Tuesday, February 03, 2009

Merawat Peralatan Masak Berlapis Teflon

Belum genap dua bulan membeli wajan datar berlapis Teflon di supermarket ternama yang terletak di jalan MT. Haryono – Jakarta Selatan. Saat ini barang yang saya beli sudah tidak berguna lagi. Iming-iming diskon dengan harga miring membuat saya tergoda untuk membelinya, namun akibatnya…..?
Sempat kaget ketika wajan datar bertangkai yang dilapisi Teflon ini terlihat menggembung dan mengelupas lapisan teflonnya. Padahal wajan ini beum genap dua bulan dipakai. Lapisan Teflon pada wajan ini juga mudah sekali terkelupas seperti lapisan plastik. Tentu sangat berbahaya jika digunakan untuk memasak karena risiko lapisan Teflon mencemari makanan sangat mungkin terjadi. Akhirnya, rencana mau berhemat malah jadi tidak berguna dan benda ini sekarang sudah masuk daftar museum, alias di lempar ke tempat sampah (Foto Atas).

Ternyata harga murah dan iming-iming diskon sering kali menjebak konsumen dengaan barang berkualitas rendah atau mungkin produk gagal yang tidak laku dipasaran. Sebaliknya harga sedikit mahal, namun kualitasnya bagus, Seperti wajan Teflon merek Maxim yang sudah saya pakai 2 tahun, ternyata kualitasnya masih bagus hingga sekarang (Foto Bawah).

Berikut tip merawat peralatan masak berlapis Teflon agar tahan lama:

1. Cuci bersih peralatan masak berlapis teflon setiap kali habis dipakai, Keringkan dan simpan di tempat yang kering.
2. Jangan merendam peralatan masak berlapis Teflon terlalu lama di dalam air karena akan mempercepat rusak lapisan Teflon.
3. Cuci dengan air sabun menggunakan spon/busa yang lembut. Jangan pernah menggunakan abu gosok atau spon kasar kartena akan merusak lapisan Teflon.
4. Jangan menggunakan alat pengaduk dari besi, aluminium atau stainless steel karena akan menggores lapisan Teflon. Gunakan sendok kayu atau pengaduk berbahan plastik yang tahan panas.
5. Saat memasak, gunakan api sedang. Jangan menggunakan api terlalu panas karena akan menyebabkan lapisan Teflon cepat rusak.
6. Olesi seluruh permukaan alat dari Teflon saat pertama kali menggunakan alat masak dari Teflon.
7. Jangan langsung mencuci atau merendam peralatan berlapis teflon sewaktu alat masak masih dalam keadaan panas. Teks & Foto: Budi Sutomo.

9 Comments:

At 7:55 PM, Blogger Indonesia-Eats said...

Mas trend yg saat ini mulai merambah NA, teflon dianggap tidak sehat krn chemical yang terkandung. Makanya sekarang, mulai wabah alat masak dari cast iron dan green/PTFE free non stick pan.

 
At 7:02 AM, Anonymous health medicine said...

salam kenal mas

informasi bagus ni...


boleh ya tukar2 linknya

dengan health medicine

 
At 8:27 PM, Anonymous pagerank checker said...

Find out and display google pagerank for your website. Jogjalab Pagerank Checker

 
At 6:43 PM, Anonymous nur said...

Trima ksh tipsnya....soalnya saya sring masak drumah jd teflon jg sring saya pke^_^

 
At 11:56 PM, Blogger serdadoedapoer said...

mending beli pan yang agak mahal tapi awet, dan tentu pilihlah pan yang gagangnya tersambung 3 baut ama loyang pan-nya, coz aku pernah beli pan yang sambungan cuma 1 baut(ga kelihatan dari luar)baru pake 3 bulan langsung mletho ga karuan

 
At 5:55 AM, Anonymous jeffrey said...

thanks mas sudah berbagi tips-tipsnya

 
At 4:29 PM, Blogger btari sekartaji said...

pantes saja, teflon di rumah pada rusak...ternyata aku salah cara pakainya...thanks mas, sdh memberikan tips yang bermanfaat

 
At 11:54 PM, Blogger titisagi said...

saya tambahin 1 lagi tipsnya ya mas budi: jangan langsung mencuci/merendam teflon pada saat masih panas.

 
At 11:55 PM, Blogger Ti said...

saya tambahin 1 lagi tipsnya ya mas budi: jangan langsung mencuci/merendam teflon pada saat masih panas.

 

Post a Comment

<< Home