Monday, April 06, 2009

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas


Kuliner nusantara, khusunya masakan daerah Sumatra dan Aceh sangat kaya akan pengunaan bumbu dan rempah. Salah satunya adalah kas-kas atau white poppy seed (Papaver somniferum). Bumbu ini adalah adalah biji dari tanaman Poppy. Masarakat Timur Tengah mengenalnya dengan sebutan kashakish, karena susah mengejanya maka masarakat kita menyebutnya dengan kas-kas.


Rasa bumbu ini sedikit pedas, hampir menyerupai rasa lada namun tidak beraroma lada. Bumbu yang oleh masarakat Aceh disebut koca-kaci ini biasanya ditambahkan dalam masakan kari, gulai, mi aceh, soto banjar, taburan kue basbousa, taburan roti maupun bumbu nasi kebuli.

Bumbu ini akan meningkatkan rasa gurih, memberi efek rasa kental dan gurih seperti kemiri pada hidangan berkuah seperti soto dan kari. Kas-kas juga memberikan sedikit sentuhan rasa pedas. Selain varietas putih, kas-kas juga ada yang berwarna hitam. Bumbu dijual di gerai bumbu kering pada swalayan terkemuka. Teks/Foto: Budi Sutomo.

7 Comments:

At 6:00 AM, Blogger Shamwar said...

Kas-kas.. ya benar skali. Namun di Malaysia pihak kerajaan telah mengharamkannya kerana ia memberi kesan ketagihan dalam pemakanan... Sila rujuk URL ini.http://howsy.blogspot.com/2005/06/malaysias-dope-food.html

 
At 6:07 AM, Blogger Shamwar said...

Boleh layari web ini untuk mengetahui dengan lebih lanjut:
http://en.wikipedia.org/wiki/Papaver_somniferum

 
At 9:12 PM, Anonymous pasang iklan gratis said...

salm knl,
saya baru 1 x dgr istilah kas-kas itu heheh :-)

 
At 7:16 PM, Anonymous Rental mobil di Surabaya said...

mas mo tanya, apa di pulau jawa sendiri khususnya surabaya sudah ada kas-kas ini?
terima kasih

 
At 7:19 PM, Blogger dani said...

Apa di indonesia bumbu ini boleh dipakai utk masakan ?

 
At 10:57 PM, Blogger Ahmad Fadhil Winarko said...

Boleh aja asal jangan berlebihan kalau makannya 1kg di glek langsung ya pasti bikin teler..intinya semua itu kalau secukupnya tidak memabukan..kalau bikin ketagihan mungkin bukan karna kas2nya tapi karna dagingnya enak banget jadi ngga nahan kalau nolak ha..ha...

 
At 10:58 PM, Blogger Ahmad Fadhil Winarko said...

H

 

Post a Comment

<< Home