Friday, January 04, 2008

KupasTuntas Daun Suji& Pandan

Banyak orang seringkali bingung mebedakan daun suji dan daun pandan, sepintas memang terlihat sama namun kedua daun ini mempunyai manfaat yang berbeda di dalam masakan. Daun pandan biasanya digunakan sebagai pengharum kue tradisional, minuman maupun masakan. Berbeda dengan daun suji yang lebih sering dipakai sebagai pewarna hijau pada kue jajan pasar atau minuman.

Daun Pandan
Daun
pandan (Pandanus amaryllifolius) termasuk famili dari Pandanaceae atau keluarga pandan. Di Dunia banyak sekali jenisnya, seperti daun pandan hutan yang sering dipakai sebagai bahan baku tikar. Ada juga jenis pandan kecil beraroma wangi yang sering digunakan sebagai pewangi masakan.

Selain memberi aroma, daun pandan juga bisa digunakan sebagai pembungkus, seperti pada kue Talam Thailand atau masakan Ayam Goreng Pandan. Sebenarnya daun pandan juga bisa memberikan warna hijau pada masakan dengan cara menumbuk dan memeras airnya, namun efek warnanya tidak sekuat daun suji. Untuk pengharum kue atau masakan pilih daun pandan yang tidak terlalu tua atau muda. Potong-potong kasar agar aroma pandan lebih kuat dibandingkan jika dimasukan utuh. Aroma pandan mudah menguap, tambahkan ke adonan, rebusan masakan atau adonan kue sesaat sebelum adonan diangkat dari perapian agar aroma lebih harum.

Daun Suji
Daun suji (Pleomale angustifolia) banyak digunakan sebagai bahan pewarna hijau pada makanan, kue-kue tradisional dan minuman seperti untuk pewarna hijau pada es cendol. Daun suji adalah tanaman perdu yang dapat mencapai tinggi 8 meter. Bentuk daunya memanjang dan tersusun melingkat, tanaman ini sesekali berbunga. Karena keindahan bentuk daunya, tanaman ini seringkali digunakan sebagai tanaman hias.

Selain memberikan pewarna hijau, daun suji juga memberikan aroma harum yang khas, meskipun tidak seharum daun pandan. Di dalam penggunaanya, daun suji seringkali dicampur dengan daun pandan agar aroma makanan, kue dan minuman yang dihasilkan lebih harum. Cara penggunaanya cairan hasil perasan daun suji ditambahkan ke dalam bahan kue atau makanan yang diinginkan. Berikut resep untuk membuat pewarna daun suji.

Pewarna Hijau Daun Suji

Bahan:

Daun suji cuci bersih 40 lembar

Daun pandan cuci bersih 3 lembar

150 ml air

ΒΌ sdt air kapur sirih.

Cara Membuat:

1. Potong-potong atau iris halus daun suji dan daun pandan. Tumbuk atau blender dengan menambahkan air dan air kapur sirih.

2. Tuang campuran daun suji yang telah dihaluskan ke dalam saringan berlubang halus atau kain kasa. Peras airnya dan sisihkan ampasnya. Pewarna daun suji siap digunakan sesuai kebutuhan resep.

Untuk 150 ml

Teks & Foto: Budi Sutomo

5 Comments:

At 10:33 PM, Blogger tukang ngetik said...

wah
info yang bermanfaat neh
makasih pak

 
At 10:34 PM, Anonymous rayearth2601 said...

hmmm, emang bener banget...
info yang bagus

 
At 11:43 PM, Anonymous Anonymous said...

mas budi...ijin copi paste ya...thanks

 
At 4:19 AM, Blogger baby and kids food said...

mas budi ijin copy paste dan jadi sumber ya..thanx

 
At 5:15 AM, Anonymous Anonymous said...

Apa fungsi air kapur sirih di resep ini ? Kalau tidak punya, apa boleh dihilangkan saja ? Terima kasih infonya.

 

Post a Comment

<< Home