Thursday, March 24, 2011

Croissant - Roti Popular Asal Perancis


Kue berbentuk menyerupai tanduk asal Perancis ini memang sangat populer. Selain sebagai pengganti roti tawar untuk sarapan, croissant juga bisa menjadi camilan yang mengenyangkan. Resep/Dapur Uji/Foto Utama: Budi Sutomo.  

Bahan:
500 g tepung terigu protein tinggi (cap cakra kembar)
300 g korsvet
50 g margarin
250 ml air dingin
1 butir telur ukuran sedang
40 g gula halus
11 g yesat/ragi instan/fermipan
1 sdm susu bubuk
1 sdt garam halus
Olesan, aduk rata:
3 sdm madu
3 butir telur

Cara Membuat:

1. Masukkan korsvet dalam plastik, giling hingga ketebalan 1 cm dan rapikan bentuknya menjadi bentuk persegi empat.

2. Campur tepung terigu dengan garam, ragi, gula halus, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan telur dan air
es/dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dibanting-banting hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis. Tambahkan margarin, uleni hingga adonan benar-benar kalis. Masukkan adonan dalam baskom, tutup dengan serbet lembab. Diamkan selama 20 menit agar adonan mengembang. Kempeskan adonan dengan cara di tekan-tekan dengan tangan. Bulatkan adonan, masukkan di dalam lemari es selama 20 menit. 

3. Siapkan meja kerja, taburi dengan tepung terigu. letakan adonan di atas meja, giling adonan menjadi bentuk segi empat setebal 1 cm. Letakan korsvet di bagian tengah. Lipat adonan menutupi korsvet seperti melipat amplop. Pastikan semua bagian korsvet tertutupi adonan.

4. Giling adonan dengan perlahan hingga ketebalan 1 cm. Lipat bagian kiri ke kanan dan bagian sisi kanan ke arah kiri sehingga terbentuk tiga lapisan. Dinginkan dalam kulkas selama 15 menit. Lakukan proses menggiling, melipat dan mendinginkan sebanyak 3 kali.

5. Pada gilingan terahir, giling dengan ketebalan ½ cm. Potong menjadi bentuk segi tiga. Gulung menjadi bentuk menyerupai tanduk. Lakukan hingga habis.

6. Atur adonan yang telah dibentuk di atas loyang. Diamkan selama 25 menit.Olesi permukaan adonan dengan bahan olesan. Panggang di dalam oven bertemperatur 190 derajat celcius selama 20 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

8. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk 30 Potong

Tip: Untuk variasi, permukaan croisant bisa ditaburi dengan keju parut.

2 Comments:

At 4:47 AM, Anonymous Wandi Sukoharjo said...

Baru kunjung ke sini, saya kok sudah mulai laper ya mas. :D Tank infonya, salam kenal dulu ya mas Budi dari Kendal Jateng.

 
At 11:44 PM, Anonymous free backlink said...

Dari bentuknyanya aja udah mengundang selera apalagi rasanya. waduh lapar deh.

 

Post a Comment

<< Home