Wednesday, December 05, 2007

BUAH BLUEBERRY - Sahabat Ginjal dan Mengontrol Hipertensi

Buah bercitarasa manis dan sedikit asam ini memiliki segudang manfaat, mulai dari anti kanker hingga mengontrol hipertensi. Sayangnya buah ini masih impor sehingga jarang dijumpai.

Blueberry (Vaccinum corymbosum) memiliki kandungan potasium. Di dalam tubuh potasium mampu mengontrol tekanan darah sehingga baik untuk penderita hipertensi. Potasium juga membantu memulihkan fungsi ginjal, tempat dimana gejala hipertensi dimulai. Zat besi yang tinggi di dalam blueberri sangat baik dikonsumsi wanita, mengingat wanita memerlukan banyak zat pembentuk darah.

Buah dengan warna biru tua memang terbukti mengandung banyak manfaat. Jus blueberry bermanfaat untuk menyembuhkan radang tenggorokan, diare kronis, encok, batu ginjal, anti kanker, eksim, diare, radang tenggorokan, meningkatkan stamina, menghalau influenza dan memperlancar saluran pencernaan.

Penelitian Dr. Nathan Sharon, ahli biokimia dari Institut Ilmiah Weizmann dan Universitas Tel Aviv. Penelitianya menunjukan bahwa buah blueberry senyawa yang dapat melemahkan bakteri Escherichia coli, bakteri penyebab keracunan dan infeksi pada saluran kencing. Buah ini kaya akan vitamin A, C, kalsium, Fosfor dan beragam mineral penting lainnya.

Menurut Dr. Ratna Indriawati dari Dosen fakultas Kedokteran UMY, berdasarkan uji klinis dan epidemiologi, potassium mempunyai peran sebagai berikut;
1. Regulasi tekanan darah. Dengan kenaikan asupan potasium maka tekanan darah menjadi lebih rendah pada populasi normal dan hipertensi4.
2. Menurunkan risiko stroke5,6,7.
3. Mencegah berkembangnya kerusakan vaskular ginjal, glomerulus, dan tubulus8.
4. Menurunkan ekskresi kalsium urin dan menurunkan pembentukan batu ginjal9,10.
5. Menurunkan demineralisasi tulang (osteoporosis) 11,12,13,14.
6. Menurunkan risiko aritmia ventrikular pada pasien dengan iskemia jantung, gagal jantung, dan hipertrofi ventrikel kanan15.

Peningkatan asupan potasium paling baik melalui buah-buahan dan sayuran segar.

Teks & Foto: Budi Sutomo

9 Comments:

At 6:46 AM, Blogger Andaliman said...

Aku biasa konsumsi tiap pagi. kalo summer sih yang fresh karena murah, jauh lebih murah dari harga mangga. Kalo season2 lainnya baru konsumsi frozen. Biasanya aku beli banyak pas summer sebagian di simpan di freezer buat season2 non summer.

 
At 10:50 PM, Anonymous Anonymous said...

Hello..
Setau saya, blueberry itu termasuk buah rendah potassium (<125mg/serving), sehingga aman dikonsumsi oleh penderita ginjal (renal failure), terutama yang harus menjaga kadar potassiumnya! Ini sih cuma hasil riset di internet, karena ibu saya penderita ginjal! Maaf kalau salah.

 
At 7:17 AM, Anonymous Anonymous said...

halo..
mau nanya, kira-kira dimana ya saya bisa membeli blueberry? soalnya saya tidak pernah lihat ada buah itu di supermarket di jakarta.
thanks for the info.

 
At 4:37 AM, Blogger Budi Sutomo, S.Pd said...

buah ini bisa di beli di sogo kelapa gading atau kem chick kemang atau ranchy market darmawangsa. salam

 
At 10:59 AM, Anonymous Anonymous said...

Hi Pak Budi
Mohon informasi berapa harga blueberry di Jabotabek per 100 gram?

Hatur nuhun

Cheers,
Riksanagara

 
At 8:47 PM, Blogger cuk2 said...

kalau disolo dan sekitarnya ada blueberry ga ya? Beli dimana n harganya brapa? Kalau bibitnya beli dimna ya? Nuwun

 
At 8:28 PM, Anonymous Anonymous said...

blueberry bisa di beli di toko buah Jakarta ( samping gajah mada plaza di jl.gajah mada) soalnya saya pengemar buah blueberry juga cuman agak mahal..1kotak kecil harganya 40ribuan...

 
At 7:54 AM, Anonymous fikri said...

wew sampai sehebat itu khasiatnya! anti oksidanya juga cukup tinggi, kira kira apa sama khasiatnya dengan strawberry?

 
At 6:47 AM, Anonymous Agus said...

Nama Indonesia-nya apa ya ? Dan kalo di Bandung dmn bisa dapet yg fresh ya ?

 

Post a Comment

<< Home