tua bisa diolah sebagai campuran isi sup, diisi daging menjadi masakan panggang, ditumis, campuran mashed potatoes, atau dimasak dengan sedikit mentega sebagai pelengkap main course. 

Seperti halnya sayuran yang lain kohlrabi kaya akan vitamin, mineral dan serat yang baik untuk kesehatan. Namun sayuran ini kurang cocok untuk bayi dan penderita penyakit mag karena mengandung gas. Di pasaran kohlrabi dijual di swalayan terkemuka. Teks & Foto: Budi Sutomo.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home