Friday, February 11, 2011

Daun Pakis - Sayuran Lezat Kaya Kalsium dan Vitamin A

Mengulas bahan pangan khas Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satu sayuran yang sering digunakan sebagai bahan masakan adalah daun pakis ( Peteridium aquilinum). Biasanya pucuk daun muda yang digunakan sebagai bahan baku masakan. Setelah dimasak, tekstur daun pakis lembut mirip asparagus dan rasa yang lezat.

Daun pakis sebagai bahan pangan ternyata cukup populer di dunia kuliner. Selain Indonesia, negara Asia lain seperti Malaysia, Cina, Thailand, Vietnam dan Jepang ternyata juga banyak menggunakan daun pakis sebagai bahan masakan.  Pakis merupakan tanaman keluarga paku-pakuan, termasuk jenis tanaman terna dengan rizoma yang menjalar di tanah. Tanaman ini berkembang biak dengan spora. Jika masih muda, pucuk daun pakis bisa diolah menjadi masakan. Di Indonesia, olahan daun pakis cukup populer, terutama di dapur Sumatera. Masyarakat Sumatera biasanya mengolah daun pakis menjadi gulai daun pakis.

Dilihat dari tekstur yang lembut dan rasa daun yang lezat. Daun pakis bisa diolah menjadi masakan seperti opor daun pakis, sayur bobor daun pakis, ditumis maupun diolah menjadi isi sup. Gunakan daun pakis muda yang teksturnya lunak. Daun pakis tua teksturnya liat sehingga kurang cocok diolah menjadi masakan. Memasak daun pakis sebaiknya  jangan terlalu lama atau dimasukkan sesaat sebelum masakan diangkat.  Memasak daun pakis terlalu lama akan membuat warna daun berubah menjadi kehitaman, dan tekstur terlalu lunak sehingga dari sisi tampilan kurang menarik.

Dari sisi nutrisi, daun pakis juga cukup bergizi. Setiap 100 g daun pakis mengandung energi 39 kkal, protein 4.5 g, lemak 0.4 g, karbohidrat 6.9 g, serat 2 g, kalsium 136 mg, fosfor 159 mg, besi 2.3 mg, vitamin C 2.5 mg dan karoten 3292 ug. Di tilik dari kandungan gizinya, daun pakis termasuk sayuran yang sangat bergizi. Kandungan kalsiumnya ternyata setara dengan kandungan susu sapi segar yang setiap 100 g-nya mengandung 143 mg, bahkan kandungan fosfor di dalam daun pakis jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi yang hanya mengandung 60 mg. Dan yang pasti daun pakis merupakan sayuran yang sangat kaya akan vitamin A (karoten). Teks & Foto: Budi Sutomo.

6 Comments:

At 8:59 PM, Blogger Indonesia Eats said...

Kalo disini pakisnya gede2 mas. Cuman ada akhir spring menjelang summer.
http://indonesia-eats.blogspot.com/2010/05/anyang-pakis-north-sumatran-fiddleheads.html

 
At 9:30 PM, Anonymous Bikin Website Toko Online said...

Kebetulan saya juga suka makan masakan-masakan yang pake bahan daun pakis nih. Salam kenal! :) Btw, foto2 masakannya bikin ngiler dech

 
At 5:13 PM, Anonymous yohandi said...

mantap bu resepnya, tapi blognya terlalu panjang kayaknya

 
At 10:11 PM, Anonymous sewa mobil murah said...

daun pakis tuh enak banget buat di oseng2 juga enak banget tuh

 
At 8:24 PM, Anonymous sewa mobil di surabaya said...

thanks resepnya

 
At 1:43 AM, Anonymous obat pembesar payudara herbal said...

pngin nyuba maem..

 

Post a Comment

<< Home