Wednesday, December 05, 2007

Keripik Bawang Renyah

Teksturnya renyah serta aroma bawang yang harum menjadikan keripik bawang menjadi salah satu snack favorit. Anda bisa membuatnya sendiri untuk cemilan nonton tv atau penyerta minum teh di sore hari. Bahannya murah dan mudah didapat, teknik pembuatanpun sangat mudah. Atau Anda ingin berwirausaha keripik bawang? Berikut resep yang bisa Anda coba.
Resep/Foto/Food Stylist/Dapur Uji: Budi Sutomo
Keripik Bawang
Bahan:
225 g tepung terigu protein sedang
1 butir telur, kocok lepas
60 ml air
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdm irisan daun bawang
1 sdm sledri cincang
1/4 sdt baking powder
2 sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
  1. Kocok telur hingga mengembang. Masukkan garam, daun bawang, sledri dan garam. Aduk rata.
  2. Tuang tepung terigu dan baking powder, aduk rata. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga terbentuk adonan yang kalis dan bisa dipulung/digiling.
  3. Giling adonan setebal 2 mm, potong-potong sesuai selera. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Panaskan minyak, goreng adonan yang telah dibentuk hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Simpan di dalam stoples kedap udara.
Untuk 200 g
Tip: Agar hasil keripik renyah dan matangnya merata, menggoreng keripik harus deep frying atau menggunakan minyak banyak. Tambahkan sedikit tepung terigu jika adonan terlalu lembek dan susah digiling.

11 Comments:

At 2:33 AM, Blogger princessharyati said...

salam dr dubai.. is wonderful blog... keep it up

 
At 12:02 AM, Anonymous Anonymous said...

mas.. kalo gak pake baking powder boleh gak??

salam
abigael

 
At 8:07 AM, Blogger Wiwin said...

Tx Mas Budi..ini baru saya cobain. Pas banget rasa-nya...
Salam
Wiwin

 
At 4:46 AM, Blogger Popy said...

Mas Budi,
hari ini saya coba bikin keripik bawang ini, tapi kok adonannya lengket terus ya. Gak mau kalis. sampe ditambahin terigu terus juga tetap begitu. Akhirnya hasilnya gak bagus, tapi rasa sih enak, udah pas. Kira2 salah dimana ya.
Tks atas resepnya

 
At 11:25 PM, Blogger Suhud said...

thank, bud.
mau nyoba, ah. kebetulan baru dapat kado mesin giling-nya.

 
At 7:11 AM, Anonymous KENTANG KITA said...

SALAM KENTANG INDONESIA
UNTUK MENYESUAIKAN PRODUKSI KERIPIK KENTANG.
SEBAIKNYA TINJAU KEMBALI JENIS KENTANH APA YANG LAYAK UNTUK KERIPIK.
PELUANG USAHA INI HARUS DI CERMATI AGAR COST PRODUKSI LEBIH MURAH.
www.kentangkita.co.cc
MENYEDIAKAN KENTANG VARIETAS EUROPA :
- KENTANG MERAH ( daging kuning )
- KENTANG SPUNTA ( benih asal netherlands )
-KENTANG ATLANTIC ( benih asal Scotlandia & Australia )
e-mail : kentang.kita@yahoo.com

 
At 7:57 AM, Blogger Emma E.A said...

saya juga sdh coba resepnya sore ini dan adonanya lengket bgt, sampai susah utk digiling walau sdh ditambah terigu. Rasanya sih lumayan.... alhasil adonannya skrg msk kulkas :)

 
At 7:57 AM, Blogger Emma E.A said...

saya juga sdh coba resepnya sore ini dan adonanya lengket bgt, sampai susah utk digiling walau sdh ditambah terigu. Rasanya sih lumayan.... alhasil adonannya skrg msk kulkas :)

 
At 8:36 AM, Blogger Budi Sutomo, S.Pd said...

tambahkan sedikit tepung terigu jika adonan masih susah di giling dan terlalu lembek. Tepung terigu memiliki kandungan dan kelembaban yang berbeda. jadi penggunaan air harus hati-hati, telur juga besar kecilnya berbeda. gunakan telur dengan besar sedang sekitar 50 g.

 
At 10:01 PM, Blogger Banindra said...

Kayaknya ada yg kurang deh.. kok ga pake sagu yah mas?

 
At 10:02 PM, Blogger Banindra said...

Kayaknya ada yang kurang deh mas budi.. kok ga pake sagu yah???

 

Post a Comment

<< Home