Tuesday, June 30, 2009

Martabak Manis

Jajan pasar yang sangat populer, sebagian orang menyebutnya kue terang bulan. Perlu ketelatenan dalam proses pembuatan. Pilih ragi kualitas baik agar martabak manis dapat mengembang dan terbentuk serat ataua pori-poti kue yang lembut. Teks/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo.
Bahan Kulit:
500 g tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru
600 ml air
2 butir, kocok lepas
1 sdm margarin, lelehkan
2 butir telur ayam, kocok lepas
125 g gula pasir
½ sd ragi instan
1 sdt baking powder
½ sdt vanili bubuk/vanilla pasta
½ sdt garam halus
Bahan Isi:
100 g keju cheddar, parut
60 ml susu kental manis putih
Cara Membuat:
1.
Kulit: Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, garam, telur, margarin dan vanili. Aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
2. Kocok adonan dengan mixer selama 5 menit. Diamkan selama 40 menit. Tambahkan baking powder, aduk rata.
3. Panaskan wajan martabak manis atau wajan datar anti lengket beralas tebal yang telah diolesi dengan sedikit margarin. Tuang adonan, ratakan. Masak hingga terbentuk kelembung-gelembung. Tutup dan masak hingga matang. Angkat.
4. Olesi permukaan martabak manis dengan margarin. Taburi dengan keju cheddar parut dan susu kental manis. Lipat menjadi dua sehingga berbentuk setengah lingkaran. Dinginkan.
5. Potong-potong kue, atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk ± 4 loyang

Tip: Selagi panas, olesi permukaan luar dan dalam martabak dengan margarin agar kue tetap lembab. Agar punggung kue tidak pecah, lipat kue selagi panas. Isi keju bisa diganti dengan meises, cincangan kacang tanah sangrai dan susu kental manis cokelat.

7 Comments:

At 7:39 AM, Blogger Ummi Annisa said...

mas budi, ukuran tepungnya 599 gram atau 500 gram?...makasih ya

 
At 8:26 PM, Blogger Patricia said...

pakai pan teflon bisa ya Mas?

 
At 7:05 AM, Anonymous riffung said...

mas, aku bagi ya resepnya. Thanks loh.

 
At 8:22 PM, Blogger epsi bw said...

raginya 1/2 sd (ini sdt atau sdm)?
makasih mas.

 
At 8:30 PM, Blogger Mama Aliyah & Haidar said...

mas budi, terimakasih resepnya ya, tapi kenapa rasanya agak kaya kue apem ya, salah dimana ya,... saya cuman pake teflon biasa

 
At 10:42 PM, Blogger amethys said...

salam kenal..
kue ini bisa berserat yah? saya ingin coba..tapi waktu di masak di wajan tuh..panasnya brapa? high, medium ato low?
trus ditutup ato dibuka wajannya?

thx yah..saya bener2 ingin nyoba

 
At 1:11 AM, Blogger blog anik said...

saya udah coba, sukses deh:)
tp resepnya beda dikit.
bisa diliat....

 

Post a Comment

<< Home